04 November 2017

Ibu Hamil Harus Ngidam?

hamil

"Ngidam apaan ze?"

"Eh, aku kayaknya ga ngidam apa-apa"

Itu adalah percakapan yang sering terjadi akhir-akhir ini. Orang-orang mempertanyakan makanan jenis apa yang menjadi incaranku di awal kehamilan, atau yang biasa kita kenal dengan kata "NGIDAM". Baiklah, uniknya adalah sejauh ini aku tidak ngidam. Agak sedikit berbeda dengan teman-teman yang kemarin hamil, mereka rata-rata ngidam. Karena ini adalah kehamilan pertama aku yang belum berpengalaman jadi penasaran.

Apakah ibu hamil harus ngidam?

Aku mulai berselancar di dunia maya dan banyak bertanya. Ternyata memang ada orang-orang tertentu yang tidak ngidam lho. Jadi ngidam itu tidak harus. Tetapi memang kebanyakan orang akan mengidamkan makanan tertentu saat di awal kehamilan.

Jadi mengapa ada ibu hamil ngidam?

Ternyata ibu hamil ngidam menandakan kebutuhan zat tertentu yang terkandung dalam makanan yang diidamkan. Misalnya ada yang ngidam ayam goreng, berarti kemungkinan besar dia sedang membutuhkan asupan protein. Atau misalnya si ibu hamil sedang ngidam jeruk manis, berarti kemungkinan besar tubuhnya sedang membutuhkan asupan vitamin C. Ada yang ngidam ice cream, maka kemungkinan besar tubuhnya sedang membutuhkan asupan lemak, begitu seterusnya. 

Oh ia, kita mungkin akan bertanya bagiamana jika ada yang ngidam makanan aneh seperti kaca, bedak dan lain sebagainya. Kemungkinan besar ibu yang ngidam hal aneh membutuhkan zat besi. Jadi ibu yang tidak ngidam kemungkinan besar memang tidak mengalami kekurangan asupan gizi untuk tubuhnya. 

Jadi mengenai ngidam-ngidam yang akan dipenuhi ini tinggal si ibu hamilnya nanti yang memilah dan memutuskan makanan jenis apa yang akan dimakannya. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan asupan gizi dan keuangan di dompet. Kalau misal ngidam ice cream, kita tinggal pilih ice cream yang sesuai dengan isi dompet. Jangan pula kerena ngidam kita hutang sana hutang sini, benar kan?


Apakah benar kalau ngidamnya ibu hamil tidak dipenuhi maka anaknya nanti akan ngences?

Ini nih yang terkenal di masyarakat, bahwa anak yang dilahirkkan annti akan ngences jika ngidamnya ibu tidak dipenuhi. Aku selalu ingat pesan orang-orang tua kepadaku saat baru tahu aku hamil. "Ingat ya, nanti kalau ngidam dicari makanannya. Jangan sampai nanti anakmu ngences". " Itu si ibu X lihat, anaknya ngences terus. Itu akibat kemarin sewaktu hamil ngidamnya tidak dipenuhi oleh suaminya". 

Membayangkan ada anak yang teruss-terusan mengeluarkan air liur rasanya ngeri juga. Jangan sampailah, akupun mengiyakan apa kata mereka. Tetapi setelah dipikir-pikir apa hubungannya, ia kan? Kalau untuk pembuktian secara ilmiah jelas ini akan sangat sulit dibuktikan. Satu hal yang pasti, yang sudah kita bahas di atas. Ngidam perlu dipenuhi karena kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh si ibu hamil, begitu.

Untuk ibu hamil di luar sana, yuk kita makan makanan bergizi.



20 comments:

  1. Selamat Mbak Zarlinda atas kehamilannya. Semoga ngidamnya lancar jaya. Menurutku, kalau lagi hamil yang penting makan sehat dan hati senang. Itu cukup.

    ReplyDelete
  2. Wah, baru tau kalo ngidam itu kode kebutuhan gizi si ibu. Enak juga ya kalo ngidam, jadi lupa jaman diet. Yang pengen apa bisa ada. Hehe

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru tahu kalo ngidam itu kode berat dari si Ibu yang ingin memenuhi kebutuhan gizinya. Tapi aneh dan sekaligus menarik ya, kayak bagaimana si persepsi tubuh ke Ibu tentang masing-masing gizi yang ia penuhi seperti zat besi dia ngidamnya paku payung. :"")

    ReplyDelete
  4. Oooh gitu ya. Ternyata logis ya😆😆

    Kalo ngidamnya lebih ke perbuatan gimana? Misalnya ngidam jambak rambut orang gundul. Soalnya aku pernah liat sih di sitkom tv 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah, masa ada yang begituan mbak ? astagahhhhhhh, ga tau hahaaa

      Delete
  5. Hihihi..iya, katanya gak ada ngidam itu. Itu hanya keinginan ibu hamil aja. Termasuk soal baby yang akan ngences kalau keinginan ibunya gak terpenuhi. Gak ada hubungannya. :)) Saya termasuk ibu yang hamil dua kali tanpa ngidam.

    ReplyDelete
  6. Berarti nanti kalau saya sudah punya istri harus memnuhi kebutuhan ngidamnya.

    ReplyDelete
  7. Saya 3 kali hamil alhamdulillah gak pernah ngidam yg macam2, Mbak. Ya biasa aja, pengen sesuatu tapi gak ngebettt banget sampe ngerepotin suami. Hehehe. Soal anak yg ngences akibat ngidam gak terpenuhi, saya termasuk yg gak percaya sama sekali :)

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk ibu hamil yang nggak ngidam, heuuu

    ReplyDelete
  9. Saat hamil, saya pengennya banyak makan

    ReplyDelete
  10. Ngidam itu sebenarnya hal yang tidak mesti terjadi pada ibu hamil. Bahkan ibuku sendiri pas hamil aku kayaknya ga cerita ngidam soal makanan deh. Ntar deh tak tanyain lagi. Ya, semoga aja ngidamnya makanan yang sehat dan terutama mengandung zat besi. Lagian, jangan terlalu oercaya juga sih sama pamali.

    ReplyDelete
  11. Soal ngeces ketika ngidam gak dituruti, itu mungkin krn sugesti si bumil sendiri saat mendengar kata orang. Kebiasaan si ibu biasanya nurun sama anak

    Yg heran itu, kmarin masa ada artis yg ngidam mobil. Orang kaya katanya, tp kan....

    ReplyDelete
  12. Wkwkwkwk aku jadi inget, waktu itu kakakku hamil ampe beberapa kali ngidam terus nyokap bilang kalo ngidam mah cuma sekali bukan tiap hari :/

    ReplyDelete
  13. selamat mbak atas kehamilannya. sebenarnya ngidam itu hanya kondisi psikologis saja mbak, jadi mitos kalau ngidam enggak dipenuhi anaknya bakal ileran. aku pernah ngidam sesuatu waktu hamil n ngga berusaha untuk memenuhinya dan alhamdulillah sampai skearang aman2 aja

    ReplyDelete
  14. Di ilmu kedokteran setahu ku ngga ada ngidam sih. itu biasanya efek dan sugesti si Ibu. Bisa aja ibu meminta perhatian lebih atau memang lagi kepengen sesuatu :)

    ReplyDelete
  15. Waktu istri saya hamil, dia gak ngidam apa apa kok, cuman lebih banyak mau makanan entah bakso basreng atau cilok, jd dia lebih banyak butuh makan yang dekat kalaupub di sekitar ga ada pasti mintannya jauh jauh hari tapi ga ngidam makanan tertentu sih

    ReplyDelete
  16. Kayaknya para bumil kadang jadi lbh banyak jajan yaaa. Hihi. Sehat2 mbaaaakkk

    ReplyDelete
  17. Sesama bumil, tos dulu mbak. Udah brp bulan? *rumpi hihi
    Aku blm ngidam yang gimana-gimana sih tapi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduhh...tos tos tos, dua bulan mbak hehheee

      mbak berapa?

      Delete
  18. Sewaktu mengandung Ghaza dibilang ngidam si enggak juga tapi aku doyan banget makan cumi masak hitam. Kalau bisa tiap hari makan itu pasti bahagia banget hahaha. Tapi apa memang ada yang ngidam sampai hutang sana-sini? Kelewatan itu sih

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES