28 November 2017

9 Rahasia Utama Untuk Mendekor Rumah Minimalis

rumah minimalis
Rumah minimalis
Memiliki rumah minimalis menjadi impian banyak orang. Entah di daerah perkotaan ataupun pedesaan, rumah minimalis tetap menjadi favorit. Hal ini dikarenakan rumah minimalis cenderung membutuhkan biaya perawatan yang murah. Jadi, pemiliknya tidak perlu kerepotan meluangkan waktu dan menyisihkan banyak biaya. 


Apakah Itu Gaya Minimalis?

Sebelum membahas lebih lanjut, tentu ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan minimalis. Gaya minimalis merupakan gaya dekorasi yang terfokus pada ruang, cahaya, serta objek di dalam rumah. Gaya minimalis sangatlah tergantung pada cara kita menata furniture di dalam rumah. Jadi, kita harus menggunakan furniture yang minim, namun tetap dapat berfungsi secara maksimal. 

Meskipun menggunakan prinsip kesederhanaan, gaya minimalis bukanlah gaya yang membosankan untuk dilihat. Sebaliknya, gaya minimalis bersifat tegas, efektif, serta berkesan.

Untuk mendekorasi rumah minimalis, ada 9 rahasia utama yang harus kita ketahui. Simaklah penjelasannya berikut ini!

1. Menggunakan Pilihan Warna yang Sesuai dan Teratur
Warna cahaya seperti putih dapat dipadukan dengan warna-warna netral. Misalnya seperti warna pastel dan abu-abu yang cocok untuk interior rumah minimalis. Meskipun dapat menambahkan warna-warna cerah, kita tidak harus menggunakan warna cerah untuk keseluruhan rumah. Tambahkan juga warna biru untuk menghindari kesan monoton pada warna-warna netral. Agar lebih menarik, kita juga bisa menambahkan lekuk horizontal pada meja kayu agar bagian rumah terlihat semakin mempesona.

2. Memperhatikan Space yang Kosong dan Titik Pusat Ruangan
Space yang kosong dianggap sebagai salah satu elemen penting pada dekorasi rumah minimalis. Space kosong menjadi tempat berinteraksi antara objek-objek di dalam rumah sehingga berpengaruh pada tampilan rumah. Sementara itu, penampakan visual yang seimbang pada rumah minimalis dapat diperoleh dengan memiliki titik pusat ruangan. Salah satu contohnya ialah mengisi ruangan kosong dengan sofa putih, kursi ottoman, serta lampu lantai.

3. Merapikan dan Menata Ulang
Untuk mewujudkan rumah minimalis, kita harus menyingkirkan barang-barang yang menumpuk. Caranya ialah dengan menata tampilan pada laci-laci dan meja-meja. Kita hanya perlu mengutamakan barang-barang yang penting. Sementara itu, barang-barang lainnya dapat disimpan di dalam lemari. Pada bagian dapur, kita juga perlu mengatur barang-barang apa saja yang bisa diletakkan di permukaan meja dapur.

4. Menggunakan Aksen Dekorasi
Meskipun memiliki rumah yang minimalis, janganlah berpikir kita tidak dapat mendekorasinya. Untuk mendekorasi rumah minimalis, kita dapat memberikan aksen yang tidak terlalu mencolok. Selain itu, kita juga dapat memajang satu karya seni yang menurut kita lebih baik. Hindari memasang karya seni yang terlalu banyak karena akan memudarkan kesan minimalis. Pada bagian kamar mandi, gunakanlah aksesoris yang memberikan kesan yang tegas dan proporsional. Dengan begitu, dekorasi tidak akan menjadi distraksi bagi penghuni rumah.

5. Membersihkan Sudut-Sudut dan Permukaan Furniture
Furniture dan barang-barang lainnya tentu memberikan pengaruh pada tampilan rumah minimalis. Oleh karena itu, keduanya harus dibersihkan secara detail, mulai dari sudut-sudut hingga bagian permukaannya. 

6. Berkreasi dengan Tekstur
Untuk menghilangkan kesan monoton pada warna, cobalah untuk menciptakan variasi tekstur rumah minimalis. Salah satu contohnya ialah menambahkan aksesoris pada bagian kamar tidur. Selain itu, cobalah untuk menggunakan lantai kayu untuk menambahkan tekstur pada kamar tidur.

7. Berkreasi dengan Cahaya
Jendela polos merupakan salah satu elemen yang cocok dengan rumah minimalis. Jadi, jangan menambahkan gorden di jendela kita. Biarkan cahaya natural masuk secara maksimal melaluinya. Secara tidak langsung, jendela ini akan menambahkan nilai estetis. Apabila ingin tetap menjaga privasi, cobalah untuk menggunakan gorden organza (sheer) yang tipis. Selain itu, kita juga dapat menggunakan tirai.

8. Barang-Barang Sederhana yang Berperan Penting
Mendekorasi rumah minimalis akan membuat kita berpikir ulang pada objek-objek di rumah kita. Pada akhirnya, kita akan menyadari bahwa kita tidak membutuhkan barang yang begitu banyak. Barang-barang yang jumlahnya minim akan tetap berfungsi maksimal apabila kita dapat memilahnya dengan baik.

9. Memperhitungkan Pola di Rumah 
Rumah minimalis pada umumnya menggunakan pola yang terbatas. Apabila kita memutuskan untuk menggunakan pola, cobalah untuk menggunakannya pada skala yang kecil, misalnya berdasarkan warna yang berbeda. Selain itu, gunakan juga pola yang tidak terlalu mencolok. Kita juga dapat menggunakan pola print yang dapat menambahkan aksen pada rumah minimalis kita. 

Sumber: http://www.livspace.com/magazine/decor-secrets-minimalist-style/

29 comments:

  1. Huahh makasih kak sudah share rahasianya, ngebantu banget ini buat yg lagi mau bebenah dan ngedekorasi rumha

    ReplyDelete
  2. Banyak juga pilihan opsi untuk membuat rumah lebih mantap y, kalo di maksimalkan pasti bagus

    ReplyDelete
  3. Bisa dicoba nih ntar dirumah baru nih mbak zefy

    ReplyDelete
  4. Top markotop! Ini referensi bagus untuk sy yg tak pande berbenah rimah ini.

    ReplyDelete
  5. Rumah minimalis memang terlihat lebih sederhana namun berkelas ya mbak. Ternyata banyak tips untuk menjadikan rumah minimalis. Makasih tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  6. Wuah, artikel penting ini. Cocok buat ngisi long weekend. Beres-beres rumah ��

    ReplyDelete
  7. Wah,,, artikel bermanfaat nih, aku mau menata ulang rumah, cocok nih buat referensi ^^

    ReplyDelete
  8. ide bagus nihh buat atur ulang ruangan, secara udah bosan bentuk nya gitu2 mulu....
    bermanfaat bgt.

    ReplyDelete
  9. disign rumahnya, sederhana tapi kelihatannya menyenangkan

    ReplyDelete
  10. Kepengen punya rumah minimalis kepunyaan sendiri. Harus nabung dan kerja giat lagi nih

    ReplyDelete
  11. kepengen juga punya rumah minimalis buat keluarga kecilku, semoga segera tercapai. hihi

    ReplyDelete
  12. cantik ya, rumah minimalis cocok bgt buat kita yang suka minim2, hahaha

    ReplyDelete
  13. Wah ia emeng rumah minimalis itu cantik2 sampai aku sukak banget. Semoga next kalau aku punya rumah bisa niru yang kaya gini minimalis tapi apikk

    ReplyDelete
  14. kadang-kadang tips semacam ini bermanfaat untuk rumah yang agak besar dan furniture nya bagus, kalaupun untuk rumah biasa, tipsnya efektif beberapa hari saja karena biasanya acak-acakan lagi akibat aktivitas di rumah hehehe

    ReplyDelete
  15. Kalau aku biasanya pakai barang2 aja buat minimalis, meja, rak buku, almari. Untuk warna dinding jarang ganti, hahahai

    ReplyDelete
  16. Rumah minimalis biasanya selalu di kaitkan dengan kondisi rumah yang mungil dan tidak luas. Dan ternyata memang harus disertai penggunaan isi barang yg minimal ya

    ReplyDelete
  17. kakak sepupu saya juga punya rumah sangat minimalis tapi karena dia orang arsitektur, rumah kecil bisa terlihat luas di dalamnya.. Kuncinya permainan warna dan juga tekstur dan bentuk ruangan mba..

    ReplyDelete
  18. mendekor rumah itu sangat perlu banget untuk yang bosen dengan rumah yang itu itu saja. Tetapi, mendekor itu sebenarnya sangat mudah ya selain yang disebutkan diatas terkadang barang kecil dan terlihat tak berguna dan ketika kita mix and match hasilnya bisa sangat bagus mba

    ReplyDelete
  19. Saya juga paling suka dengan rumah minimalis. Keliatan nyaman dan gak membutuhkan banyak energi untuk merawat dan membersihkannya hehehe...

    ReplyDelete
  20. Wah, banyak ya tipsnya. Makasih untuk sharing ilmunya, Mbak. Tapi untuk saat ini saya masih ngontrak sih rumahnya, jadi agak males berbenah rumah :)
    *alesan*

    ReplyDelete
  21. Selain barang2 sederhana, juga sebaiknya furniturenya dikit aja kali ya. Trus mungkin bisa memanfaatkan hiasan cermin, sehingga space-nya lapoang dan terasa luas #imho :D

    ReplyDelete
  22. Paling suka rumah dgn design minimalis, trus jd kepikiran kalau pas bersihin pun ga susah haha.

    ReplyDelete
  23. Rumah minimaliis, ah impianku mbak hihihi. Saat ini hanya masih suka sekadar menata ulang dan mengutik2 space kosong di kamar biar nyaman, bismillah semoga suatu saat ada punya rumah minimalis sederhana namun nyaman hihi

    ReplyDelete
  24. Rumah minimalis memang masih menjadi pilihan banyak orang ya mbak. Ga ribet ngatur dan membersihkannya juga

    ReplyDelete
  25. wah trims banget ini infonya bermanfaat karena rumahku juga termasyk kategori Minimalis!

    ReplyDelete
  26. Terima kasih tipsnya mbak, pas banget saya memang lagi cari referensi mengenai rumah minimalis. Ceritanya mau beres2 kamar

    ReplyDelete
  27. Sekarang si minimalis ini sdang naik daun yaa...
    Aku juga tertarik melihatnya.
    Furniture sederhana dan warna-warna segar yang mendominasi...bakal makin betah di rumah.

    ReplyDelete
  28. Dulux baru aja mengeluarkan warna baru untuk dekorasi rumah. Mungkin kalau digabungkan dengan konsep minimalis ini bisa menjadi kombinasi yg apik.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES