10 October 2017

Yey, Tari Kejei Terima Sertifikat Warisan Tak Benda Indonesia

penghargaan tari kejei
Penyerahan sertifikat warisan tak benda untuk tari kejei

Sertifikat Warisan Tak Benda Indonesia

Yey, ada info Bengkulu terbaru nih. Alhadmulillah hari rabu kemarin (4 Oktober 2017) ternyata Tari Kejei Bengkulu mendapatkan sertifikat warisan tak benda Indonesia. Acara berlangsung di  Gedung Kesenian Jakarta dan diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Bapak Rohidin Mersyah.

Aku tidak hadir lagsug memang, tapi kok rasanya bahagia ya. Akhirnya terian dari suku Rejang yang bagus ini mendapatkan sebuah sertifikat eksklusif, apalagi sertifikat warisan tak bendanya langsung diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Sertifikat diberikan pada puncak acara kegiatan penetapan warisan tak benda Indonesia 2017. Pada saat itu ada 150 warisan tak benda dari seluruh Indonesia yang juga mendapatkan sertifikat.

Oh ia, kalian sudah tahu kan dengan tari kejei? Jadi Tari Kejei ini adalah sejenis tarian yang biasanya dimainkan oleh para muda mudi sebagai sarana perkenalan antara bujang dan gadis Suku Rejang Provinsi Bengkulu. Tarian ini digunakan pula saat ada acara-acara besar, seperti acara pernikahan.

Pada malam puncak kegiatan penetapan warisan budaya tak benda Mendikbud Muhajir mengatakan bahwa penyerahan sertifikat ini dilakukan agar para pimpinan dan kepala daerah dapat melestarikan warisan budaya tak benda. Diharapkan agar nanti kita semua dapat melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan warisan budaya tak benda yang juga merupakan kekuatan budaya dan identitas bangsa yang perlu diselamatkan

tari kejei

Ia lah ya, kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga warisan budaya tak benda di Indonesia. Apalagi yang namanya tak benda ini mudah sekali ditiru. Kalau tidak kita lestarikan bukan tidak mungkin suatu saat nanti bisa muncul di wilayah lain dan dikatakan bahwa tari kejei berasal dari sana. 

Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Pak Muhajir, beliau meminta gubernur yang hadir agar menjaga warisan budaya tak benda yang ada di provinsi masing-masing. Beliau mengatakan "ini sebagai tanggung jawab kepada anak cucu kita, tegas Muhajir pada penetapan warisan budaya tak benda tahun ke-lima ini, begitu katanya.

Yuk, bersama kita jaga warisan budaya tak benda kita :)

1 comment:

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES