12 October 2017

Waspada Rabies (Penyakit Anjing Gila)


Beberapa saat kemarin aku banyak melihat berita tentang anjing yang terkena rabies di TV. Anjing yang terkena rabies terlihat tidak sehat dan ternyata dapat menularkan penyakit ke manusia, bahkan bisa menyebabkan kematian. Jadi untuk kali ini mari kita bahas cerita tentang rabies.

Apa itu rabies?

Rabies adalah penyakit menular yang bersifat ZOONISIS (dapat menular dari hewan ke manusia). Rabies disebabkan oleh virus lyssaviruses, virus ini menyerang mamalia. Ini berarti sebenarnya seluruh mamalia bisa terjangkit virus penyebab rabies, tetapi memang kebanyakan yang terjangakit virus penyebab rabies adalah anjing. Parahnya virus lyssaviruses ini menyerang otak dan sistem syaraf sehingga bisa menyebabkan kematian.

Bagaimana penularan rabies?

Rabies bias ditularkan kepada manusia atau hewan melaui:
  1. Luka gigitan hewan penderita rabies. Anjing penderita rabies rentan sekali menggigit manusia, sering terjadi kasus anjing gila menggigit manusia. Melalui luka gigitan tersebut air liur si anjing masuk ke dalam tubuh manusia dan mulai menyerang otak dan sistem syaraf.
  2. Luka yang terkena air luir hewan atau manusia yang terkena rabies.

Pola penggigitan:

Biasanya penggigitan terjadi karena hewan merasa terganggu. Seperti dipukul, diseret ekornya, digoda saat sedang tidur, atau mereka merasa si pengganggu telah mngancam anaknya. Anjing yang sedang memiliki anak akan lebih mudah marah dengan orang yang medekat sebagai bentuk proteksi kepada anak-anaknya.. Intinya jangan mengganggu anjing dalam bentuk apapun.

Penggigitan tanpa sebab atau provokasi

Hewan pengidap rabies bisa saja menyerang dan menggigit manusia tanpa ada penyebab apapun. Bisasanya anjing yang melakukan hal ini adalah anjing liar atau anjing yang diliarkan oleh pemiliknya. Anjing-anjing inilah yang menyebabkan sering terjadi rabies, apalagi menggigit lebih dari satu orang. Biasanya berdasarkan pengamatan anjing tersebut kemungkinan besar terjangkit virus rabies.

Apa tanda-tanda rabies pada hewan?

Masa inkubasi atau jarak waktu antara saat penggigitan terjadi sampai munculnya gejala rabies umumnya 30-50 hari. Pada anjing akan muncul setelah 10-14 hari sedangkan pada manusia bisa mencapai 9 bulan setelah terinveksi atau malah tahunan.

Bentuk ganas rabies

Bentuk ganas rabies adalah hewan mati 2-5 hari setelah muncul gejala. Gejala tersebut adalah:
  1. Hewan penakut atau galak.
  2. Mereka senang bersembunyi di tempat gelap dan dingin.
  3. Hewan lebih suka menyendiri dan agresif. 
  4. Hewan yang terjangkit rabies biasanya tidak menurut dengan majikannya.
  5. Nafsu makan hilang
  6. Air luir meleleh tak terkendali
  7. Menyerang dan menggigit apa saja yang bergerak
  8. Memakan benda asing yang bukan makanan seperti batu, kayu dan lainnya
  9. Kejang-kejang dan disusul kelumpuhan
  10. Ekor menyisip di antara 2 paha

Bentuk diam rabies

Selain bentuk ganas adapula bentuk diam rabies:
  1. Hewan bersembunyi di tempat yang gelap dan sejuk
  2. Kejang-kejang berlangsung sangat singkat, bahkan seringkali tidak terlihat
  3. Lumpuh
  4. Tidak dapat menelan
  5. Mulut terbuka
  6. Air liur keluar berlebihan
  7. Mati

Gejala rabies pada manusia

Ada bebverap gejala rabies pada manuia yang harus kita kenali:
  1. Riwayat gigitan
  2. Nafsu makan hilang
  3. Sakit kepala
  4. Tidak bisa tidur
  5. Demam tinggi
  6. Mual/muntah
  7. Pupil mata melebar
  8. Bicara tak karuan
  9. Ingin bergerak dan nampak kesakitan
  10. Takut air
  11. Peka terhadap suara keras
  12. Peka terhadap cahaya
  13. Peka terhadap udara
  14. Air liur keluar berlebihan
  15. Kejang-kejang yang diikuti kelumpuhan dan kahirnya meninggal dunia (4-5 hari setelah gejala klinis muncul)
Ada sebuah kisah menyedihkan dari Ibuku. Dulu sewaktu masih gadis beliau dan nenek pernah menyaksikan seorang anak meninggal dunia karena rabies. Jadi ceritanya si anak melolong seperti anjing beberapa saat sebelum meninggal. Memilukan sekali melihats eorang anak yang kejang, melolong dan akhirnya meninggal. Konon ternyata setahun sebelum meninggal si anak pernah digigit anjing tetapi tidak langsung diobati. Menurut orang tuanya gigitan tersebut tidak parah sehingga tidak perlu dibawa kedokter untuk disuntik dan diobati. Setahun setelah gigitan tersebut gelaja rabies mulai muncul pada si anak. Seperti yang sudah kita bahas di atas gejala rabies pada manusia munculnya lama, bisa muncul setelah 9 bulan lebih atau bahkan tahunan.

Tindakan jika terjadi gigitan

Jika terjadi gigitan anjing maka harus segera ditangani, jangan sampai hal-hal tidak diinginkan terjadi. Lalu apa yang harus dilakukan jika terjadi gigitan? Untuk penggigit:
  1. Tanggap anjing yang menggigit dan laporkan kejadian ke dinas peternakan setempat
  2. Obeservasi anjing tersebut selama 14 hari
  3. Jika anjing yang menggigit masih hidup berarti negatif rabies, maka tinggal dilakukan vaksinisasi
  4. Jika anjing atau hewan tersebut mati maka segera laporkan dan kirimkan hwan tersebut ke laboratorium kesehatan hewan setempat
Sedangkan untuk manusia yang digigit:
  1. Segera cuci luka gigitan dengan air mengalir dengan sabun selama 5-10 menit
  2. Beri luka yodium atau alkohol 70%
  3. Segera pergi ke puskesmas atau dokter terdekat untuk segera mendapatkan pengobatan
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi dinas peternakan, dokter hewan atau pusat kesehatan setempat. Yuk sama-sama cegah rabies. 


20 comments:

  1. wah, aku paling takut sama anjing. dulu waktu SD pernah di kejar-kejar sampe nangis dibuatnya.. dan Bahaya neh kalau udah berpenyakitan. kalau tidak salah harus di bunuh.

    ReplyDelete
  2. Rabies ini hanya terjadi pada anjing dan manusia ya? Bisa gak misal dari anjing nular ke kucing atau hewan lain yang di sekitarnya?

    ReplyDelete
  3. Walaupun efeknya di manusia cukup lama tapi gaboleh banget dibiarin yah :(( aku daridulu selalu takut anjing gatau kenapa padahal jinal tapi selalu ditakut2in rabies, karena efeknya lebih berbahaya dari yang aku kira, semoga aja sih pemilik anjing nggak ngeliarin gitu aja yah biar nggak mengganggu juga.

    ReplyDelete
  4. Ternyata efek rabies antara manusia dan anjing itu beda waktu inkubasinha. Perlu pengamatan ekstra utk mengatasi rabies ini,..

    Ngomongin soal rabies jadi ingat perihal kasus rabies pada anjing2 yg ada di Bali, banyak sekali kasus yg muncul disana. Banyaknya gigitan acak yg terjadi membuatnys menjadi tempat paling banyak terjadi kasus rabies di Indonesia.

    Ngomongin rabies dan perihal gejala inkubasinya, jadi ingat film zombie di world war Z..

    ReplyDelete
  5. Kalau di RS, jika pasien datang digigit anjing atau kera, langsung disarankan untuk vaksinasi. Ya, kita harus curiga kalau anjing tsb rabies, soalnya agak sulit membasa anjing ke dinas peternakan apalagi kalo digigit malam2 n tinggal di kampung yang jauh dari kantor

    ReplyDelete
  6. Tak hanya karena gigitan saja ya, tetapi karena terkena air liur hewan juga bisa terkena rabies. Agak seram juga ya, perlu berhati-hati saat dekat dengan hewan. Dampaknya juga bisa terjadi tidak seketika itu juga.

    ReplyDelete
  7. Bahaya sekali ya ternyata rabies ini. Saya baru tau akibatnya bisa seperti itu. Dampaknya baru keliatan setelah beberapa bulan hingga tahun pula. Semoga kita semua gak sampe kena atau tertular rabies deh. Na'udzubillahi min dzalik..

    ReplyDelete
  8. kemarin diKalbar sempat ada beberapa kasus namun cepat ditangani. Memang penyebarannya sangat cepat. perlu kerjasama antara dinas kesehatan dan dinas peternakan supaya semua anjing dapat di vaksin termasuk ketersediaan vaksin rabies untuk manusia di puskesmas yang rawan rabies

    ReplyDelete
  9. Sereem banget yaa, mba..
    Aku kira kalo kena rabies itu semacam demam gitu ajaa..

    Sampai melolong dan kematian, itu paraah banget yaa..huhu..sediih bacanya.


    Tapi ini bermanfaat banget.
    Biar kita aware dengan keadaan di lingkungan kita.

    ReplyDelete
  10. Serem ya rabies itu. Virusnya menyerang seperti virus zombie pd film2 layar lebar.

    ReplyDelete
  11. Temanku ada yang dokter hewan. Kalo lagi kumpul suka dijelasin soal penyakit-penyakit hewan, termasuk rabies ini. Aku suka sedih kalau dengar penjelasannya. Mereka kayak tersiksa banget, tapi suka jadi bahan bercandaan manusia. Manusia jahat. :(

    ReplyDelete
  12. Aku takut sama anjing. Dulu di dekat rumah, ada tetangga yang anjingnya kena rabies. Kayanya tersiksa sekali, dan anak2 sekitar rumahku suka ngelemparin anjing2 itu huhuhu

    ReplyDelete
  13. Di kampungku gak ada anjing sih, tp kdg pas pergi nemu anjing. Lari atau gak deket2 deh, khawatir gigit. Kita kan emang gak sering ketemu, sapa tau rabies dianya

    Ngeri juga krn pas kena dr gigit sampe gejala waktunya lama

    ReplyDelete
  14. Apakah efek rabies ini bisa juga ditimbulkan monyet? Adikku pernah digigit monyet tetangga.. Dan waktu itu dia sampe harus disuntik gitu ke dokter .

    ReplyDelete
  15. Bahaya banget kalo kena penyakit rabies nih. Jadi buat yg memelihara hewan peliharaan harus benar benar merawat apalagi yg melihara anjing jgn sampai terkena penyakit anjing gila

    ReplyDelete
  16. Serem banget ih, info ini memang harus dikasih tau ke masyarakat, biar waspada.

    ReplyDelete
  17. Aku oernah lihat pasien rabies di RS dan aku keoikiran selama seminggu..
    Mengerikan
    Yuk selalu vaksin anjjng kitaaa

    ReplyDelete
  18. Ikut trenyuh sama cerita meninggalnya anak yg kena gigit anjing gila itu.
    Saya pikir kalau kena gigitan anjing rabies, manusia hanya akan luka dan gak akan sampai meninggal. ternyata bisa ya...
    Itulah sebabnya saya kalau ketemu anjing di komplek rmh jg gk berani megang, meski sbnrnya saya suka anjing sih. Khawatir anjingnya blm divaksin aja sih..

    ReplyDelete
  19. Serem banget ya rabies. Makanya gak pernah berani deket" anjing. Huhuhu... Takut. Kalo lewat deket anjing, baca" terus biar anjingnya gak liat atau teralihkan.
    Semoga dijauhi dari anjing pengidap radiasi dan dijauhi pula dari gigitan anjing. Aamiiinn

    ReplyDelete
  20. Kadang kasian sama hewannya, harusnya kita sebagai manusia membantu mengobati sih. Kan hewan gak bisa pergi ke dokter sendiri :(

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES