20 October 2017

Serah Terima Dana Kegiatan BDI di Kelurahan Belakang Pondok Sebagai Bentuk Transparansi


Tepat pada tanggal 18 Oktober 2017, berlangsung di Kantor Lurah Belakang Pondok diadakan serah terima dana dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) ke Kelompok Swadaya Masyarakat. Acara ini sengaja diadakan di Kelurahan agar pihak kelurahan juga mengetahui serah terima dana tersebut. Apalagi di program KOTAKU  Pemerintah Daerah dalam hal ini Lurah berperan sebagai nahkoda, yang memang harus mengetahui tentang program dan mengarahkan kegiatan di lapangan.

Pada acara serah terima dana kemarin dihadiri pihak Kelurahan, Bhabinkamtibnas, BKM, KSM, masyarakat dan tentu saja Tim Faskel. Semua unsur lengkap di sini. Ini sangat baik, karena dengan begini semua unsur di masyarakat mengetahui tentang kegiatan yang ada di kelurahan mereka. Selain itu juga tercipta transparansi kegiatan. Sehingga diharapkan kegiatan yang terlaksana akan terhindar dari masalah transparansi yang tidak jelas.


Di Kelurahan Belakang Pondok ada 2 KSM, KSM Damai dan KSM Kompak. Kedua KSM ini mengerjakan kegiatan BDI tahun 2017 sebesar Rp 500.000.000,-. Dana tersebut dicairkan dalam 2 tahap, tahap pertama sebesar 70% atau Rp 350.000.000,- dan tahap kedua sebesar 15% sebesar Rp 150.000.000,-. Pada serah terima dana kemarin yang diserahkan adalah dana tahap pertama, besaran dana di kedua KSM tersebut berbeda, tergantung dengan kegiatan yang dilaksanakan.

Sebelum penyerahan dilaksanakan Lurah Belakang Pondok, Ekman Effendi, S.Sos mengingatkan agar KSM bekerja sebaik mungkin karena nanti yang akan menikmati hasil kegiatan adalah seluruh masyarakat Belakang Pondok, termasuk KSM penerima dana.

Sedangkan Senior Fasilitator (SF) Tim 6 KOTAKU, Desmi Arita, S.Sos mengingatkan mengenai target penyelesaian. SF tim 6 KOTAKU mengingatkan komitmen KSM yang akan menyelesaikan seluruh kegiatan sampai LPJ per tanggal 5 Desember 2017. Kegiatan diakhiri dengan penutupan oleh SF Tim 6 KOTAKU. Dan teman-teman KSM langsung mengurus persiapan kegiatan.

1 comment:

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES