30 October 2017

Menabung Yuk Menabung

nabung di celengan
Celengan sederhana

Menabung

Hayo, kapan terakhir kali menabung? Terkadang kita-kita ini suka abai dengan yang namanya menabung, berbeda dengan belanja. Kalau belanja biasanya cepat, bisa secepat kilat. Uang seberapapun banyaknya bisa habis dengan cepat tanpa sisa, kalau menabung kebalikan sih biasanya. Menabung uang seratus rupiah saja kadang kita lupa. 

Jadi kalau mendengar atau membaca kata menabung jangan dikira menabung itu harus dalam jumlah besar. Ingat kan dengan istilah sedikit-sedikit menjadi bukit? Kita bisa menabung dalam jumlah sedikit-sedikit saja. Misalnya kita menabungkan semua recehan sisa uang belanja ke warung, lama-lama uag recehan itu jumlahnya akan besar juga. Perlu pula kita ingat bersama bahwa menabung itu bukan berarti harus ke bank atau harus langsung ke bank. Kita bisa menabung menggunakan celengan dulu lho. Nanti kalau sudah banyak baru kita tabungkan ke bank. 

Celengan juga bentuknya tidak mesti celengan ayam dan harus beli. Kita bisa menggunakan botol-botol bekas di rumah untuk jadi celengan kita. Bahkan terkadang celengan dari botol bekas itu cantik-cantik. Lihat saja gambar di atas.

Mengapa harus menabung?

Kita sebaiknya menabung karena banyak sekali kebaikan yang bisa kita dapat dari menabung, diantaranya:

Menabung Sebagai Investasi
Tanpa disadari menabung adalah salah satu cara kita saat akan berinvestasi. Investasi memerlukan uang, jadi sebaiknya kita menabung untuk persiapan investasi.

Persiapan Untuk Liburan
Siapa coba yang tidak mau liburan, tetapi satu hal yang peru kita ingat. Liburan itu perlu biaya. Lah ia kan ya, kalau jalan-jalan kita butuh uang untuk ongkos. Kita butuh uang untuk makan selama di tempat liburan. Kalau nanti kita menemukan makanan-makanan enak yang harus dicicip dan kita tidak pegang uang bagaimana hayo, kan ga lucu kalau kita nangis karena mau cicip makanan enak tetapi kelupaan membawa uang.

liburan
Liburan dengan teman-teman


Hadiah Untuk Diri Sendiri
Benar deh, kita memerlukan hadiah untuk diri sendiri. Terkadang saking sibuknya kita lupa untuk memberi hadiah untuk diri sendiri. Kalau kita menabung tanpa kita sadari nanti kita akan menemukan sekumpulan uang yang bisa kita gunakan sebagai hadiah untuk diri sendiri. Siapa tahu nanti kita kepengen makan atau membeli sesuatu, kita bisa menggunakan uang simpanan untuk itu.

present


Bersiap Menghadapi Kecelakaan 
Bukan berharap terjadi yang tidak baik dengan kita, tetapi kalau bisa diantisipasi kenapa tidak. Betul betul betul.  
Mengatasi Kehilangan Pekerjaan 
Apalagi yang satu ini nih, terutama bagi para kepala keluarga. Kehilangan pekerjaan adalah sesuatu yang sangat tidak diharapkan. Tetapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bayangkan saat terjadi kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki tabungan. Yakinlah semua akan setuju jika saat kehilangan pekerjaan kita memiliki tabungan maka orang akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar. Karena uang tabungan bisa digunakan untuk membuat sebuah usaha dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Persiapan Masa Pensiun
Masa tua adalah masa dimana orang seharusnya bersantai dan menikmati hari. Enak kan ya kalau ada uang untuk apa-apa. Uang tabungan bisa digunakan untuk mendukung itu.

Sebagai Dana Tak Terduga
Kita tidak tahu kapan hal tidak terduga akan terjadi. Siapa yang tahu misalnya tiba-tiba kita diminta untuk mengambil hadiah satu unit mobil mewah dari Presiden RI karena sering menyebarkan kebaikan di dunia maya, aamiin.

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat menabung? Jadi mengapa tidak menabung dari sekarang? Menabung yuk menabung.

23 comments:

  1. bermanfaat sekali mbak, selama beberapa saat saya lupa nabung, pas ktemu postingan mbak, akhirnya sadar juga kalo nabung penting.. hohohoho. Arigatou nee :3

    ReplyDelete
  2. Menabung memang sangat penting. Akan lebih cocok jika kita menabung untuk beribadah. Misalnya, menabung untuk ikut berpartisipasi dalam Idul Adha dengan membeli hewan qurban. Ada kesenangan tersendiri lho!

    ReplyDelete
  3. Tulisan ini mengingatkanku akan kartun UP.
    Sepasang kake-nene yang sejak muda menabung untuk ke Paradise Fall.

    Dan benar,
    Di kluarga kami ada 2 penabung cilik yang gemar menabung uang receh.
    Tapi tetap, harus ijin dulu.

    ReplyDelete
  4. Iya sampai sekarang aku tetep nabung walau uang receh, bahkan anakku juga aku biasain nabung meski itu duit hasil jerih payah dia sendiri dari ikutan lomba mewarnai tetep kudu ditabung nggak boleh difoya2 karena kita nggsk tau kedepannya bakal gimana

    ReplyDelete
  5. menghadiahi diri sendiri, ini yang sangat jarang aku pikirkan.
    biasanya kado memang untuk orang lain, tapi untuk diri sendiri rasanya blm terpikirkan!

    selama ini menabung hanya karena ada uang sisa yang aku sisihkan di rekening.

    tulisan ini membuatku jadi ingin menghadiahi diri sendiri.
    apa ya? hmm..

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah sejak mulai kerja udah nabung
    sempat takjub waktu baru kerja dan merantau bisa punya tabungan lumayan
    trus bisa beli tiket pesawat
    ternyata menabung banyak manfaatnya
    bikin bangga ortu juga krn anaknya yg baru setahun merantau udah bisa pulang dengan pesawat hahaha
    apalagi 15 tahun dulu tiket pesawat masih mahal dan yg naik pesawat dianggap keren hahaha

    ReplyDelete
  7. Menabung memang penting banget ya, Mbak. Banyak banget manfaatnya seperti tersebut di atas. Tapi oh tapi... kadang berat untuk menyisihkan uang buat menabung. Belum bisa konsisten kalau saya, Mbak ;(

    ReplyDelete
  8. banyak banget manfaat menabung, selain untuk dana tak terduga, juga buat sesuatu yang memang kita inginkan sejak lama.

    aku dari kecil udah dibiasain menabung, cuma sekarang justru tabungan sering minim saldo karena banyak keperluan -_-

    semoga ke depan bisa lebih banyak lagi nabungnya.

    ReplyDelete
  9. nabung emang salah satu yang wajib buat aku, selain buat saving juga buat mengontrol gaya hidup kita. Jangan sampai kita terlalu bermewah-mewah padahal semua kekurangan, tidak punya saving sama sekali

    ReplyDelete
  10. iya kak, aku sekarang juga lagi berproses untuk menabung
    soalnya kemarin2 duit dari blog langsung habis untuk memuaskan hawa nafsu. hahaha. tapi sekarang sudah cukup kok. Hawa nafsunya udah puas terselesaikan
    sekarang waktunya nabung
    duh lah ternyata hal-hal tentangku yang harus diwujudkan dengan tabungan tuh banyak
    hahaha... siap-siap ngirit demi sesuatu

    ReplyDelete
  11. Aku juga suka tuh ngumpul recehan terus kalau sudah banyak aku beliin buku hahaha atau makeup/skincare. Tapi memang menabung itu kudu butuh tekad kuat si ya... Tergoda belanja online itu lebih seringnya

    ReplyDelete
  12. Menghadiahi diri sendiri, hal yang suka terlewat dari alasan menabung. Biasanya untuk dana cadangan atau untuk dana yang gak terduga.
    Padahal menghadiahi diri sendiri itu, perlu juga ya...untuk kesenangan sendiri.
    Yang susah itu..menjaga konsisten. Kalau niat mah...udah ada..hihihi

    ReplyDelete
  13. Makasih yaaa mbak udqh nampar-nampar saya dengan ajakan menabung ini. Pengsilan saya berceceran tanpa bekas. Huhuuuuu syediihh

    ReplyDelete
  14. Waktu kecil udah diajarin menabung sama bapak, sampai diajak ke bank buat bikin rekening sendiri. Trus pas lebaran, kalo kebanyakan temen abis di mainan, saya malah suka simpan duitnya. Untuk mainan paling beli satu. Dan sekarang efeknya berasa banget, tiap bulan pasti nabung berapa rupiah pun itu. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Waktu kecil udah suka nabung di celengan ayam jago hihi dan nyadar banget betapa pentingnya menabung. Tambahin poin menabung untuk nikah dong kak wkwkwk soalnya menabung jg penting ternyata untuk modal meminang anak orang hehe :D

    ReplyDelete
  16. dulu waktu masih single, duit sering kuhambur2in buat seneng2.

    Tapi setelah berkeluarga dan punya anak. Rasanya seneng dan aman kalo lihat tabungan ada banyak duitnya. Dan enggak ada hasrat utk hura2.

    Wkwkwkwk.. Prestasi.

    ReplyDelete
  17. Aku nabungnya niru orang jaman dulu, dengan meliara kambing dan menanam jati. Kalau mau ngambil mikir-mikir lagi, karena repot jualnya. Jadi kalo ga kepepet ga dijual. Hihihi

    Nabung di ATM yang tabunganku, untuk dana simpanan, ambil yang atmnya jauh dari tempat tinggal dan ga bisa pake i banking biar ga khilaf belanja.

    Cukup manjur sampai saat ini. 😀

    ReplyDelete
  18. Saya udah mulai menabung nih, sekitar setahun lalu penghasilan gaji sering habis, sekarang ada istri yang ngingetin buat misahin dan nabung

    ReplyDelete
  19. Aku menabung setiap bulan walau gak banyak dan emang nolong banget. Ada apa2 kebantu dan enggak usah harus repotin orang lain. Kadang kaget sih dan bersyukur diberikan cukup sama Allah walau gak berlebih.

    ReplyDelete
  20. Menabung itu wajib hukumnya. Tapi zaman skrng tu kalau bisa tabungan dipisah2kan antara buat dana darurat, dana pendidikan, dll. Semoga selalu dicukupkan rezekinya jd bisa punya dana utk hari keperluan hari esok TFS

    ReplyDelete
  21. Untuk persiapan liburan.. Ah, jadi kangen traveling kan mbak.. >.<

    ReplyDelete
  22. Hemmm setuju banget..menabung itu hal yang menyenangkan dan bermanfaat

    ReplyDelete
  23. saya juga punya program #THEPOWEROF20K program kalau dapat uang 20ribu harus di masukkan celengan, heheheh

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES