29 October 2017

Makam Inggris di Bengkulu

makam inggris
Gerbang Makam Inggris Bengkulu
Kalau kalian jalan-jalan alias travelling ke Bengkulu ada suatu tempat yang bagus untuk dikunjungi, makam Inggris. Makam Inggris di Bengkulu merupakan salah satu bukti sejarah yang ada di Bengkulu. Makam ini membuktikan kalau dulu memang Inggris pernah menjajah Bengkulu dalam jangka waktu yang cukup lama. Makam ini terletak tidak jauh dari Benteng Marlborough yang terletak di kawasan Tapak Paderi.

makam inggris

Ada satu hal yang menarik dengan makm-makam di sini. Makam itu kan terkenal dengan kesan seramnya, ia kan? Tetapi makam Inggris ini sedikit berbeda. Makam ini tidak ada seram-seramnya untuk warga sekitar. Anak-anak di sekitar makam sering menjadikan makam ini tempat bertemu. Karena di makam kan ada taman yang cukup luas, mereka biasa duduk-duduk di sana. Mereka ngobrol santai di bawah pohon sambil makan cemilan. Maklumlah, makam ini terletak tepat di tengah permukiman warga yang cukup padat dan bertetanggaan dengan sebuah SD.

Bahkan ada suatu hal yang uni yang pernah aku lihat. Salah seorang teman menjadikan tempat bersejarah ini sebuah tempat foto pra wedding. Sewaktu melihat foto pra weddingnya aku bilang "bagus juga ni foto". Tetapi aku akhirnya tersadar ketika melihat sebuah sudut yang terasa pernah aku lihat sebelumnya, makam. Karena penasaran aku langsung chat temanku dan benar saja, lokasi fotonya adalah makam Inggris.


Jadi intinya mengapa aku menyarankan untuk berkunjung makam Inggris ini karena makam ini adalah salah satu bukti sejarah adanya Inggris di Bengkulu di masa penjajahan. Makam ini juga bisa merubah paradigma masyarakat yang selalu mencap bahwa makam itu mengerikan. Ternyata makam tidak semengerikan yang ada di film-film, itu tergantung dengan pemikiran kita. Tapi eh tapi, kita juga tetap harus menjaga tata krama dong ya. Walau makam yang kita lihat itu bagus tetapi itu tetaplah makam, sebuah tempat peristirahatan terakhir sebelum hari akhir tiba. 

Jadi kapan ke Bengkulu?

1 comment:

  1. Dengan adanya tempat bersejarah seperti ini, kita bisa belajar gimana bangsa kita dulu, gimana perjuangan nya, gimana menghargai apa yang kita miliki sekarang.. Godd job :D

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES