18 October 2017

6 Tips Mengatur Keuangan di Usia Muda


Usia muda atau remaja merupakan waktu yang banyak dihabiskan untuk bersenang-senang menikmati masa muda. Biasanya, kaum muda lebih memikirkan rencana apa yang akan dilakukan untuk menghabiskan waktu sekarang. Entah itu hang out bersama teman-teman, jalan sama pacar, atau hanya sekedar nongkrong di kafe untuk melepas penat. Namun, tidak jarang anak muda di zaman sekarang yang sudah sukses di usia yang masih terbilang sangat muda. Baik di bidang pendidikan, karier, maupun dalam bidang bisnis. Untuk dapat meraih kesuksesan di usia muda, tentunya harus dimulai dengan pola hidup yang tepat dan pintar mengelola keuangan pribadi.

Bagi yang sudah menjadi mahasiswa dan menjadi anak rantau yang terbiasa dengan kehidupan ala anak kos, mungkin bukan merupakan suatu hal yang sulit dalam mengatur pengeluaran keuangan. Namun tidak jarang sebagian dari anak kosan mengikuti gaya hidup yang terbilang cukup boros. Sehingga uang saku kiriman dari orang tua yang tadinya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan atau bahkan lebih, malahan akan habis dengan cepat tanpa disadari. Nah, bagi Anda yang merasa kesulitan dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran kebutuhan keuangan, berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan pribadi di usia muda.

 Tips mengatur keuangan pribadi di usia muda


Buat Pembukuan

Hal utama yang perlu dilakukan adalah membuat pembukuan terkait pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda. Catat darimana dan berap serta pengeluaran pemasukan yang Anda terima selama satu bulan, baik itu kiriman dari orang tua maupun gaji yang Anda terima jika sudah bekerja. Cek kemana saja uang tersebut Anda belanjakan. Jika Anda merasa membuat pembukuan adalah merupakan sesuatu yang ribet, maka solusinyaadalah Anda dapat menggunakan aplikasi yang ada di smartphone Anda untuk mengunduh aplikasi yang dapat membantu mengatur keuangan Anda. Jadi, banyak sekali fiture-fiture aplikasi terkini yang dapat Anda manfaatkan atau Anda unduh untuk membatu memanage keuangan Anda.


Menabung

Tidak perlu menunggu uang banyak untuk mulai menabung. Anda bisa memulai dengan mengumpulkan uang receh sisa kembalian saat berbelanja yang bisa Anda simpan dalam celengan atau toples receh. Jangan sepelekan uang receh. Karena jika Anda rajin mengumpulkannya, nominal yang didapat bisa Anda gunakan untuk berbelanja di akhir bulan saat belum mendapatkan kiriman dari orang tua atau belum gajian bagi yang sudah bekerja. Anda juga bisa menyisihkan sebgaian dari gaji atau uang kiriman orang tua untuk ditabung dan bisa Anda manfaatkan untuk kehidupan di lain hari. Biasakan diri menabung untuk modal di  masa depan Anda.


List Keperluan Selama Sebulan

Nah, ini merupakan hal sepele yang terkadang terlupakan. Kadang-kadang uang keluar dari dompet mengalir keluar tanpa kita sadari. Tiba-tiba sudah mendapatkan dompet kosong. Perasaan bingung dan heran ke mana uangnya kita belanjakan selama ini. untuk itu, Anda perlu mencatat atau membuat daftar keperluan pokok dan wajib Anda selama satu bulan. Jangan lupa, keperluan untuk main, nonton, atau sekedar jalan atau hang out bersama teman perlu Anda masukkan ke dalam daftar. Tapi jangan lupa, cukup sekali dalam satu bulan dan yang pastinya, jangan berlebihan juga membelanjakan keperluan. Cukup belanja keperluan yang Anda butuhkan selama satu bulan.


Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit sering kali menimbulkan ketakutan bagi setiap orang. Banyak orang beranggapan bahwa kartu kredit merupakan kartu “setan” yang menumpuk hutang. Namun jika, Anda menggunakan kartu kredit dan mengontrol penggunaan kartu kredit, tentunya tidak akan merugikan Anda. Bagi pengguna kartu kredit, tidak jarang Anda juga akan mendapatkan penawaran berupa point reward, promo dan cash back. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, Anda tidak perlu menenteng kartu kredit ke mana-mana. Anda bisa menggunakan kartu kredit online tanpa perlu kartu kredit. Untuk mengurangi pembengkakan tagihan kartu kredit, Anda perlu menentukan berapa budget pengeluaran dengan kartu kredit selama satu bulan.Gunakan kartu kredit dengan bijak dan jangan menggunakan kredit meleibihi limit Anda. Sadari kondisi keuangan dan belajarlah hidup hemat.

Bandingkan Harga

Bukannya pelit dan mencari barang murahan. Membandingkan harga barang sebelum Anda membelinya, merupakan salah satu tips untuk mulai berhemat. Perbandingan harga meskipun sedikit sangat berpengaruh terhadap keuangan Anda. Apalagi bagi mahasiswa atau anak kosan, pastinya akan memilih barang dengan harga murah namun kwalitas OK. Tidak perlu repot-repot mendatangi toko satu-satu untuk membandingkan harga, cukup diam di rumah, ambil smartphone ada, tinggal searching barang apa yang ingin Anda beli dan lihat toko mana yang paling murah menjual barang tersebut. Mudah bukan?


Investasi

Siapa bilang anak muda tidak bisa berinvestasi? Anda mungkin berpikiran bahwa akan sulit mulai melakukan invesati di usia muda, apalagi notabennya mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan dan masih bergantung pada pemberian orang tua. Modal investasi dari mana? Tidak perlu khawatir, lagi-lagi Anda hanya perlu memanfaatkan smartphone Anda. Bagi kamu muda, tidak perlu bingung memikirkan caranya dan investasi apa yang bisa Anda lakukan. Invesati tidak hanya berkaitan dengan tanah, emas, dan surat-surat berharga. Anda bisa berinvestasi dengan ‘bermain’ saham. Nah, jenis investasi ini sangat cocok bagi mahasiswa atau kaum muda. Cukup dengan modal Rp. 100.000,- Anda sudah bisa melakukan investasi untuk masa depan Anda.


Prioritaskan Kebutuhan

Terkadang kita sering kali tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Hal ini kadang yang membuat pengeluaran semakin membengkak. Untuk itu, Anda perlu membuat daftar kebutuhan dan keinginan yang menjadi prioritas Anda. Jalan-jalan ke mall terkadang membuat Anda harus menahan diri, apalagi jika terpampang di depan toko kata ‘diskon’, pastinya sudah menarik perhatian Anda, terutama kalangan perempuan. Namun, Anda harus bisa menahan diri dan tanyakan pada diri Anda, apakah itu kebutuhan atau keinginan semata? Ingat, diskon bisa saja terjadi kapanpun dan di manapun. So, berhemat lah dari pada harus menahan lapar di akhir bulan karena tergoda dengan barag diskon.


Mencari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan bagi sebagian anak muda atau mahasiswa khususnya, akan terasa sangat sulit. Kesulitannya adalah terkait waktu dan kondisi tubuh. Mahasiswa yang aktif, baik di kegiatan kampus dan kegiatan organisasi luar kampus, pastinya akan sulit mencari waktu luang untuk bekerja. Namun tidak perlu kahwatir, Anda bisa bekerja part time atau paruh waktu yang menyesuaikan dengan waktu senggang Anda. Manfaatkan juga skill yang kamu miliki. Karena pekerjaan yang paling asyik itu adalah hobby yang dibayar.

Jika Anda mengalami masalah keuangan dan sulit mendapatkan pinjaman, Anda bisa meminjam uang online tanpa perlu ke bank. Nah, apakah salah satu dari tips di atas sudah Anda terapkan? Jika belum, maka mulailah dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai.

24 comments:

  1. Bermanfaat buat anak muda yang suka boros nih :D

    ReplyDelete
  2. memang ni masih mudah harus diatur keuangannya,
    kalo dah punya anak sering pusing sendiri

    ReplyDelete
  3. Kita yang mudah sudah harus mengatur keuangan dengan baik..

    ReplyDelete
  4. kalo aku sih udah nyatet apa aja yg mau dibayar dan dibeli sebelum gajian, pas gajian aku review lagi perlu apa enggak, kalo masih blm perlu2 amat yaudah gak jadi dibeli wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Dulu aku rajin bikin pembukuan. Keluar duit dikit pun misal buat bayar parkir, pasti kutulis. Tapi lama2 males. Wkwkwkwk... Meski sebenernya perlu juga sih, nyatet pengeluaran kita kemana aja. Akhir bulan direview, dan bs diketatkan misal pos pengeluaran itu terlalu besar.

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sih selama menyisihkan 30% buat nabung ya aman. Paling kalap kalau udah liat peralatan kamera. selama ini prinsipnya buy you need not you want. amaaaan laaah sampe sekarang

    ReplyDelete
  7. Asyik banget neh kalau udah tahu kayak gini dari masih sekolah, walau cuma punya uang jajan, pi pasti bisa dikelola dengan baik

    ReplyDelete
  8. Wahhh makasih Mbak
    Sebagai anak kosann yg duitnya habis mului ini tips yg bermanfaat hehehe

    Aku sih selalu yah mencatat setiap pemgeluaran bulanana hehe

    ReplyDelete
  9. Sejak masih muda memang sudah harus mulai untuk mengelola keuangan dengan baik. Dimulai dari mencatat laporan, kadang sering ada "bocor halus" karema beli barang yang 'Ih, Lucu ya" dan belajar menabung untuk dana darurat juga.

    ReplyDelete
  10. Bener banget tuh mba semua tips yang ditulis diatas.. apalagi bagian harus rajin menabung dan juga harus mencari prnghasilan tambahan.. dulu saya kuliah juga sambil kerja jaga warnet hehe.. lumayan beli hp dari uang sendiri mba

    ReplyDelete
  11. wah masih byk yg bolong2 point dari pointnya kalo saya, saya nabung sih, tapi lebih byk numpang lewat aja wkwkwkk

    ReplyDelete
  12. kalau pembukauan aku pakai aplikasi smartphone dan itu kalau gak rajin bolong juga wkwkwk. untu cc aku gak pakai karena bisa berhaya untuk saat ini sih. lainnya biasanya aku cek kebutuhan yang menunnjang aktifitas ku jgua temasuk penting misalnya perbaikan sepeda motor karena itu membantu aktifitas mobilitas dan perbaikan gadget juga penting sih

    ReplyDelete
  13. Wuah kebetulan nih aku juga mau nabung
    Duit2 yg kemarin dari blog, biasanya langsung kubelikan barang, untuk mengapresiasi diri
    Tapi rasanya sekarang udah cukup. Perasaa senang itu udah terpenuhi dan sekarang aku memang ada rencana mau nabung.
    Rencananya mau nabung pake buku tabungan yang kayak anak SD ituloooh. Eh lupa kalo sekarang ini juga ada aplikasinya

    Sama mau invest saham sih, kecil2an ntar besar2an, hehe

    ReplyDelete
  14. aq zaman muda ga pernah atur keuangan. haha. padahal di SMA kan diajarin ngisi buku debit kredit ya

    ReplyDelete
  15. Dulu sebelum nikah aku rajin bikin laporan keuangan, sekarang bubar jalan. Kerasa banget bedanya, sering bingung uang yg ngasih suami habis buat apa aja.
    😭

    ReplyDelete
  16. Mengatur keuangan bukan hanya untuk orang yang sudah tua saja, ya..
    sejak masih muda pun harus sudah belajar mengatur keuangan. Yang penting memilah antara keinginan dan kebutuhan.

    ReplyDelete
  17. Baca tulisan ini, mendadak aku jadi nyesel, masa mudaku dulu cukup boros. Boro2 inget invetasi, kebanyakan bela beli yg gak jadi.

    ReplyDelete
  18. ini tips keuangan yang out of the box, terutama di bagian kartu kredit dan investasi. 2 ini sering jadi sumber ketakutan (yg kadang tak beralasan). Padahal kalau tahu celahnya, malah sangat menguntungkan.

    ReplyDelete
  19. Sangat membantu banget nih tips menghemat uang harus banding bandingin harga nih klo belanja cari yang termurah biar hemat dan bisa nabung deh

    ReplyDelete
  20. Yess sesungguhnya menabung di usia muda itu banyak banget faedahnya. Dan itu waktu terbaik buat nabung karena kalau sudha punya anak kebutuhan akan makin banyak.. hihi...

    Pakai CC mesti hati2 banget biat ga kejebak godaan batman.. hihi. Apalagi memang CC itu memanjakan dan memudahkan banget

    ReplyDelete
  21. Investasi penting banget. Kalau bisa malah udah banyak bisnis, punya rumah sendiri hehe. Jadi, saat udah berumah tangga bisa memikirkan yang lain. Misalnya seperti biaya sekolah anak2 gtu :D

    ReplyDelete
  22. Salah satu hal yang unik dari generasi zaman sekarang adalah kepemilikan kartu kredit, teman-teman saya sendiri lebih suka belanja pakai cc padahalpunya cash. Entah kenapa, aku sedang mencari tips keuangan yang pas juga nih.

    ReplyDelete
  23. yang memerlukan kejelian dan sense, adalah soal investasi ya. Karena jenisnya banyak dan bisa pula bodong kalau ga jeli.

    ReplyDelete
  24. Kalo traveling jadi prioritas utama, nabungnya harus gimana dong mbak? Secara kalo punya duit maunya jalan mulu >.<

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES