14 September 2017

MAMPIR BELI MANGGIS DI BENTENG


Aku dan suami mampir istirahat di jalan dari Kepahiang

Apa kabar teman-teman?

Semoga kita semua dalam keadaan selalu kece ya, aamiin.

Oh ia, kali ini aku akan cerita tentang membeli manggis di jalan pulang dari Kepahiang. Kalau kita dari Kota Bengkulu pergi jalan-jalan ke Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong otomatis akan melewati Kabupten Bengkulu Tengah alis Benteng kan ya, aku suka sekali ini. 

Kok senang melewati kabupten Benteng?

Ia dong senang, di sini banyak buah manggisnya, kita tidak akan susah menemukan buah manggis di sepanjang jalan raya. Karena banyak pedagang yang menjajakan dagangan buah manggis mereka di pinggir jalan. Mereka biasanya menjajakan buah manggis dengan cara digantung. Jadi kalau mau beli tanyanya berapa seikat ya, bukan sekilo.

Kemarin sewaktu pulang dari jalan aku dan sumi beli dua ikat untuk di oleh-oleh. Kami membeli 2 ikat manggis. Satu ikatnya dibandrol dengan harga Rp 15.000,-. Ini memang tergantung musim sih, kalau sedang musim manggis harganya bisa lebih murah lagi, seikatnya hanya Rp 15.000,-. Tetapi kalau sedang tidak musim seikatnya bisa Rp 25.000,-.

Seikat buah manggis biasanya terdiri dari 10-15 buah manggis. Nah, kita harus pandai-pandai dalam memilih, karena kisaran banyak buahnya beda-beda tiap pedagang. Kita juga harus pandai-pandai memilih buah manggis yang masak. Kadangkala ada pedagang nakal yang memasukkan manggis yang kurang bagus dalam ikatan buahnya.

manggis
Mampir beli mangggis
Ciri-ciri buah maggis yang bagus itu berwarna merah tua pekat mengarah ke ungu. Buah nampak masih segar. Kulit buah lembut dan tidak terlalu banyak getah yang menempel. Kalau banyak getah yang menempel itu tandanya buah manggis belum terlalu masak. Sebenarnya sih buah manggis yang belum benar-benar masak itu rasanya tetap manis, yakin deh. Tapi getah kadangkala menempel membuat rasanya kurang ok. Kecuali kita bisa memisahkan antara getah dan daging buah manggis. 

Buah manggis yang dijual rasanya alhamdulillah manis. Suka suka suka

Tambahan nih, pedagang di sana rata-rata berasal dari suku rejang, kalau bisa berbahasa rejang maka berbahasa rejanglah kalian. Karena kadangkala ini bisa merubah harga buah menggis yang kalian beli menjadi lebih murah hehheheeee

Makan manggis yuk :)

6 comments:

  1. wahh mau dunk....satu ikat juga boleh klo 2 ikat kebanyakan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. weeeeeeee.....kalau aku mah mau banyak2 mas Prio hahahaaa

      Delete
  2. Mbak katanya cara menghitung banyaknya manggis di dlm itu dari bagian bawah kulit luar ya hihihi selalau bener ga ya? Selama ini sih aku hitung biasanya pasti benar :D

    ReplyDelete
  3. Beli manggis terus kulitnya dijual lagi, kan jadinya extrak kulit manggis, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaaaaaa.....................betul betul betul

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES