10 September 2017

KENALAN LEBIH DEKAT YUK DENGAN BENTENG MARLBOROUGH DAN RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI BENGKULU


Apa kabar teman-teman dunia maya?

Dalam keadaan bahagia kan ya? Aku doakan kita semua selalu dalam keadaan bahagia dan selalu beruntung, aamiin. 

Aku ada cerita nih dari Bengkulu, beberapa hari kemarin Bengkulu menjadi lokasi sebuah hajatan besar. Pada tanggal 5-7 September 2017 ada kegiatan internalisasi cagar budaya di Bengkulu. Kegiatan ini diselenggarakan di rumah pengasingan Bung Karno dan benteng Marlborough. Alhamdulillah acara yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu ini berjalan lancar dan meriah. Oh ia, terimakasih kepada tim Media Center Provinsi Bengkulu yang memberikan info ini lewat berita. Kalau tidak sepertinya aku akan ketinggalan sebuah acara besar dan bagus.

Acara yang berlangsung di rumah pengasingan Bung Karno dan benteng Marlborough mengingatkanku tentang kedua bangunan bersejarah ini. Bangunan yang menjadi saksi sejarah perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan. Sudah lama tidak main ke sana, terutama ke benteng Marlborough. Maklumlah, kesibukan dan sok sibuk membuat aku jadi jarang kunjungan ke tempat sejarah ini (mohon dimaafkan).

Tapi tunggu dulu, kalian semua kenal kan  dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu? Awas lho kalau tidak kenal, jika kalian adalah warga negara Indonesia maka kalian bersalah kalau tidak kenal dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno.

Mengapa warga negara Indonesia bersalah jika tidak kenal dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu?

1. Benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung karno adalah saksi sejarah Indonesia
2. Benteng Marlborough adalah benteng terluas di Asia Tenggara
3. Benteng Marlborough adalah salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki rempah-rempah yang 
    bermutu dan diinginkan oleh banyak orang
4. Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu adalah saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia
5. Dan mungkin hal-hal lain yang aku juga belum tahu

Alasan di atas menurutku sudah cukup membuat kita bersalah jika tidak kenal dengan kedua bangunan bersejarah ini. Ia kan? Baiklah, kalau begitu yuk kenalan lebih dekat dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu.


Benteng Marlborough


benteng marlborough bengkulu
Benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Benteng berbentuk kura-kura ini dibangun oleh Eist India Company (EIC) pada tahun 1713-1719.  Benteng Marlborough menempati lahan seluas 44,105 meter persegi di Kelurahan Kebun Keling Kota Bengkulu. Bangunan ini memiliki panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m. Lantai benteng terbuat dari marmer hitam yang berhiaskan cangkang moluska di permukaannya. Konon kabarnya marmer ini didatangkan langsung dari Madras, India. Jauhnya perjalanan mu marmer, terimakasih sudah menjadi bagian dari benteng di Bengkulu.

Kantor East India Company di benteng marlborough
Bagian kantor EIC di dalam benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Sebagai informasi tambahan nih, dinding benteng bagian dalam dan luarnya memiliki ketebalan yang berbeda. Campuran tembok benteng Marlborough adalah kapur, pasir dan susunan bata. Kalau kata pemandu wisatanya kemarin untuk perekat para pekerja menggunakan putih telur. Itulah mengapa tembok benteng terkenal kuat, tidak retak walaupun Bengkulu sering diguncang gempa. 

Untuk atap bangunan benteng berupa akulturasi dasain barat dan timur dengan genteng didatangkan dari luar Bengkulu. Ia lho, di gentengnya masih ada tulisan nama pabrik pembuatan genteng, Tan Liok Tjau Batavia Java; Stoon-Panen (v) Fabriek ven Echt; Tick El Warken, Palembang; Petrus Recout & Co Maastrich, keren-keren ya nama produsen gentengnya. Luar biasah, ternyata bangunan ini bahannya benar-benar percampuran berbagai macam tempat.

Ada sesuatu yang baru di benteng Marlborough, sekarang di benteng kita bisa belajar sejarah sambil nonton. Benteng di yang sekarang di bawah pengelolaan BPCB Jambi ini  memiliki ruang audio visual. Ruangan audio visual memanjakan para tamu dengan film-film sejarah berdirinya benteng hingga zaman kemerdekaan.

ruang benteng marlborough
Salah satu ruang dalam benteng Marlborough
Sumber foto: Sobat BoBe

Lalu bagaimana dengan pemandangan di benteng Marlborough? Ini serius saudara-saudara, benteng Marlborough itu cantik kemana-mana. Pokoknya kalau kata anak zaman sekarang itu yah, benteng Marlborough itu instagramable sekali.

pemandangan indah pantai Bengkulu dari atas benteng marlborough
Pemandangan indah pantai di Bengkulu dari atas benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Contohnya adalah foto di atas, itu adalah bagian atas benteng. Bagian atas benteng adalah tempat yang asik untuk nongkrong. Benteng yang menghadap samudara hindia ini menyajikan pemandangan indah pantai di Bengkulu. Biasanya banyak orang yang foto-foto di sini. Aku juga pernah foto-foto di sini, tapi waktu itu belum menggunakan jilbab, jadi fotonya sudah aku hapus. 

Cantik kan pemandangannya? Ia dong, pasti.



Rumah Pengasingan Bung Karno

Baiklah, kita masuk ke pembahasan tentang rumah pengasingan Bung Karno. Rumah yang berlokasi di Jl. Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu ini adalah rumah tinggal Bung Karno selama diasingkan di Bengkulu dalam periode tahun 1938-1942. Dulunya rumah ini adalah milik seorang pedagang yang bernama Lion Bwe Seng, tetapi akhirnya ditempati oleh Bung Karno selama pengasingan di Bengkulu. Dalam periode waktu ini beliau banyak menjalin komunikasi dengan masyarakat sekitar. Ini terbukti dengan adanya peralatan pentas drama yang masih tersimpan rapi di rumah pengasingan tersebut.

Drama yang ditampilkan adalah drama Monte Carlo, drama ini adalah strategi beliau untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Selama di pengasingan beliau tetap hobi membaca lho, terbukti dengan banyaknya buku-buku sejarah yang bejejer rapi dalam rumah Bung Karno. Sayangnya buku-buku tersebut berbahasa Belanda, aku yang belum paham bahasa Belanda ini banyak tersenyum melihat bukunya (tak paham hehee).

Rumah pengasingan yang juga di bawah pengawasan BPCB Jambi ini juga masih menyimpan bukti sejarah Bung Karno selama di Bengkulu. Ada foto-foto selama masih di Bengkulu, foto-foto beliau dengan keluarga. Ada sepeda yang biasa beliau gunakan selama di Bengkulu dan meja pertemuan. Ada lagi yang terkenal, di bagian belakang rumah ini ada sebuah sumur yang katanya bisa membuat awet muda. Itu mitos yang menyebar entah dari mana, yang jelas air sumur di rumah pengasingan ini jernih dan segar.

rumah pengasingan bung karno
Aku dan teman-teman pasang aksi di depan rumah pengasingan Bung Karno
Sumber foto: Koleksi probadi
Aku dan teman-teman suka sekali foto-foto di kawasan rumah pengasingan Bung Karno, selain  bisa sambil belajar sejarah, tempatnya juga cantik. Cocok sekali untuk diupload ke sosmed lho. Kalau yang di bawah ini adalah lukisan rumah pengasingan Bung Karno dari tanah liat oleh Pak Zaenal Beta di acara pembukaan Internalisasi Cagar Budaya kemarin. Ternyata dalam lukisan rumah pengasingan ini tetap cantik.

lukis tanah liat zaenal beta
Lukis tanah liat Pak Zaenal Beta
Sumber foto: Koleksi pribadi
Sebagai warga negara Indonesia, yuk kita jaga bersama semua warisan sejarah ini. 

Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

Main yuk ke benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Banyak sekali ilmu pengetahuan dan sejarah yang bisa kita pelajari di sana. Sekalian jalan-jalan, karena tempat-tempat itu adalah tempat bagus untuk dinikmati dan bagus untuk berfoto ria dengan yang tersayang.

Untuk yang ingin lebih kenal dengan BPCB Jambi bisa follow atau add sosmed BPCB Jambi berikut:
facebook: Cagar Budaya Jambi
IG: @cagarbudayaJambi
Twitter: @cgarbudayajambi

53 comments:

  1. Benteng Malborough yang megah dan kokoh ini harus di jaga kelestarianya, terutama masyarakat Bengkulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, kita harus sama-sama menjaga kelestariannya

      Delete
  2. Replies
    1. sama....kemarin waktu ke sana audio visualnya sudah tuutp (kesorean)

      Delete
  3. Bakal dateng kembali ke dua tempat ini

    ReplyDelete
  4. Bakal dateng kembali ke dua tempat ini

    ReplyDelete
  5. Wisata kyk gini nih selain refresing bs nmbah pengetahuan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, kita bisa belajar sejarah sambil jalan-jalan

      Delete
  6. Pengen liat langsung lukisannya pak Zaenal Beta mbak, duh. Keren-keren ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, keren deh asli. Pandai sekali menyulap tanah jadi lukisan bagus

      Delete
  7. paling suka di benteng malrborough di sudut menghadap pantai tapak paderi. keren banget view ny..

    ReplyDelete
  8. Asik belajar sejrh dengan artikelny

    ReplyDelete
  9. Bentengnya mirip designnya kaya benteng belanda yg di makassar (fort rotterdam) dan memang fakta banget ya penjajahan indonesia dulu merata bgt seluruh indonesia. Saksi sejarahnya nyata. Hahaha

    ReplyDelete
  10. Pengin banget kesini via darat dari jalur pesisir barat Lampung huhu. Kapan yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ke siniiiiiiiii.....naik mobil bisa itu dari Lampung

      Delete
  11. Aku paling suka ke tempat-tempat bersejarah kayak gini. Kalau ke Bengkulu, jelas pasti aku harus mengunjungi Benteng Malborough sama rumah pengasingan Bung Karno ini.
    Benar sekali, kalau bukan kita yang peduli sama sejarah, siapa lagi?

    ReplyDelete
  12. Lah itu pemandangan Benteng Malborough ke arah laut ya,,, cakep euy. aku langsung membayangkan suasan sore nan syahdu disini. memandang ke lautan lepas sambil menikmati angin sore nan sepoi-sepoi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, itu pemandangan ke arah laut. Asli deh bagus mbak :)

      Delete
  13. Itu lantai bentengnya terbuat dari batu bata? Kok warnanya merah ya? Tapi manteb sih peninggalan sejarah bentengnya masih dirawat dan bisa dijadikan tempat wisata dan foto upload di instagram

    ReplyDelete
  14. Desain benteng Marlborough mengingatkan saya dg Fort Rotterdam yang sama2 seperti kura2.

    ReplyDelete
  15. Duh aku gatau tempat ini, bersalah banget :| pernah baca sih tapi ya baca doang nggak inget2 mihihi :( kapan-kapan boleh deh ke sini sambil menebus rasa bersalah dan wisata sejarah :D

    ReplyDelete
  16. Pengen banget ke benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Semoga ada kesempatan. Jadi keinget pelajaran sejarah SMA yg membahas pengasingan Bung Karno ke Bengkulu.
    Bentengnya ada ruangan yg bagus kyk gtu yaaaaaaaa, tapi penasaran sisi lainnya yg msh terjaga khas bangunan kolonialnya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera mendapatkan kesem[atan main ke sini, aamiin

      Delete
  17. Beruntungnya bisa ke benteng itu, masyarakat Bnegkulu pasti bangga banget dengan Benteng ini.
    Wow, Presiden pertama kita bisa berbahasa belanda, beliau memang hobi baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, Pak KArno pandai berbahasa Belanda dan memang hobi baca sih, kita juga pandai kok :D

      pandai jalan-jalan

      Delete
  18. Huaaaa hiks hiks.. berarti aku merasa bersalah juga dong ya karena gak tahu tempat ini. Namanya aja baru tahu. Hihihi. Apalagi ditambah belum pernah ke bengkulu. Semoga aja suatu saat bs ke bengkulu dan mampir kesini.

    Eh btw itu baju2 batiknya bagus yg dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheee...ayuk main ke sini mbak :)

      makasih

      Delete
  19. Maafkan Mbak, saya lebih mengenal benteng buatan Belanda yang ada di Jogjakarta daripada Benteng Marlborough yang ada di Bengkulu ini...hiks...hiks...
    Tapi, benteng dan bangunan-bangunan buatan Belanda, banyak yang masih kokoh berdiri ya.. arsitekturnya hebat dan bahan yang digunakan juga bagus. Makanya banyak yang masih berdiri. Saya gak kebayang,berapa banyak putih telur yang digunakan untuk membangun benteng-benteng tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh tapi mbak, ini buatan Inggris lho :)

      Delete
  20. aku beberapa kali ke bengkulu dlm rangka penyaluran bantuan kemanusiaan, biasanya di bengkulu itu bisa 7-10 hari. tapi aku ga sempet jalan jalan, pernah sih ke rmh pengasingan bung karno. cm ya sekedar lihat lihat, aku ga tahu alasan sejarah dibalik kedua bangunan ini. aiiih kesian kali aku nih. mungkin lain kali kesini bkn dlm rangka pekerjaan hahaah eh tp skrg mah udah jobless euys

    ReplyDelete
  21. Benteng marlborough aku baru denger, sedangkan rumah pengasingan bung karno karna pernah liat filmny jdi tau. Wah Bengkulu menyiman banyak tempat Indah ya

    ReplyDelete
  22. Aku tuuh.. Takut kalau ke bangunan jaman sejarah. Entah sejak kapan perasaan ini muncul..
    Suka kebayang pahit dan pedihnya jaman penjajahan. Terus mendadak merinding bagaikan nglihat hal-hal itu di depan mata.

    Heuuheuu~
    ((maaf yaa.. Kalo aneh. Jadi gimana yaa.. Kaya belum bisa nerima masa lalu gitu..))

    ReplyDelete
  23. Noted! Suatu saat saya harus ke tempat ini ... Dari dulu mupeng pengen ke benteng ini. Saya suka sejarah peninggalan jaman Belanda sm Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, harus ke sini. BTW Benteng Marlborough itu peninggalan Inggris mbak

      Delete
  24. Aku cuma tau yg rumah pengasingan nya. Baru tau kalo yg tembok Malborough. Semoga suatu hari bisa berkunjung ke Bengkulu dan mengunjungi dua tempat ini. Buku"nya dari bahasa Belanda. Hmmm... Menarik. Kalo orang jaman dulu pada bisa bahasa Belanda, kenapa gak menurun sampe ke kita ya? Kan keren kalo kita bisa bahasa Belanda juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ya, kita ga bisa. mungkin karena dulu banyak interaksi denan orang Belandanya mbak, kalau sekrang kan ga banyak orang Belanda di Indonesia (ga sebanyak pada masa penjajahan)

      Delete
  25. Arsitekturnya masih bagus ya, Mbak. Waduh aku merasa bersalah karena baru tahu kalau tempat ini adalah benteng terbesar di Asia Tenggara. Suatu saat semoga bisa menapak di benteng ini. Jalan-jalan sambil belajar pasti menyenangkan sekali. Apalagi kalau sambil pacaran, ehem, bonus kali ya. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehem ehem, yang senang ajak pacar jalan-jalan

      *ketahuan

      Delete
  26. Aku baru tahu nih kalau benteng ini terbesar di Asia tenggara. Keren banget ya kita punya benteng ini. Nanti kalau ke Bengkulu jadi must visit deh

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES