18 August 2017

Tips membeli rumah

Rumah adalah tempat seluruh anggota keluarga berkumpul. Rumah adalah tempat kita mencurahkan kasih sayang, bercanda ria, berdiskusi, menimba ilmu, mengamalkan agama, berkreasi, dan semua hal yang mau kita kerjakan. Jadi sudah seharusnya rumah kita adalah tempat yang nyaman untuk semua hal tersebut. Rumah bisa kita dapatkan dengan cara membeli atau membuat sendiri. Jika kita ingin memiliki rumah dalam jangka waktu cepat kita dapat memilih membeli sebuah rumah. Tentunya membeli sebuah rumah tidak bisa dengan sembarangan kan ya? Sebuah rumah haruslah sebuah tempat yang bisa membuat kita merasa aman dan nyaman.

Foto: pixabay.com
Sebuah rumah harusnya dapat diterima oleh semua anggota keluarga. Berikut beberapa tips membeli rumah:

1. Pastikan berapa budget atau uang yang kita miliki untuk membeli rumah 
Ini adalah hal pertama yang harus kita pastikan, kita harus menghitung degan pasti berapa uang yang dapat kita keluarkan untuk membeli sebuah rumah. Jangan pula nanti gara-gara membeli rumah kita tidak bisa lagi melakukan apa-apa.

2. Perhatikan lingkungan sekitar
Perhatikan lingkungan sekitar, jangan sampai rumah yang kita beli nanti membuat kita tidak nyaman. Contohnya jauhi rumah yang berada di dekat tempat pembuangan akhir, berada di tempat ini sama artinya dengan memperbesar kemungkinan sering mencium udara tidak segar. Jauhi rumah di dekat daerah rawan bencana. 

3. Cari tahu tentang keamanan di lingkungan calon rumah
Kita harus mencari tahu tentang keamanan di lingkungan rumah. Jika bisa, hindari rumah rawan kemalingan atau bahkan rawan tindak kejahatan lain. Tentu kita tidak mau jadi korban kejahatan atau terserempet kasus kejahatan kan ya?

4. Pastikan air minum dapat diakses dengan lancar
Ini sangat penting, yup...air minum. Kita tidak bisa hidup tanpa air. Mengapa aku di sini menyebut air minum, bukan air bersih? Karena air minumdan air bersih itu beda. Air minum memiliki arti lebih baik dari air bersih. Air minum sudah pasti bersih, tetapi air bersih belum tentu bisa diminum.

5. Pastikan sambungan listrik tersedia
Sekarang ini kita akan sudah hidup tanpa listrik, bisa memang tanpa listrik tetapi itu sama dengan kita tidak bisa mengetik, tidak bisa mengakses internet, tidak bisa menonton TV dan lainnya. Hal ini menjadikan listrik sangat penting. Pastikan sambungan listrik ke calon rumah tidak bermasalah.

6. Perhatikan tetangga sekitar calon rumah
Kita tentu tdak bisa hidup tanpa orang lain, salah satunya adalah tetangga. Kita akan sangat sering berinteraksi dengan mereka. pastikan tetangga kita adalah orang baik-baik. Pikirkan ulang jika ternyata calon tetangga kita adalah penjahat kelas dunia hmmm....

7. Cari tahu tentang akses kesehatan
Hidup aman, nyaman, sejahtera dan sehat adalah impian setiap orangUntuk memnuhi impian sehat kita harus memperhatikan penunjang kesehatan kita. Kita membutuhkan akses kesehatan, jika bisa pilihlah rumah yang memiliki akses bagus ke tempat-tempat kesehatan seperti klinik, atau puskesmas, atau rumah sakit.

8. Cari tahu tentang akses pendidikan
Pendidikan adalah kunci keberhasilan, perhatikan lokasi pendidikan untuk anak-anak. Sebaiknya kita membeli rumah yang tidak jauh dari sekolah.

9. Cari tahu tentang akses belanja 
Rumah aman dan nyaman tetapi perut kosong itu tidak nyaman lho. Kita perlu mempertimbangkan satu hal ini, yup benar sekali. Kita perlu memikirkan akses belanja keperluan dapur, keperluan tulis menulis dan sebagainya.

10. Cari tahu tentang akses komunikasi
Pulang ke rumah bukan berati kita memutus komunikasi dengan orang-orang di luar, kita harus tetap bisa berkomunikasi dengan orang luar. Perhatikan komunikasi jaringan telpon dan internet calon rumah.

11. Cari tahu tentang akses transportasi
Transportasi juga suatu hal yang penting, sangat menyulitkan jika rumah kita nanti susah dijangkau atau kita susah menjangkau dunia luar. Kita bukan ingin mengisolasi diri kan? :)

Setelah mencari tahu beberapa hal di atas dan kita menggangapnya OK, kita bisa mempertimbangkan untuk membeli sebuah rumah. Selamat membeli rumah, semoga sesuai dengan keinginan ya. Aamiin.

Zefy Arlinda

39 comments:

  1. Yup, penting sekali mengetahui kondisi sekitar rumah sebelum membelinya. Makasih informasinya...

    ReplyDelete
  2. penting semua itu, jangan ada yang terlewatkan, apalgi buat pemula

    ReplyDelete
  3. Info penting banget ini. Makasih mba sharing tipsnya

    ReplyDelete
  4. Karena jaman makin maju, akses komunikasi kudu dipikirkan juga. Kalau internetnya susah, dududu....

    Yg mau dibeli kudu jelas jg gmn kepemilikannya

    ReplyDelete
  5. bagus banget tipsnya ya.. makasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
  6. wahh betul sekali, urusan beli rumah ini memang bisa kita bolak balik puluhan kalu utk survei dan cek ricek, mulai dari fasilitas, kondisi bangunan lingkungan ampe urusan harga

    ReplyDelete
  7. Setuju mbak.. kalo saya, membeli rumah bukan hanya soal mendirikan bangunan di atas sebidang tanah.. membeli rumah sama dengan membeli lingkungan.. saya ingin anak2 saya kelak tumbuh besar di lingkungan yang baik

    ReplyDelete
  8. Penting sekali mbak poin-poin di atas diperhitungkan. Nice infonya mbak. Rumah idaman memang harus memperhatikan tipsnya mbak sebelum membelinya

    ReplyDelete
  9. Nice info mb,, bisa jadi pedoman klo mau beli rumah..

    ReplyDelete
  10. Tips di atas membantu sekali, tapi ada tambahan penting. Yaitu pastikan jalur pembuangan air tidak tergenang ataupun tertutup. Nanti bakalan pusing kalo ternyata mampet dan lain sebagainya hehehe.

    ReplyDelete
  11. Kebetulan akhir tahun kemaren habis beli rumah, dan 11 poin diatas sudah termasuk didalamnya... Semoga saja betah ��

    ReplyDelete
  12. terima kasih atas informasinya mba. kebetulan banget ini saya dan istri baru mencari-cari rumah juga.. dari beberapa point diatas, paling penting dan harus dipentingkan adalah budget. jangan sampai beli rumah yang malah bisa membuat hidup kita penuh dengan hutang

    ReplyDelete
  13. Awalnya, rumah keinginanku wajib dekat dengan tenpa ibadah ((masjid)).
    Jadi paling tidak, anak-anak terbiasa dengan lingkungan mengaji dan segala aktivitas dakwah. Jadi gak terasing.

    Alhamdulillah,
    keinginan diijabah.

    Rumah dengan lingkungan yang baik dan dekat masjid. Bahkan diapit 2 masjid.
    Jadi reminder terus buat kami sekeluarga.

    ReplyDelete
  14. makanya ya mba kalau kata orang beli rumah kayak jodoh-jodohan juga. Soalnya untuk seumur hidup jd harus banyak yang dipertimbangkan.

    ReplyDelete
  15. Wah mantep banget tipsnya lengkapp. Makasih ya mba, kebetulan lagi cari2 rumah. Asyek bisa jadi acuan aku pas maj beli besok

    ReplyDelete
  16. bener banget
    klu sy karena daerah yang agak susah air, yg utama itu air bersihnya
    alhamdulillah tempat sy airnya bersih dan ga bau

    ReplyDelete
  17. Almarhumah nenekku bilang kalau beli rumah kaya cari jodoh, cocok2an. Kalau aku nambah list pengen rumah deket mesjid dan bebas banjir.
    Hihi tapi kapan punya nya

    ReplyDelete
  18. Iya, membeli rumah harus dipikirkan masak-masak. Enggak boleh terburu-buru. Alasan aku beli tempat tinggal sekarang yang meski masih di komplek yang sama dengan sebelumnya adalah, enggak akan kebanjian. Soalnya rumah yang lama kalau hujan air masuk karena rumah lebih rendah dari jalan, rumah yang sekarang kebalikannya.
    Terima kasih tipsnya, Mbak.

    ReplyDelete
  19. Keamanan dan kenyamanan buat yang ingin beli rumah baru wajib diketahui betul betul tuh sebelum terlambat. Apalagi harga rumah tidaklah murah jadi kita harus ketahui betul betul rumah yang ingin kita beli

    ReplyDelete
  20. Wah emang kl mau membeli rumah, harus byk bgt yg diperhatiin ya. Lingkungan sekitar tuh penting sih, tetangganyay gmn, kl perlu dtg scr random pas di jam2 berbeda, biar bs tau situasinya gmn hahaha.

    ReplyDelete
  21. Skrg bnyak perumahan yg dbangun di daerah pinggiran kota,kdang akses kendaraanya, tp dperkotaan udah agak susah ya mahal pula. Makasih tipsny semoga aku nanti bsa memilih dan dpet rumah impian dgn lingkungan yg baik.

    ReplyDelete
  22. Poin-poin yang disebutin memang penting semua ya Mbak untuk diperhatikan saat akan beli rumah. Kalau saya, selain itu semua juga nyari yg bukan di daerah yg sering kena banjir. Hehehe. Soalnya bayangin rumah kebanjiran itu udah sussahhh :)

    ReplyDelete
  23. Cari tahu surat2nya dan developernya terpercaya apa gak juga huhuhu pengalaman pernah ngalamin kejadian gk enak sama developer soalnya :(

    Btw thx tipsnya, saya jg selalu milih yg akses kendaraannnya/ jalannya mudah buat mobilisasi ke kantor :D

    ReplyDelete
  24. Pastikan juga tanahnya suci enggaj ternoda biar enggak angker. Soalnya serem kalau sampe teledor enggak dicek.

    ReplyDelete
  25. Ini semua tipsnya pas dan berguna banget. Mulai dari lingkungan, air minum sampai listrik. Harus pintar"ya pilih rumah, dan beruntungnya sekarang ada KPR.

    ReplyDelete
  26. Banyak juga ya yang mesti diperhatikan benar-benar saat mau beli rumah. Dan... penting banget sih semuanya jadi gak ada yang bisa dilewatin. Pengin nabung beli rumah, tapi nunggu ada yang mau jadi kepala rumah tangganya dulu ah. Eh gimana? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, gitu hehheee...

      semoga segera bertemu dengan kepala rumah tangganya ya mbak, aamiin

      Delete
  27. Bagus tipsny, jadi mau mentargetkan untuk se detil mungkin pokkny

    ReplyDelete
  28. Keren tipsnya. Terutama tentang air, air minum pasti bersih. Air bersih belum tentu bisa diminum. Sering kan perumahan terletak di bekas sawah. Seringnya airnya bau besi...Makasih ya tipsnya. Salam kenal.

    ReplyDelete
  29. eh ia, makasih semuanya, sudah mampir ke sini

    ReplyDelete
  30. Wah ulasannya kompliiit ya mbak Zefy. Listrik dan air itu paling ga boleh dinomorduakan. Ibarat urat nadi rumah tuh hehehe.

    ReplyDelete
  31. sumur dan akses jalan itu yang paling penting deh

    ReplyDelete
  32. Wah komplit banget tipsnya. Saya sih selalu fokus ke lingkungan sekitarnya. Kalau suasananya bagus, pasti rasanya lebih enak buat ditinggalin.

    ReplyDelete
  33. Wuihhhh lengkap banget mba infonya, berguna banget ini untuk yang kepengen beli rumah

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES