Saturday, 15 July 2017

Aku Bangga Jadi Bagian dari Blogger Bengkulu

Apa kabar semuanya?

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu beruntung ya, aamiin. 

Okeh, kali ini kita akan cerita-cerita tentang komunitasku tercinta. Ada yang tahu? Iyap, komunitas Blogger Bengkulu alias BoBe. Sepertinya aku tidak akan pernah bosan cerita tentang Blogger Bengkulu. Apalagi ini dalam suasana milad BoBe yang pertama, jadi kita akan bahas-bahas dulu tentang BoBe.

Logo BoBe

Mengapa gabung di komunitas Blogger Bengkulu?
Bagus nih pertanyaan. Jadi ceritanya aku ngeblog dari tahun 2009. Pada waktu itu aku adalah seorang mahasiswi yang bersemangat dan sangat tertarik dengan blog. Tapi.....tapi....tapi......aku belum menemukan komunitas blog di Bengkulu. Apa di Bengkulu tidak ada orang yang ngeblog? Ini jelas tidak mungkin, warga Bengkulu yang ngeblog pasti banyak.

Aku dan teman-teman dari UNIB pernah mencoba mengajak orang-orang untuk membuat komunitas blogger di Bengkulu. Orang-orang yang kami ajak adalah para mahasiswa. Tetapi hasilnya nihil, setiap diajak ketemuan mereka tidak bisa. Kecewa rasanya, padahal berharap bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Kesalahan kami pada waktu itu adalah salah sasaran promosi. Kami hanya mengajak para mahasiswa. Padahal kan yang ngeblog bisa dari kecil sampai besar.

Tahun 2016 aku ikutan acara blogger nongkrong bareng Kompasiana dan BKKBN Bengkulu. Acara seru itu berujung dengan dibentuknya komunitas Blogger Bengkulu. Pastinya aku langsng ikutan gabung, ini adalah komunitas yang aku cari sejak dulu. 


BoBe untuk Bengkulu
Pada tahun 2009 aku pergi mewakili Bengkulu untuk mengikuti acara konferensi energi mahasiswa di ITB. Banyak hal lucu terjadi di sini. Ternyata Bengkulu belum dikenal dengan orang-orang. Ayolah, Bengkulu adalah sebuah provinsi lho, kok banyak yang tidak tahu, ini sangat tidak lucu. 

Contoh pertanyaan-pertanyaan lucu tentang Bengkulu yang sering muncul jika kalian ikut ajang nasional:

1. Bengkulu itu Sulawesi bagian mana ya?
Hahahhaaaa.....ayolah, rasanya geli dengar pertanyaan ini. Bengkulu itu adalah sebuah provinsi indah di barat Pulau Sumatera. Bengkulu memiliki begitu banyak wisata alam, budaya dan sejarah.

2. Bengkulu itu daerah di Kalimantan ya?
Ini pertanyaan juga sama lucunya. Jadi ternyata Bengkulu seriing dikira merupakan bagian dari pulau Kalimantan atau Sulawesi. Okeh, ini suatu hal yang harus segera diperbaiki.

3. Em, Bengkulu? Dimana itu?
Pertanyaan yang ke-3 ini juga sama gelinya dengan 2 pertanyaan di atas. Kalau pertanyaan satu dan dua merupakan hasil tebakan jitu tetapi salah dari para penanya. Sedangkan pertanyaan ke-3 ini adalah ungkapan kejujuran hehehee......si penanya jujur kalau dia tidak tahu dimana itu Bengkulu.

4. Bengkulu itu kabupaten ya?
Dengar pertanyaan ini aku tinggal elus dada. Pertanyaan yang sama parah, orang bahkan tidak tahu kalau Bengkulu adalah sebuah provinsi.

Pertanyaan-pertanyaan sejenis itu bukan hanya muncul saat aku ikutan ajang nasional. Tetapi juga "sangat" sering muncul di dunia maya. Hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan oleh masyarakat Bengkulu. Masyarakat Bengkulu harus ikut mempromosikan Bengkulu, kita harus kenalkan Bengkulu ke orang-orang. Orang-orang harus tahu kalau Bengkulu itu ada. Orang-orang harus tahu kalau di Pantai Barat Pulau Sumatera ada sebuah Provinsi bernama Bengkulu, provinsi cantik yang indah, penuh nilai sejarah dan warganya imut-imut nan baik hati seperti aku lho.

Salah satu tempat wisata di Bengkulu
Selain itu Bobe memang hadir untuk promosi dan mendukung pembangunan Bengkulu. Kalau bukan kita siapa lagi kan ya. Kita warga Bengkulu tentu sangat kenal Bengkulu. Banyak hal yang kita tahu tentang Bengkulu, kalau itu untuk kebaikan mengapa tidak kita tulis. Siapa tahu tulisan kita bisa bermanfaat untuk Bengkulu dan banyak orang.

Cerita pengalaman suka suka gabung dan jadi bagian Bloggerbengkulu
Sejauh ini gabung di BoBe isinya suka semua, satu-satunya duka adalah mengapa komunitas ini tidak terbentuk sejak lama. Ini ya aku ceritakan sebagian.
1. Teman-teman baru
Aku banyak dapat teman dari Blogger Bengkulu. Teman-temanku sekarang semakin beragam, ada mahasiswa, pelajar, guru, dosen, PNS, karyawan swasta, pengusaha dan sebagainya. 

2. Ilmu baru
Blogger Bengkulu itu ada grupnya di FB dan WA, kita sering membahas tentang dunia blog di sana. Jika benar-benar mengikuti banyak ilmu baru tentang blog yang akan kita dapat.

3. Meningkatnya kualitas blog
Seiring berjalannya waktu blog semakin meningkat kualitasnya. Hal ini dipengaruhi dengan ilmu tentang dunia blogging yang semakin bertambah. Ditambah dengan saling kunjungi antar anggota yang bisa meningkatkan nilai blog kita yang contohnya bisa dilihat dari nilai DA dan PA blog.

4. Saling mendukung
kadang-kadang rasa malas menulis itu datang mampir. Ia lho, mampir-mampir seenaknya. Kalau dulu sebelum gabung ke komunitas, disaat dihampiri rasa malas menulis aku bisa meninggalkan blog sampai berbulan-bulan ehheheee......ya itu, malas (jangan ditiru). Sangat berbeda dengan sekarang, kita saling mendukung untuk menulis. 

5. Bisa ikut mengenalkan Bengkulu
Seperti yang aku ceritakan tadi, sebagai warga Bengkulu aku harus ikutan mempromosikan Bengkulu. Begitu pula dengan komitmen teman-teman Blogger Bengkulu. Kita sama-sama mengenalkan Bengkulu ke orang-orang.

6. Menambah isi kantong
Ternyata ngeblog dengan serius itu bisa menambah isi kantong mu lho hehehee..... seiring berjalannya waktu bergabung di BoBe blogku semakin berbenah diri. Terus si job berdatangan dengan sendirinya. Silahkan dicoba :D

Rasanya jadi Blogger Bengkulu?
Kalau ditanya bagaimana rasanya jadi Blogger Bengkulu jawabannya singkat, "aku bangga jadi Blogger Bengkulu".


#AkuBloggerBengkulu

Zefy Arlinda, ST


Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan dari Blogger Bengkulu untuk #Nulisserempak #AkuBloggerBengkulu

Baca juga:
KUE YANG AKU RINDUKAN SAAT LEBARAN DI BENGKULU

8 comments:

  1. Aku Juga Bangga Bisa Join di Blogger Bengkulu, sukses selalu buat kita semua

    ReplyDelete
  2. Tugas kita untuk menyuarakan Bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, benar. Kalau bukan Kita siapa lagi

      Delete
  3. Ooohhhh bener ya Bengkulu itu ada di Pantai Selatan Pulau Sumatera hehehe aku juga suka lupa2 ingat... mbak banyak ya kegiatannya ikutan event bareng blogger, ada dari BKKBN dll. Sebagai Bobe pasti bangga ya. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Barat Sumatera Mbak hehehheeee. Pastinya, sebenarnya lebih tepat kalau Kita bilang bahagia mungkin

      Delete
  4. sama, bangga untuk makin memperkenalkan Bengkulu. Tapi emang terlalu orang2 yg masih pake nanya "Bengkulu itu dimana ya?" emang tuh orang pelajaran geografinya dulu dapat angka berapa sih? please dah..kan dari SD ampe bongkotan lulus SMA ada noh di pelajari terus, petanya juga guede guede...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mas prio, mereka sepertinya perlu belajar geografi Lagi deh :D

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES