Monday, 12 June 2017

Tulisan Panjang atau Pendek?

Tulisan blog yang bagus itu yang bagaimana sih?

Tulisan yang panjang atau pendek?

Aku sering kali menemukan sebuah lomba yang mensyaratkan sebuah tulisan blog itu minimal sebanyak 500 kata. Ada juga yang pernah keceplosan bilang, "pendek sekali tulisannya, ga bisa panjangan apa?". Aku sebagai pemula jadi bertanya-tanya, jadi tulisan yang bagus itu adalah tulisan dengan panjang minimal 500 kata ya? Berarti tulisan pendek itu jelek ya?
hmmm......jadi mikir dalam hati.

Aku mulai banyak membaca tulisan-tulisan panjang dan pendek di blog-blog teman-teman blogger.

Sering berjalannya waktu aku memiliki sebuah kesimpulan sendiri. Menurutku sebuah tulisan yang bagus adalah sebuah tulisan yang bermanfaat untuk banyak orang, sebuah tulisan yang menginspirasi. Jadi sepanjang apapun tulisan kita kalau tidak bermanfaat ya kurang bagus. Tulisan yang panjang dan membosankan juga kurang diminati. Aku memiliki sebuah kesimpulan lagi. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang menyenangkan saat dibaca. Untuk apa kita membaca kalau bacaan yang kita baca malah membuat stres heheee...ia kan? Benar kan? Karena pernah pada suatu saat aku membaca sebuah tulisan yang panjang sekali dan membosankan. Alih-alih mendapatkan sebuah ilmu dari sana, aku malah pindah halaman saat masih erada pada tengah bacaan.

Aku harus banyak belajar mengenai cara menulis yang baik dan benar.

Bagaimana menurut kalian?

14 comments:

  1. tulisan yang kita tulis harus inspiratif menarik untuk di baca, nah ini kesulitan saya sebagai newbi, hehehe

    ReplyDelete
  2. yapz bener tu tulisan yang bagus itu bukan pada panjang atau pendeknya tulisan, yang terpenting tulisan itu sesuai kebutuhan pembaca dan bermanfaat tentunya.

    ReplyDelete
  3. menulis itu sulit bagi aku. jadi panjang tulisan ku sebisa aku aja. hehe..

    ReplyDelete
  4. Kalau artikel ini bearti termasuk Tulisan Pendek yang bermanaat

    ReplyDelete
  5. Tulisan pendek kalu berbobot itu pasti bagus dibandingkan dg panjang tapi ngalor-ngidul ga jelas. Namun ada baiknya juga tulisan panjang yang bagus bisa memanjakan pembaca jadi suka berkunjung ke blog kita ��

    ReplyDelete
  6. wah pendek aja deh, biar gak mengas bacanya hehehe

    ReplyDelete
  7. Panjang pendek yang penting perhatikan tajwidnya, eh. Tp bener, Tulisan yang keren itu yang bisa memanjakan pembacanya, dan aku masih belajar. Salam kenal Mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh, yang jelas sebaiknya bermanfaat kan ya :)

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES