25 May 2017

Tradisi Ngeresayo dari Seluma Bengkulu


Ada yang pernah mendengar tentang tradisi "NGERESAYO"?

Mungkin sudah pernah ada yang mendengar ya, tapi yuk sama-sama kita ulas sedikit tentang tradisi ngeresayo dari Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Jadi, tradisi ngeresayo adalah tradisi gotong-royong alias saling membantu di Kabupaten Seluma. Hmm....betul, gotong-royong. Kalau mau lihat gotong royong ala-ala masyarakat Seluma, kita bisa lihat tradisi ngeresayo.

Bagaimana sih tradisi ngeresayo itu?

Jadi, ngeresayo dilaksanakan disaat ada pekerjaan besar yang harus cepat diselesaikan sehingga memerlukan orang banyak. Biasanya tradisi ini dilaksanakan saat menanam dan memanen padi serta saat membuat rumah.Saat ngeresayo diperlukan si empu pekerjaan akan mengundang para tetangga untuk ikut ngeresayo. Misalnya Pak Lohan ingin menanami padi di sawahnya, maka Pak Lohanlah yang mengundang orang-orang untuk membantunya menanam padi. Nanti Pak Lohan menyiapkan makan siang dan cemilan saat bekerja.

Perlu dikertahui bahwa ngeresayo itu gratis. Si pemilik pekerjaan tidak perlu membayar orang-orang yang membantunya bekerja, dia hanya cukup menyediakan makanan saja.

Ngeresayo sebagai perekat tali silaturahmi

Saling membantu dan bekerjasama bisa mempererat tali silaturahmi kita. Kadangkala kita sibuk dengan urusan masing-masing jadi tidak sempat berkumpul dengan saudara dan jiran tetangga, ngeresayo adalah momen yang pas untuk berkumpul.

Ngeresayo sebagai peringatan

Ia, sebagai peringatan. Karena biasanya orang yang malas datang ke acara ngeresayo orang-orang akan sulit melaksanakan ngeresayo. Ini peringatan bersama bahwa kita harus peduli dengan saudara dan tetangga kita. Kita adalah makhluk sosial, kita membutuhkan orang lain.

Tradisi yang sangat baik untuk dilestarikan. Sayang sekarang tradisi ini sudah sangat sangat sangat jarang. Orang-orang lebih memilih membayar orang untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka.


6 comments:

  1. Wah keren banget tradisi gotong royong gini harus dilestarikan ya...

    ReplyDelete
  2. Wah 'ngerasayo' kalo di Jakarta ga mungkin ya...masih bagus di Bengkulu ada alhamdulillaah hehehe. paling orang2 yg berumur/ lebih tua yang masih melaksanakan 'ngerasayo' ya mbak Zefy ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak, kayaknya yang udah tua-tua deh :)

      Delete
  3. Replies
    1. ia, tradisi saling gotong royong :)

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES