Wednesday, 3 May 2017

Nikmatnya Pisang Salai dari Bengkulu

Seperti yang sudah pernah aku ceritakan dulu, aku ini adalah salah satu penggila makanan tradisional Indonesia. Mungkin karena asli Indonesia kali yah. Kebayanglah kalian betapa bahagianya aku sewaktu acara kopi darat (kopdar) Blogger Bengkulu (Bobe) ke-9 30 April lalu. Acara kopi darat kami diadakan di Ruang Raflesia Kantor Gubernur Bengkulu, ceritanya nih ini disediakan oleh Media Center Provinsi Bengkulu.

Acara kopi darat kami juga lebih spesial karena kedatangan Ibu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah rovinsi Bengkulu beserta Bapak/Ibu penggiat usaha kreatif di Bengkulu, mereka membawa makanan tradisional asikkkkkk....

Salah satu makanan yang aku dapat adalah pisang salai.

Tahu kan pisang salai?


Pisang salai adalah cemilan yang terbuat dari pisang. Ia, benar pisang. Buah kaya manfaat yang namanya disebut di Al Quran dan katanya ada di Surga nanti. Pisang salai itu dibuat dengan cara mengeringkan buah pisang (biasanya pisang jantan) yang sudah masak. Setelah kering pisang dibalur tepung yang sudah diberi garam lalu digoreng. Sekarang pisang salai juga sudah mulai ada variasinya, contohnya ada rasa coklat dan keju.

Oh ia, pisang salai kan terbuat dari pisang, yuk kita bahas sekilas kandungan yang ada di pisang.

Jadi apa sih kandungan buah pisang?
Buah pisang mengandung viatamin A, B1, B1, B2, B6, C, D, Z, juga mengandung air, gula, protein, sedikit lemak dan minyak, selulosa, kalsium, fosfor, zat besi, sodium, kalium, magnesium dan seng. Cukup lengkap kan?

Manfaat pisang 
1. Mencegah penyakit jantung
2. Baik untuk kesehatan janin
3. Melancarkan pencernaan
4. Obat tekanan darh tinggi
5. Meningkatkan kekebalan tubuh


Bagus sekali kan kandungan dan manfaat buah pisang? Nah sebagai hasil olahan dari pisang maka pisang salai akan memiliki kandungan dan manfaat yang tak jauh berbeda sepertinya. Ok, fix aku akan sering-sering makan pisang salai. 

Pisang salai itu rasanya manis, gurih dan ada sedikit asam. Aku suka sekali, aku bisanya menikmati pisang salai engan segelas teh. Behhh....nikmat mana lagi yang kamu dustakan, pisang salai itu enak, apalagi kalau tidak memakai bahan pengawet.

Kalau mau cicip pisang salai enak dari Bengkulu kalian bisa pesan di:
Koperasi Sahabat Kita
Desa Pondok Kubang
Kecamatan Pondok Kubang
Bengkulu Tengah
No. HP 085268968262

Atau kalian bisa datang ke sentra oleh-oleh Bengkulu di Jl. Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu. Kalian bisa jadikan pisang salai ini sebagai oleh-oleh dari Bengkulu :)

Sudah pernah ke Bengkulu kan?

Baca juga 7 Most Wanted Gifts From Bengkulu

10 comments:

  1. ternyata orang kita kreatif ya, biar nilai jual pisang jadi lebih tinggi. enak pula. aku suka, he..he...

    ReplyDelete
  2. banyak manfaat salai pisang ya yuk...
    berarti bagus juga saya suka makan salai pisang selama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntr kalau ke Bengkulu belila pisang salai banyak-banyak

      Delete
  3. haduuh,, saya suka sekali neh pisang salainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, gimana kalau lomba makan pisang salai (*gratisan)? heheeee

      Delete
  4. Gw juga penggemar salai pisang buat nemenin Blogging.

    ReplyDelete
  5. Suka banget loh ama pisang salai, aku suka aku suka :)

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES