Wednesday, 31 May 2017

Masjid di Dekat Lokasi Wisata Kota Bengkulu

Hayo aku mau tanya nih, kalau jalan-jalan ke tempat wisata di suatu daerah kalian tidak lupa sholat kan ya? Alhamdulillah kalau begitu. Ga lucu kalau gara-gara sibuk jalan-jalan kita jadi lupa sholat. Jadi ceritanya berkenaan dengan sholat nih, kita akan membahas tentang masjid-masjid di dekat lokasi wisata di Kota Bengkulu. Mengapa membahas masjid di kitaran lokasi wisata di Kota Bengkulu? Karena siapa tahu nanti teman-teman pembaca main ke Bengkulu dan mampir ke tempat wisatanya, jadi sewaktu nanti mau sholat kita sudah tahu dimana lokasi masjid terdekat.

Apa saja nama masjid-masjid tersebut?

1. Masjid Al Muhajirin
Masjid ini adalah masjid terdekat dari lokasi Pantai Pasir Putih. masjid ini berada sekitar 500 meter dari tempat wisata Pasir Putih. Kalau kita dari depan Hotel Pasir Putih kita tinggal belok ke kiri arah ke perumahan Kedaton Residence. Nanti sebelum tanjakan ada masjid di sebelah kanan. Masjid ini berada persis di sebelah hutan bakau lapangan sepak bola di samping hotel Pasir Putih.

Masjid Al Muhajirin
Sholat di masjid ini adem sekali, karena masjid ini memang dibuat tidak berdinding dan berada di samping hutan bakau yang tentu berada di atas air. Ini juga artinya tempat wudhu insyaallah selalu ada airnya. Lalu bagi cewek-cewek yang biasa menggunakan mukenah dan kebetulan mukenahnya tinggal jangan khawatir, di masjid ini sudah tersedia mukenah.

Pasir Putih di Sore Hari

2. Masjid Al Muttaqien (Muhammadiah Bengkulu)
Ini adalah masjid di dekat lokasi wisata Tapak Paderi, Benteng Marlborough, Tugu Thomas Pahr,  Sandal jodoh, Sandal Cinta. Kalau kita dari arah benteng Marlborough, Sandal Cinta, Sandal Jodoh, atau Rumah Gubernur, atau lapangan tugu, kita tinggal mengarah ke tugu Thomas Pahr, nanti dari Tugu Thomas Pahr kita tinggal belok ke kanan (agak turunan). Kita akan menemukan Jalan pendakian, nah...masjid ini berada persis di sebelah Jalan Pendakian.

Masjid Al Muttaqien
Kalau bertanya dengan warga Bengkulu (umur 30 ke atas) yang hobi koleksi emas mereka akan paham dengan Jalan Pendakian. Karena di situ ada ada sebuah toko emas tempat para ibu-ibu dulu membeli emas, walau sekarang tidak setenar dulu lagi kerena sudah muncul para kompetitor baru.

Masjid ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama berfungsi sebagai tempat anak-anak belajar mengaji dan berbagai kegiatan lain. Lantai kedua adalah tempat sholat.

Tempat wudhu ada di bagian belakang. Tempat wudhu cowok ada di dekat jalan masuk dan tempat wudhu cewek berada di sebelahnya, di depan tempat wudhu ada tangga ke lantai 2. Seusai solat coba deh lihat pemandangan di luar jendela lantai 2, kita bisa melihat Kampung Cina dari situ. Pemandangan yang disajikan indah.

Sandal Cinta Bengkulu, Model (Redho, Olan dan Robert) sedangkan Aku Kebagian Jadi Fotografer

Sewaktu pemotretan kemarin ternyata masjid sedang direnovasi. Semoga nanti bisa lebih cantik ya, aamiin. Untuk fasilitas mukenah, sarung dan Al Qur'an tersedia buanyak. Jadi untuk para cewek jangan khawatir kalau mukenah tinggal. Untuk para cowok jangan khawatir jika datang ke sana dalam keadaan bercelana pendek, di sana menyediakan sarung. Hal ini aku ceritakan karena teringat dulu Aku, Rina, Ernila dan Tarmizi sewaktu sedang jalan-jalan di kitaran tugu sudah memasuki waktu sholat. Si Tarmizi mengenakan celana pendek, maklumlah ya mahasiswa ketche heheee... Untung masjid meyediakan sarung untuk sholat, jadi Tarmizi bisa ikutan sholat dengan kami.


3. Masjid Baitul Hamdi
Masjid ini adalah masjid di pinggir jalan saat kita menyusuri jalan dari kawasan Benteng Marlborough menuju ke rumah pengasingan Bung Karno. Kalau dari kawasan Benteng Marlborough masjid ini ada di sebelah kanan jalan, di samping masid ada gang yang Kelurahan Sumur Meleleh dan pantai.

Tempat wudhu masjid ini terdapat di bagian samping, tempat wudhu cowok ada di atas dan tempat wudhu wanita di bagian bawah.


Sayang sewaktu ambil foto sedang ada yang bakar-bakar sampah ya, jadi fotonya agak diwarnai noda-noda yang tak sedap dipandang mata.

4. Masjid AL Barokah
Masjid tepat di depan lokasi wisata Hutan Mangroove, Kampung Sejahtera, Kelurahan Sumber Jaya. Ia nih, ini adalah masjid yang lokasinya satu komplek dengan wisata kekinian Kota Bengkulu. Jadi jika berwisata ke hutan mangroove Kampung Sejahtera, kita tidak akan susah-susah mencari masjid ini.

Masjid Al Barokah

Aku dan Si Adek yang Nekat Menolak Diajak Foto di Lokasi Wisata Hutan Mangroove Kampung Sejahtera

5. Masjid Al Isra'
Ini adalah masjid yang berada di depan Rumah Pengasingan Bung Karno. Tempat wudhu ada di luar dan di dalam masjid. Di luar masjid ada tempat wudhu untuk cewek dan cowok tetapi di bagian dalam bisanya digunakan untuk cewek saja. Jika kalian ingin mencari ukenah di masjid ini jangan  heran jika kalian tidka menemukannya di bagian utama masjid. Mukenah ada di dalam lemari gantung di samping tempat mengambil wudhu di dalam masjid.

Masjid dengan fasilitas 6 buah AC ini adalah salah satu masjid favorit aku karena adem heheee...... Kami biasa solat di sini, sebagai informasi kantorku (kantor KOTAKU) berada tepat di depan masjid. Kalau ada yang ke sini hubungin yah, jangan lupa bawa oleh-oleh.

Masjid Al Isra

Sempatin Foto di Masjid Al Isra Sepulang Makan-makan Ulang Tahun Rina. Dari Kiri ke Kanan: Rina, Aku, Ipo
Karena masjid favorit selain sewaktu ngantor aku juga biasanya kalau jalan-jalan dengan teman mampirnya ke masjid ini. Masjid ini adem dan nyaman.

6. Masjid di dekat lokasi wisata Pantai Panjang
Berada tepat di depan kantor camat Ratu Samban, di samping Bencoolen Mall. Sebenarnya di dalam mall ada tempat sholat di lantai dua. Tapi taulah ya masjid di dalam mall, sempit dan sedikit kurang sedap baunya karena kurang sirkulasi udara. Jadi masjid di depan kantor camat ini bisa jadi pilihan saat jalan-jalan ke Pantai Panjang atau ke Bencoolen Mall.
Masjid Depan Kantor Camat ratu Samban, Sebelah Bencoolen Mall

Mimim, Putri dan Aku di Pantai Panjang

Oh ia, jika kalian jalan ke Bengkulu dan mencari masjid-masjid ini tetapi keterangan yang aku beri dianggap belum akurat dan bingung carinya. Kalian bisa tanya langsung ke warga yang berseliweran di sekitar kalian. Insyaallah jika mereka tahu mereka akan membantu kalian menemukan masjid-masjid ini, karena warga Bengkulu itu baik-baik dan ramah-ramah. Jalan-jalan ke Bengkulu yuk :)

Eh ia, selain masjid di dekat lokasi wisata, ada juga masjid bernilai sejarah di Kota Bengkulu. Masjid bernilai sejarah itu adalah Masjid Jamik yang merupakan bukti sejarah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Ulasan tentang masjid jamik ada di tulisan "Masjid jamik Bengkulu, Masjid Kebanggaan Masyarakat Bengkulu".

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #nulisserempak dari Blogger Bengkulu tentang #masjiddibengkulu.

28 comments:

  1. Semoga saja masjidnya makin ramai ya mbak..
    dan banyak para wisatawan yg invest tabungan akherat di sana..
    Amiinn :)

    ReplyDelete
  2. Masjid al Isra' adem,, tempat ny lebih khusu'..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, senang kalau sholat di sana :)

      Delete
  3. Terbantu banget kalau ada fasilitas masjid di tempat wisata...
    Btw masjid al isra jg faviorite aku hehe
    Sering kesana kalau lagi kontrol di klinik sebelahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kan, betul....jadi favorit banyak orang :)
      adem gitu

      Delete
  4. jadi lebih enak berwisata kalau wisatanya dekat masjid, jadi pas waktu sholat bisa ikut sholat dan tepat waktu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak, enak jadinya, kalau solatnya 5 waktu walaupun sedang traveling hati berasa damai

      Delete
  5. nah cucok nih buat panduan kalo lagi ngebolang di Kota Bengkulu yah , infonya joss mb, salam kopi Bengkulu hehehe

    ReplyDelete
  6. Setengah dari masjid itu udh di jejali. hehhe

    ReplyDelete
  7. sudah banyak masjid.. semoga ga ada yang tinggal2 sholatnya karena jalan2.. aamiin..

    ReplyDelete
  8. Wah info baru lagi nih . . Jadi nggak bingung jika jlan2 kebengkulu dan ttap ingin ibadah

    ReplyDelete
  9. Ada beberapa masjid yg kamar mandi nya kurang terawat..klo wudhu kadang mesti campur dg jamaah laki-laki nya..
    Mudah-mudahan​ ke depan bisa lbh baik

    ReplyDelete
  10. asyik berwisata, jangan lupa waktu salat yaaa

    ReplyDelete
  11. Weh..Seru ya wisata mesjid ya kali ini jadi tau mesjid di Bengkulu

    ReplyDelete
  12. Semoga semakin banyak ya mbak yang mau ke masjid. Hasil jepretannya keren2 mbak.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES