Monday, 1 May 2017

7 MOST WANTED GIFTS FROM BENGKULU

Sudah pernah ke Bengkulu kan? Atau paling tidak sudah pernah dengar tentang Bengkulu kan ya?

Iyap, benar sekali. Bengkulu adalah sebuah provinsi di pantai barat Pulau Sumatera Indonesia.

Sebuah provinsi yang kaya akan lokasi wisata, di Bengkulu kita bisa menemukan wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata sejarah. Apalagi di Kota Bengkulu, Kota Bengkulu layak disebut sebagai sebuah kota wisata sejarah. Kota Bengkulu menyajikan indahnya wisata Benteng Marlborough, sebuah benteng terbesar di Asia Tenggara. Tak jauh dari benteng ada sebuah tugu yang biasa disebut tugu Thomas Phar. Ada juga sebuah pemakaman yang cantik sehingga sering difoto-foto orang, jauh dari kesan seram, betul seklai yang dimaksud aku adalah makan Inggris. Bengkulu juga merupakan tempat pengasingan Bung Karno sewaktu masa perjuangan kemerdekaan, di Bengkulu pula mantan presiden RI tersebut bertemu dengan Ibu Negara Indonesia yang pertama, Ibu Fatmawati. Jadi di Bengkulu ada rumah pengasingan Bung Karno, ada rumah Ibu Fatmawati berikut bukti-bukti sejarah. Kesimpulannya merugilah orang yang belum pernah ke Bengkulu.

Kalau ke Bengkulu kita harus membeli oleh-oleh kan ya, bayangkan wajah bahagia orang-orang kesayangan saat menerima oleh-oleh kita. Menurut aku ada 7 oleh-oleh yang sangat dinginkan dari Bengkulu, alias harus dibeli saat ke Bengkulu.


Itulah mengapa aku membuat judul 7 most wanted gifts form Bengkulu, 7 oleh-oleh tersebut adalah:

1. Gula Semut Aren
Penghasil gula semut aren yang enka dari Bengkulu adalah "Sari Aren", Rejang Lebong. Gula aren ini berbulir seperti pasir, sangat cocok untuk pembuatan kue kering, pemanis minuman atau lainnya. kalau aku biasanya menggunakan gula semut aren untuk bahan pembuatan kue kering gula semut.

2. Kerupuk Gurita
Jadi Kaur adalah penghasil gurita yang terkenal. Iyap, Gurita, jadi para penggera ekonomi kreatif di kaur memanfaatkan hal ini dengna membuat kerupuk gurita. Kerupuk gurita terbuat dari tepung terigu, tapioka, rempah-rempah, penyedap, garam.pedas, asin. Adapun alamat produsen kerupuk gurita adalah Jl. Desa Jembatan Dua, Kec. Kaur Selatan. 

3. Sirup Jeruk Kalamansi Sahabat Kita
Bengkulu memang terkenal dengan jeruk kalamansinya, tak heran kalau banyak produsen sirup jeruk kalamansi yang bermunculan. Salah satu produsen sirup jeruk kalamansi yang terkenal dari Bengkulu adalah Sirup Kalamansi Koperasi Sahabat Kita yang beralamat di Desa Pondok Kubang, Bengkulu Tengah. Sirup kalamansi sangat cocok disajikan dingin. 
Bagi yang ingin menghubungi produsen bisa telpon ke nomor 0852 6896 8262.

4. Keripik Ikan Beledang Pelangi Food
Bengkulu kan daerah pesisir pantai jadi Bengkulu banyak menghasilkan ikan. Salah satu olahan laut adalah keripik Ikan beledang. Keripik ikan beledang terbuat dari ikan beledang, tepung beras, bawang putih, ketumbar, garam, daun jeruk, dan bumbu dapur. Jamin deh, ini sangat cocok dijadikan cemilan ataupun lauk makan. Alamat produsen keripik ikan beledang di Bengkulu ada di Jl. Nuri RT. 5 No. 5 Kelurahan Kebun Gerand, telp (0736) 27529, HP 0812 7847 0473.

5. Pisang Salai
Cemmilan yang enak dari Bengkulu salah satunya adalah pisang salai. Pisang yang dikeringkan lalu digoreng ini terbuat dari pisang jantan, tepung beras, garam, minyak goreng, coklat atau keju. Coba sajikan bersama dengan teh atau kopi dijamin membuat ketagihan. Salah satu produsen ppisang salai di Bengkulu adalah Koperasi Sahabat Kita yang beralamat di Desa Pondok Kubang, Bengkulu Tengah, No. HP. 0852 6896 8262.

6. Ikan Kering JN
Selain bisa membawa olahan ikan siap konsumsi kita juga bisa membeli ikan kering siap masak. Ikan kering yang direkomendasikan adalah Ikan Kering JN. Produsen Ikan Kering JN beralamat di Jl. Sungai Hitam RT. 12 No. 23 Pasar Pedati Kec. Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Telp. 0823 8130 2153

7. Kopi Naga Rantai
Acung jempol penikmat kopi............................................ kalau kalian adalah salah satu penikmat kopi maka kalian wajib membeli Kopi Naga Rantai. Kopi ini terbuat dari biji kopi yang dipetik setelah merah dan pilihan, maksudnya biji kopi dipilih yang terbaik dan dipetik setelah benar-benar masak alias merah. Produsen Kopi Naga Rantai adalah Koperasi Cahaya Sejahtera Lestari berlokasi di Desa Naga Rantai Kec. Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.

Oh ia, semua oleh-oleh ini bisa ditemukan di sentra oleh-oleh Bengkulu, Jl. Sukarno Hatta Kota Bengkulu.

Penjelasan detail tiap oleh-oleh nanti aku tulis di postingan selanjutnya okeh :)

Eh, selain di blog ini Blogger Bengkulu berikut tulis-tulis tentang oleh-oleh hasil kreasi UKM yang ada di Bengkulu juga lho.

Zulya Aldani = zulyaaldani.com
Aang Verianto = tanjungbungo.com

28 comments:

  1. Wah udah nulis aja... Aku suka keripik beledangnya krispi ��

    ReplyDelete
  2. Ambo paling suko jeruk kalamansi, yuk :D Mantab!

    ReplyDelete
  3. semoga produk lokal Bengkulu bisa bersaing dengan produk lokal dari Provinsi lainnya..

    ReplyDelete
  4. Kayak nya enak tuh yang ada nama baledangnya mbak

    ReplyDelete
  5. masku sering neh ke bengkulu... iaaaa jd ada ide nih mau oleh oleh ap heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ya? ia, alhamdulillah kalau bisa jadi informasi hehe :)
      mbknya juga ke Bengkulu dong :)

      Delete
  6. Mantap. selamat di nikmati mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, enak-enak lho :)
      ayo-ayo cicip

      Delete
    2. tapi daerah ku di kalimantan tengah mbak, ngk kejauhan?

      Delete
  7. Oleh-oleh Bengkulu kaya akan seafood ya.. Saya suka ini. Sayang saya belum pernah ke Bengkulu atau dikasi oleh-olehnya sama sekali hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah ke Bengkulu mbk :)
      nanti bisa beli oleh-olehnya

      Delete
  8. Beli dimano ze? Selero keripik gurita haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan di kaur ti, pesan dodo aj hehe
      atau bisa ke sentra oleh-oleh di Kota Bengkulu, di anggut itu lho :)

      Delete
    2. oh ado yo di anggut,. tar kapan2 tuti cari hihi

      Delete
  9. Bikin ngiler, belum pernah ke bengkulu. Kpn kpn main ke kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah ke Bengkulu, dijamin gak kan nyesel :)

      Delete
  10. Saya juga udah nyoba semua, recomanded deh semuanya enak enak

    ReplyDelete
  11. Hihi dulu taunya oleh oleh Bengkulu kue bay tat sama lempuk aja.. rupanya banyak ya variannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, sama mbak. Awalnya dulu aku tuh malah taunya cuma kue tat doang, ternyata oleh-oleh dari bengkulu itu banyak

      Delete
  12. favorite aku beledang krispi yang kriuk2 itu sama kalamansinya, suegerr banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga enak, dengarnya bikin lapar ya

      Delete
  13. Mantap banget makanan tradisional khas Bengkulunya, udah kayak makanan kelas atas.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES