Sunday, 23 April 2017

Wisatawan Enggan Berkunjung Ke Daerah Rawan Konflik

Keaman suatu daerah tentu menjadi salah satu pertimbangan wisatawan saat akan memilih sebuah destinasi wisata. Ini adalah salah satu materi yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin M., beliau meminta agar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Provnsi Bengkulu, dapat melaksanakan fungsinya dalam pengawasan serta menjaga stabiltas keamanan dan ketertiban masyarakat.



Menurut Pak Rohidin Kesbangpol harus betul-betul menjalankan tugasnya untuk membuat keadaan yang kondusif di Bengkulu ini, agar orang yang berkunjung di Bengkulu merasa aman dan nyaman. Karena sebaik dna sebagus apapun suatu tempat wisata, jika tidak aman dan nyaman maka tempat wisata itu tidak akan menjadi prioritas destinasi wisata para pelancong.

Pak Wagub juga mengatakan bahwa Kesbangpol harus memiliki kompetensi peka terhadap potensi konflik yang terjadi dan harus  menjadi komunikator sekaligus mediator  yang handal dalam menangani suatu permasalahan. Kesbangpol adalah muara semua nilai sosial masyarakat, termasuk isu-isu inteligen pada tataran pemerintah.

“Sinyalnya harus benar-benar menembus batas, harus memiliki sensitifitas dan kepedulian yang kuat, sehingga mampu mendekteksi secara dini potensi konflik yang akan terjadi,” kata Rohidin. Kesbangpol diminta melakukan fugsi koordinatif, supporting antar OPD provinsi dengan kabupaten dan kota  fokus menjaga  kestabilan ketertiban masyarakat dan politik.

Hal tersebut dimaksudkannya, agar jika ada permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat dapat segera diatasi dan diredam, sehingga kondisi suatu daerah tetap stabil dan aman. Dengan demikian, lanjut Rohidin, para wisatawan tidak takut berkunjung ke Bengkulu ini, sehingga program prioritas pemerintah dapat berjalan lancar. Apalagi saat ini pemerintah Bengkulu sedang gencar-gencarnya melakukan promosi dan persiapan untuk Visit 2020 Wonderful Bengkulu, yang merupakan salah satu dari lima program prioritas pemerintah Provinsi Bengkulu.

2 comments:

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES