Monday, 3 April 2017

Tips Menyimpan Cabai Agar Tahan Berbulan-bulan

Kenal dengan cabai kan? Ia, anda benar sekali. Buah yang jika masak berwarna meran dan pedas itu. Tetapi masyarakat banyak menyebut cabai itu cabe, jadi jangan heran kalau kita pergi ke pasar yang terdengar dari mulut ibu-ibu biasanya cabe, bukan cabai. Oh ia, ada begitu banyak jenis cabai, diantaranya:

  1. Cabai rawit, cabai yang berukuran kecil tetapi pedasnya kemana-mana.
  2. Cabai Jawa, aku belum paham mengapa dinamakan cabai jawa. 
  3. Cabai keriting, cabai yang biasa aku gunakan di dapur. Cabai keriting biasa digunakan oleh masyarakat pulau Sumatera untuk memasak. Diaktakan cabai keriting karena cabai ini panjang seperti cabai sayur tetapi lebih kurus dan memiliki banyak lekukan di buahnya (keriting).
  4. Cabai sayur, cabai ini berukuran agak besar dan biasa digunakan untuk memasak tetapi cabai ini tidak sepedas cabai keriting.
  5. Cabai Blovian Rainbow, cabaiini sangat cocok untuk dijdaikan tanaman hias karena berwarna warni.
  6. Dan lainnya.


Cabai, rasanya hampir seluruh orang tahu dengan buah bergenus capsicuim ini. Khususnya aku sebagai orang Sumatera, akan sangat sulit untuk melepaskan orang Sumatera dengan cabai. Mau bagaimanapun harga cabai, kami orang Sumatera akan tetap membelinya. Biasanya di saat cabai mahal kami hanya akan mengurangi porsi cabai di dalam masakan. Tetapi kan tidak selalu harga cabai mahal kan ya? Sesekali malah harga cabai bisa sangat murah, bisa hanya Rp 8.000,-/kg. Pada masa-masa cabai murah adalah kesempatan kita untuk stokcabai sebanyak-banyaknya, khususnya bagi orang yang membutuhkan banyak cabai seperti untuk hajatan atau usaha.

Lalu bagaimana cara menyimpan cabai agar tahan berbulan-bulan?

Ibu-ibu di lingkungan rumah mengawaetkan cabai dengan cara:

Cara 1: Membungkus cabai dengan kertas atau koran
  1. Bersihkan cabai yang sudah dibeli.
  2. Siapkan kertas atau pembungkus.
  3. Pastikan cabai dalam kondisi tidak basah.
  4. Bentangkan kertas atau koran.
  5. Letakkan cabai bersih ke atas koran dan gulung.
  6. Masukkan gulungan cabai ke dalam kantong plastik.
  7. Masukkan ke kulkas
Cara 2: Menyimpan cabai dalam bentuk gilingan
  1. Bersihkan cabai.
  2. Jemur cabai selama satu hari.
  3. Giling cabai sesuai kenginginan (bisa halus atau kasar).
  4. Masukkan cabai ke wadah plastik.
  5. Simpan cabai dalam kulkas.


Suka mencampur cabai ke masakan?

22 comments:

  1. iya sih kalo di kulkas lumayan lama tahannya
    kalo aku gx punya kulkas jadi belinya dikit2 hehee

    ReplyDelete
  2. Saya juga melakukan hal yang sama mbak waktu menyimpan cabe menggunakan kertas atau koran, bermanfaat banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, sama ya berarti. Ilmu cewek di dapur yang sudah termasyur sepertinya heheee

      Delete
  3. Mamaku suka disimpan pakai koran dikulkas, kalau misal cabainya kebanyakan takut busuk (soalnya kemarin nanem sendiri) jadi dijemur nyampe kering gitu trus dimasukin kulkas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanam sendiri ya? Asik itu, lebih sehat

      Delete
  4. Oh...pke kertas ya mb..
    Selama ini aku pke plastik aja, trus masukin kulkas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iamba, pake kertas biar lebih awet :)

      Delete
  5. Aku biasanya digiling juga kalo ga simpen di tempat kedap udara kaya tuppy. Btw yang pake koran itu biasanya Mamaku. Mau cobain deh pake koran, hemat tempat kayanya.

    ReplyDelete
  6. Kenal dengan cabai kan? ya iya lah kenal mbak, ini mah harus ada ketika makan (sambal cabe ya bukan cabe-cabean) hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheee.....ia, jangan jadi cabe-cabean aja :D

      Delete
  7. Suka mba. Saya suka pedas soalnya. Makasih tips nya.

    ReplyDelete
  8. Makasih tipsnya mba, pas bgt dengan masalah sy kalo beli cabe suka cepar busuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mba, sama-sama. Semoga bermanfaat

      Delete
  9. Kalau cara nyimpan hati ini gimana? 😁

    ReplyDelete
  10. krn mostly penghuni rumah kurang suka pedas cabai di rumah aweet, beli 1/4 aja bs bbrp bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kami pemakan cabai mbak ehheheheee

      Delete
  11. Ga pernah beli banyak jd ga pernah nyimpen wkwk. Etapi bermanfaat nih artikelnya bagi wanita bukan ahli dapur kaya saya

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES