Friday, 7 April 2017

Seblak Ala Chef Ardi

Seminggu yang lalu adik bujangku Ardi berkreasi di dapur. Dia membuat seblak, makanan yang dia kenal di suatu kegiatan kampus. Enak yuk, begitu katanya. Sebelum berkreasi Ardi meminta Daurez (si bungsu) membeli kerupuk ikan yang belum digoreng di warung dekat rumah.

Ardi: "Tolong beli kerupuk ikan yang belum digoreng di warung yo Dau, abang ndak buat seblak." 
Dau: "Ok deh....."

Dau pulang dengan membawa sekantong kerupuk ikan berwarna mengarah ke abu-abu pulang ke rumah.

Dau: "Nah Bang, iko kerupuk ikannyo."
Ardi: "Ngapo warnonyo cak iko? Abang ndak yang warno orange."
Dau: "Abang dak ngecek lah."
Ardi: "Tolong tukar yo dau, kalau warno iko kelak dak elok jadinyo."
Dau: "Yolah." 

Dau balik lagi ke warung dan pulang dengan membawa sekantong kerupuk orange.

Ardi langsung berkreasi dan membuat seblak yang dari kemarin dia ceritakan.


Seblak ala chef Ardi
Resep Seblak Ala Chef Ardi

Bahan:

  1. ½ Kg kerupuk yang belum digoreng
  2. Sosis 3 buah dipotong-potong
  3. Bakso 5 buah dipotong-potong

Bumbu:

  1. Cabai Merah 7 buah
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Bawang merah 3 siung
  4. Bawang daun 2 batang
  5. Merica 7 butir
  6. Haluskan semua bumbu
Tambahan:

  1. Daun bawang 2 batang dipotong-potong
  2. Cabai rawit 7 buah dipotong-potong
  3. Tomat apel 3 buah dipotong-potong
  4. Bawang goreng
  5. Air 2 gelas
Cara Memasak:

  1. Panaskan wajan yang sudah diberi sedikit minyak goreng
  2. Tunggu hingga panas
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi
  4. Masukkan air
  5. Masukkan sosis, bakso, kerupuk, dan garam.
  6. Masukkan telur.
  7. Tunggu sampai masak lalu masukkan potongan daun bawang, cabai rawit dan tomat.
  8. Aduk rata
  9. Angkat
  10. Sajikan dalam piring
  11. Taburi bawang goreng


Dau dan Ardi makan seblak (sedang akur)
Setelah seblak jadi ardi langsung membawanya ke depan TV. Aku dan Dau langsung cicip, ternyata enak saudara-saudara. Wajar jika Ardi ngebet mau buat di rumah. Sambil makan Ardi bercerita bahwa seblak adalah makanan dari Jawa Barat, walaupun belum diketahui bagaimana asal muasal makanan ini bisa seterkenal sekarang. Silahkan dicoba resepnya ya :)




10 comments:

  1. Jd kerupuk tu dicemplungkan ajo y Mbk, lembut?

    ReplyDelete
  2. Ada yg jual di view tower seblak seblak.. penasaran apa aja isinya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ya mba? brapaan yah? hyuk icip-icip ke situ

      Delete
  3. Woooh seblak.. Mau coba resepnya juga ahh :D

    ReplyDelete
  4. Para bujangnya selain paham tentang cewek,juga pinter masak ya :p.

    Salam dong mak buat bujang. Request dong 5 tipe cewek yg ditakuti cowok wkwk

    ReplyDelete
  5. belum pernah makan seblak.. pengen nyoba masak nya lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, cobain aja, kan gampang nih :)

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES