Tuesday, 18 April 2017

Perlukah Akun Media Sosial Kita Diasuransikan?

Perlukah kita mengasuransikan akun media sosial kita?

Pertanyaan ini muncul di pikiranku saat ada akun facebook seorang teman yang diambil orang. Pada suatu malam tiba-tiba akun facebooknya sudah tidak bisa digunakan lagi, email atau password yang anda masukkan salah. Begitulah pemberitahuan saat temanku ingin masuk ke akunnya. Heran pasti, karena jelas-jelas beberapa jam sebelumnya dia login dengan menggunakan email dan password yang biasa digunakan. Bingung bukan kepalang, dia takut apabila akun facebooknya digunakan untuk hal yang tidak benar. Sesuai dugaan, selang beberapa hari seroang temannya menanyakan tentang barang-barang dagangan yang tidak temanku jual. Yup, betul sekali. Akun facebook milik temanku sekarang sudah diambil alih untuk sebuah akun facebook online shop. Masih mending untuk online shop, kalau untuk yang berbau kriminal atau porno bagaimana?

Kejadian kedua adalah tentang akun instagram, ada seorang pengguna akun instagram yang mengaku bahwa akunnya telah dicuri orang. Pemilik akun sangat pusing karena sumber penghasilan tambahannya hilang. Ia, benar sekali. Pemilik akun instagram tersebut memiliki banyak follower dan dia sudah menjadi artis di instagram. Dia bisa menghasilkan uang jutaan dengan mengunggah foto ke akun miliknya. Menurut penelusuran, akun intagram yang dicuri biasanya akan dijual atau digunakan untuk hal-hal mencari keuntungan, seperti jualan atau menjadi akun influencer. Walau terkadang ada juga yang mencuri akun orang hanya untuk uji kemampuan.



Media sosial adalah tepat kita berbagi cerita dengan keluarga dan teman-teman tentang berbagai hal. Banyak kisah yang kita abadikan di sebuah akun media sosial. Kadang kita bisa melihat sejarah perjalanan hidup kita dari sana. Sedih pasti jika kita kehilangan semua itu. 

Aku pernah membaca tentang sebuah asuransi di Inggris, kalau tak salah namanya iAllow. Mereka menawarkan asuransi untuk media sosial. Mereka menarik angsuran sebesar 3.20 - 3.99 pounds per bulan untuk satu akun. Selain iAllow, aku belum pernah mendengar asuransi lain yang menawarkan keamanan akun media sosial. Karena belum banayak orang yang peduli dengan akun media sosialnya. Baru para artis instagram yang sudah menghasilkan uang saja yang sepertinya sudah mulai mempertanyakan tentang bagaimana agar akun mereka punya pelindung. 

Bagaimana menurut kalian? Apakah kita perlu menggunakan jasa asuransi media sosial?


11 comments:

  1. ya tuhan aku kuper banged yah baru tau kayak gini ada

    ReplyDelete
  2. Waah ternyata ada juga ya asuransi buat medsos? Tapi memang sih ya sekarang medsos ini sudah seperti identitas kita. Apalagi kalau sudah lumayan bnyak followernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ada, yang paling penting itu sebenarnya adalah akun yang sudah banyak followernya dna menghasilkan uang hmmmmmm

      Delete
  3. kalau yang sudah di monetize banget mungkin perlu kayanya, punya saya medsosnya masih biasa saja mbak, jadi kayanya belum perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, kalau aku jg masih biasa saja hehe

      Delete
  4. Klo akun saya sih ga perlu, polowernya itungan jari :p

    ReplyDelete
  5. Menurutku tidak perlu sampai segitunya ,yang perlu merawat dan menyimpan kerahasiaan akun kita .

    ReplyDelete
  6. menurut saya akun yang perlu di asuranikan yang banyak terkenal dengan jumlah follower banyak mbak

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES