27 April 2017

Penanganan Kumuh di Perkotaan, Pentingkah? (Drainase)

Pentingkah penanganan kumuh di perkotaan?

Sebenarnya ini adalah sebuah pertanyaan yang tidak perlu dijawab kan? :)
Aku yakin kita semua setuju bahwasanya penanganan kumuh di perkotaan itu sangat penting. 

Kali ini kita akan membahas masalah drainase. Dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah saluran air. Oh ia, tujuan dibuatnya drainase adalah agar aliran air lancar. Tetapi lucunya banyak orang yang justru memampetkan drainase yang telah dibuat.

Coba lihat foto drainase di bawah ini.

Foto drainase kumuh di Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu

Tidak enak dipandang kan? Iyup, sangat tidak enak dipandang. Selain tidak enak dipandang kekumuhan juga bisa menimbulkan berbagai masalah lain.

Masalah yang  bisa disebabkan oleh kekumuhan drainase diantaranya adalah:
  1. Pemandangan yang tidak sedap. Coba saja lihat foto di atas.
  2. Lingkungan yang tidak sehat. kondisi kumuh membuat banyak penyakit yamudah datang. Contohnya saja penyakit malaria yang disebabkan banyanya drainase tidak sehat di kawasan permukiman. drainase yang selalu tergenang air dan kotor sangat rawan menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk. Banyak nyamuk itu sama dengan lebih besarya kemungkinan masyarakat sekitar digigit nyamuk dan bekemungkinan terkena malaria.
  3. Bau yang tidak sedap. Sampah menumpuk, air kotor yang berasal dari limbah keluarga atau limbah-limbah lainnya adalah komposisi pembuat bau tak sedang yang sangat topcer. Silahkan kalian cek sendiri. Biasanya diamana ada genangan air limbah dan sampah maka di situ ada bau tak sedap yang menyengat.
  4. Rawan Bencana. Ia benar, kawasan kumuh akan rawan bencana terutama bencana banjir. Bayangkan saja tiba-tiba ada hujan lebat lalu air mengalir dengan volume banyak dan deras. Air akan sulit lewat di drainse yang penuh sampah dan rusak, hal ini menyebabkan banjir. Banjir akan masuk ke rumah warga dan muncullah berbagai penyakit.
Ih, ngeri kan ya. Ayo kita sama-sama menjaga draiase yang sudah dibuat. Kita jaga agar drainase yang ada tetap bersih dan sehat :)

2 comments:

  1. Sebenernya DRAINASE ini sangat penting sekali. untuk daerah prumnas, atau kompleks gitu drainase sangat perlu di perhatikan, kalo gak bisa menimbulkan bahaya, diantaranya bajir, bau dan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, bahayanya kebanyakan orang yang tidak peduli dengan drainase di sekitar. Pdahal drainase bisa mempengaruhi banyak hal

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES