Sunday, 23 April 2017

Olahan jeruk kalamansi yang segar, sehat dan khas dari Bengkulu (Kultura)

Waktu itu hari rabu, 19 April 2017 aku dan teman-teman dari KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) janjian dengan Pak Gun berserta teman-teman BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Rawa Makmur berkumpul pukul 15.30 WIB. Kami kumpul di sekretariat BKM, lokasinya persis di sebelah kantor lurah Rawa Makmur. Kami berkumpul untuk melakukan survei kegiatan infrastruktur yang akan di laksanakan di sana. Hari itu sangat terik, kalau bukan sudah berjanji dengan Pak Gun dan Teman-teman aku sepertinya akan memilih datang pukul 16.30 WIB, saat hari sudah mulai sejuk. 

Kami mengunjungi RT 21, lokasi pas setelah jembatan Rawa Makmur. Lokasi RT 21 memang wajar dikatakan sebagai daerah prioritas kegiatan penanganan kumuh. Jalan, drainase dan perumahan di sana bisa dikatakan parah. Kami melihat lokasi sambil berdiskusi dengan masyarakat. Tas berisi dokumen dan laptop kami bawa kemana-mana saat keliling, mengantisiasi jika perlu melihat data. Sudah panas, tas yang digendong berat dan capek adalah kombinasi yang cucok sekali.

Kami terus menelusuri lokasi kegiatan yang sudah masuk dokumen perencanaan, sampai diujung kami RT 21 menuju sebuah drainase besar dekat persawahan, persis di sebelah drainase tersebut ada sebuah rumah yang sangat asri milik Bu Sorta. Rumah berhalaman luas tersebut dipenuhi buah-buahan, ada buah mangga, kelapa, jagung, dan ada jeruk kalamansi beserta minuman jeruk kalamansinya.

Minuman jeruk kalamansi kultura
Kalian tahu kan jeruk kalamansi?

Iyap, benar sekali, jeruk kalamansi adalah jeruk keci-kecil asam yang mengandung banyak vitamin C itu lho. Jeruk kalamansi banyak digunakan sebagai bahan pelengkap makanan dan bahan utama minuman kalamansi khas Bengkulu. Ia, kalau ke Bengkulu salah satu oleh-oleh yang bisa kalian beli adalah sirup kalamansi dan minuman jeruk kalamansi. Kalau sirup nanti penyajiannya harus ditambah air dulu, sedangkan untuk minuman jeruk kalamansi tinggal minum.

Jeruk kalamansi di depan rumah Ibu Sorta
Kami ngobrol-ngobrol tentang rencana kegiatan di RT 21 di depan rumah Bu Sorta, tempatnya asri sih jadi cocok sekali jadi tempat diskusi. Sedang asik-asik diskusi tiba-tiba seorang ibu membawa minuman jeruk kalamansi dingin untuk kami. Yuhuuu........sedang capek dan kepanasan dikasi minuman dingin sehat gratisan? Nikmat apa lagi coba yang diragukan. Alhamduillah, teman-temanku tidak bisa menyembunyikan ekspresi kegirangannya, lihat foto di bawah heheee...

Kegembiraan teman-teman dapat minuman enak gratisan
Rasa penasaran menuntunku ke tempat produksi minuman jeruk kalamansi milik Bu Sorta. Ternyata tempat produksinya bersih para pembaca dan sudah menggunakan bantuan alat. Rumah produksi ini sudah beroperasi sejak tahun 2010 dan dinamakan "Kultura". Kata Bu Sorta alhamdulillah minuman jeruk kalamansinya sudah bisa dipasarkan ke tempat oleh-oleh khas Bengkulu dan mulai dipasarkan ke luar Provinsi. Saat ini minuman jeruk kalamansi merk kultura milik Bu Sorta juga sudah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu, keren ini bu. 

Cara membuat minuman jeruk kalamansi sebernanya cukup mudah. Kata Bu Sorta kita cukup menyediakan jeruk kalamansi, jeruk, gula dan air putih. Pertama-tama peras jeruk kalamansi, endapkan selama bebeapa jam lalu saring. Ambil air yang sudah tersaring, campurkan air dan gulaa. Taraaa...minuman jeruk kalamansi siap diminum.

Minuman yang sudah dikemas dan peralatannya
Minuman jeruk kalamansi yang sudah dikemas dalam botol akan disimpan ke dalam lemari pendingin atau kulkas agar awet, karena kata Bu Sorta minuman buatannya tidak menggunakan pengawet. Selain jadi lebih awet minuman jeruk kalamansi lebih enak jika diminum dingin. Untuk satu botol minuman jeruk kalamansi siap minum ukuran 250ml dijual dengan harga Rp 5.000,-/botol, murah kan? Lalu kata Bu Sorta ada harga khusus jika kita belinya banyak.

Tempat pendingin
Terimakasih Ibu Sorta P, minuman jeruk kalamansinya enak. Sering-sering saja kasi minuman enak gratisan ke kami. Insyaallah kami tidak akan kuasa menolak dan ibu mendapatkan banyak pahala, aamiin.

Bagi wisatawan yang datang ke bengkulu jangan lupa cicip minuman jeruk kalamansi ya, ini adalah minuman khas Bengkulu yang segar, sehat dan khas dari Bengkulu. Salah satu minuma jeruk kalamansi  yang bisa kalian beli adalah Minuman Kalamansi Kultura. Minuman jeruk kalamansi bisa kalian beli di pusat oleh-oleh Bengkulu, di sepanjang Jalan Sukarno Hatta Bengkulu.

19 comments:

  1. Boleh lah di buatkan saat kopdar nanti. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia ya, betul juga, bisa itu nanti kita usulkan ke Bu Sorta

      Delete
  2. Wah Olahan khas Bengkulu juga ni, sdah cukup terkenal . .

    ReplyDelete
  3. olahan asli ya. pasti segar ya

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Roy, ini olahan asli, khas Bengkulu

      salam kenal dari Bengkulu

      Delete
  4. jadi oleh2 kahs bengkulu ya, mantap

    ReplyDelete
  5. Adakah yang menjualnya di Jakarta? Sudah lama tidak minum jeruk kalansi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk penjualan di Jakarta, aku belum dengar infonya mas Rio

      Delete
  6. sukaaa sama sirup kalamansi.. sudah boleh ini dipatenkan jadi sirup khas Bengkulu.. karena yang produksi udah banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, harusnya dipatenkan, biar lebih enak bilangnya kalau ini khas Bengkulu ya mbak

      Delete
  7. Bisa minta nomor kontaknya?
    Pernah beli...memang enak banget...
    Tapi lupa catat nomor telp yg di label botol ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak, kontak saja 085664948668

      Delete
  8. biar di indomart atau alfamart ada, biar yg dijawa mudah belinya he....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, ini aku anggap doa yang baik

      Delete
    2. atau hubungii nomor 082374948195

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES