21 April 2017

KETIKA MASYARAKAT KATAKAN SIAP SUKSESKAN PROGRAM KOTAKU

Program Kota Tanpa Kumuh atau biasa kita sebuat KOTAKU adalah salah satu program pemerintah Indonesia untuk menangani masalah kekumuhan. Kita semua menyadari bahwa program penuntasan kumuh ini tidak akan sukses tanpa peran serta aktif dari masyarakat. Tetapi alhamdulillah masyarakat Kota Bengkulu sangat antusias untuk ikut menyukseskan program KOTAKU.

Antusias masyarakat terlihat saat faskel turun ke lapangan. Salah satu contoh nampak terlihat di Kelurahan Kebun Keling. 
Masyarakat Kelurahan Kebun Keling yang Semangat Menemani Survei Lokasi
Mereka semangat sekali menemami tim faskel melihat kondisi lapangan. Mereka juga sangat aktif saat diadakan tanya jawab mengenai kondisi kekumuhan di wilayah mereka. Mereka menjelaskan secara detail masalah kekumuhan yang mereka hadapi. Masalah berupa prilaku masyarakat, faktor alam ataupun faktor-faktor lainnya. Saat melakakukan survei lapangan mereka menjelaskan bagaimana kerusakan infrastruktur terjadi. Bagaimana solusi dari mereka dan apa-apa saja yang dapat program lakukan untuk bisa membantu ligkungan mereka keluar dari kekumuhan.

Lalu coba kita perhatikan secara seksama foto masyakat berikut.
Antusiasme masyarakat
Itu adalah saat Tim 6 KOTAKU kota Bengkulu datang ke Kelurahan Rawa Makmur. Masyarakat wilayah prioritas tempat survei sangat antusias dengan kedatangan Fasilitator KOTAKU. Mereka mengatakan bahwa mereka memang menunggu program-program seperti ini. Lalu mereka menjelaskan permasalahan mereka, mengajak fasilitator berkeliling dan bercerita banyak hal tentang kekumuhan. Seperti yang kita ketahui semua bahwa ada 7+1 indikator sebuah lingkungan bisa dikategorikan kumuh atau tidak. Sepertinya sedikit banyak mereka paham dengan program ini, mereka sudah banyak belajar.

Sekarang yang terpenting adalah mereka komit bahwa mereka akan menjaga lingkungan mereka bebas kumuh. Program KOTAKU tidak akan sukses tanpa kerjasama dan peran serta aktif dari masyarakat. Sebagai tim fasilitator KOTAKU antusiasme masyarakat dalam menanggapi tim fasilitator yang datang, bagaimana mereka menyambut, bagaimana mereka ikut serta dalam survei lapangan, bagaimana mereka mulai belajar tentang indikator kumuh yang ada, serta bagaimana mereka komit untuk menjaga apa yang akan dibangun nanti adalah bentuk lain dari kalimat “masyarakat siap sukseskan program KOTAKU”. Semoga masyarakat bisa menjaga komitmen mereka untuk sama-sama menyukseskan program ini.

2 comments:

  1. Di perumahan saya ko gak ada ya? Apa saya yang kuper ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Dani tinggal dimana? program ini ada di seluruh kelurahan di Kota Bengkulu mas

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES