Thursday, 13 April 2017

Berbagi Kisah di Pelatihan Blog Pengembangan Media Online Kehumasan Universitas Bengkulu

Alhamdulillah hari ini aku diberi kesempatan bercerita di ke kegiatan pelatihan blog pengembangan media online kehumasan Universitas Bengkulu (UNIB), horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee. Senang bisa berbagi kisah belajar ngeblog dengan teman-teman di lingkungan UNIB. Mereka orang-orang yang baik hati dan unyu-unyu, karena tetap mau mendengarkan ceritaku yang kemana-mana. 

Pelatihan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan pembuakaan acara oleh Kepala Biro USD UNIB, Bapak Ir. Ahmad Nezar didampingi oleh Kabag Umum dan Humas Ir. Trisnawati. Pelatihan diikuti oleh staf tenaga kependidikan dari seluruh fakultas di UNIB. Sedangkan sebagai pemateri hari pada pelatihan blog UNIB pada kesempatan ini ada dua orang, Robi dan aku. Selama pembukaan aku meyakinkan diri bahwa surat permintaan menjadi pemateri dari UNIB ini tidak salah kirim dan tidak salah nama. 

Pelatihan blog dimulai dengan pemberian materi blog oleh Robi, Robi menjelaskan secara detail tentang blog. Peserta mendengarkan penjelasan Robi dengan seksama dan bahagia, penjelasan Robi memang detail. Jika para peserta mendengarkan dengan tuntas maka sedikit banyak mereka akan paham tentang duni blog. Setelah Robi selesai menjelaskan mengenai dunia blog, masuk kesempatanku untuk memandu teman-teman peserta untuk membuat blog menggunakan blogspot.  

Sesi pembuatan blog bagianku akhirnya menjadi sesi berbagi kisah tentang ngeblog. Karena ternyata sebagian besar peserta pelatihan sudah memiliki blog, tetapi tidak diisi rutin dan dibiarkan begitu saja selama bertahun-tahun. Mereka hanya belum menemukan asiknya ngeblog. Tentu kejadian tadi membuat proses pembuatan blog menjadi sedikit lebih cepat dan mulailah aku bercerita.


Pembuakan
Aku bercerita tentang awal-awal ngeblog saat masih jadi salah satu mahasiswa UNIB. Bagaimana aku dulu mencuri waktu di sela menjadi asdos untuk membuka blogku pada semua komputer yang ada di ruang pratikum. Kebayanglah kan ya berapa komputer yang aku buka dalam sekali waktu, 20 komputer. Aku juga berbagi info bahwa seorang blogger penting memiliki akun sosmed yang baik. Mengingatkan jangan copas dan sering-sering jalan ke blog tetengga. Sesi bercerita ini diselingi tanya jawab dengan peserta.

Jangan dianggap serius, itu hanya nunjuk-nunjuk dan ternyata difoto oleh pak fotografer UNIB
Setelah banyak bercerita aku dan Robi mengingatkan pentingnya bergabung di komunitas blogger untuk memotivasi kita. Dengan bergabung dengan komunitas kita akan lebih termotivasi untuk menulis, kita juga akan selalu mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar dunia blog. Para peserta langsung menanyakan komunitas blogger yang ada di Bengkulu. Robi langsung membuka laman grup facebook Blogger Bengkulu (BoBe). Mereka langsung meminta gabung ke BoBe, alhamdulillah dapat teman-teman baru.

Foto bersama setelah pelatihan

Pada bagian akhir sesi tanya jawab Robi dan aku mengingatkan para peserta untuk sering-sering bercerita tentang UNIB dan Bengkulu di blog. Agar tidak ada lagi istilah orang menanyakan Bengkulu itu dimana? UNIB dimana? Kita sebagai media agent Bengkulu dan UNIB harus sering-sering bercerita tentang Bengkulu dan UNIB. Banyak cerita baik yang bisa diangkat dari Bengkulu dan UNIB, sayang kalau hanya dipendam saja, cerita baik harus ditulis.

By the way kok agak ngeri lihat foto-foto aku hari ini,  kelihatan agak serem ya heheeee..... koreksi untuk diri sendiri ini. Benar kata orang-orang kalau pakaian mempengaruhi seperti apa kita dipandang, dengan pakaian seperti tadi ternyata aku kelihatan lebih dewasa dan seram hahhaaaaa.... kok bisaaaaaaaaaaaaaaaaa... gitu. Aku harus sering-sering senyum dan memperhatikan penampilan supaya bisa terlihat lebih fresh dan cantik, hu um.

Semoga pelatihan blog hari ini dapat memicu kita bersama untuk sama-sama rajin ngeblog.

Semoga aku bisa menemukan fashion yang ok, aamiin, aamiin, aamiin.

7 comments:

  1. "By the way kok agak ngeri lihat foto-foto aku hari ini, kelihatan agak serem ya heheeee..... koreksi untuk diri sendiri ini. Benar kata orang-orang kalau pakaian mempengaruhi seperti apa kita dipandang, dengan pakaian seperti tadi ternyata aku kelihatan lebih dewasa dan seram hahhaaaaa" <<<< padahal aslinya unyu unyu dan imut ya zefy, wahhh seneng bobe bakalan banyak nambah lagi anggotanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah mbak, meleset nihan hahahhaaaa

      Delete
  2. Serem kenapa fy? Enggak justru anggun dan dewasa #uhuk jomblo mana jomblo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak, kata teman-teman fotoku serem heheheeeee...........uhuk,suami mana suami :D

      Delete
  3. Dulu saya juga praktikum di ruangan itu pas praktikum aplikom,, duh Asdosnya Judes amat mbak!! Gak Kebanyang deh kalo diberi soal pretest.. tapi pas sesi Blog, entah di pertemuan ke berapa sya lupa, saya tunjukin blog saya, noh blog aku, kece kan, ada adsennya lagi (bengong deh lu),, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhaaa....aduh2, kalau aku asdos yg unyu2. Ga ada istilah judes :D

      Apalagi kalau ada yg jagoan adsense di kelas, kayaknya aku yg bakal bnyk tanya

      Delete
  4. Ajarin kita juga bukkk...
    Sekarang udh jadi dosen ya buk?

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES