Wednesday, 22 March 2017

Yuk bahas tentang permukiman kumuh di Kota Bengkulu (part 2)

Untuk merealisasikan target pemerintah 0% kumuh di Indonesia (Bengkulu Khususnya) tahun 2019, kita perlu mengetahui berapa sih luas kumuh yang ada di Kota Bengkulu. Luas kumuh yang ada di Kota Bengkulu berdasarkan SK Walikota No 98 tahun 2016 adalah 867,27 ha yang tersebar di 48 kelurahan, ditandatangani oleh Bapak H. Helmi Hasan pada tanggal 5 Agustus 2016. Tetapi setelah direvisi, maka telah ditetapkan luas kumuh di Kota Bengkulu 2017 ini adalah 961.59 ha yang tersebar di 49 kelurahan (dalam proses).

Oh ia, sewaktu postingan pertama yang berjudul Yuk bahas tentang permukiman kumuh di Kota Bengkulu (part 1) ada yang bertanya tentang kepedulian pemerintah daerah (pemda) Kota Bengkulu terhadap masalah kumuh. Sebagai informasi untuk para pembaca, pemerintah Kota Bengkulu sangat peduli dengan masalah kumuh dan berkomitmen untuk menuntaskan kumuh di Kota Bengkulu.

Hal ini terbukti dengan:
  1. Ditandatanganinya SK kumuh oleh Walikota Bengkulu.
  2. Telah terbentuknya Tim Kelompok Kerja dan Kawasan permukiman (Pokja-PKP).
  3. Telah dibuatnya dokumen SIAP (Slum Improvement Action Plan).
  4. Telah diadakannya 3 kali lokakarya penanganan kumuh Kota Bengkulu. 
  5. Lokakarya menghadirkan seluruh SKPD terkait, pihak swasta (CSR), perwakilan city changer, BKM, dan masyarakat lokasi penanganan kumuh ataupun pencegahan.
  6. Pembuatan rencana penataan lingkungan permukiman (RPLP) dan detail engineering design (DED) yang sedang dalam proses penyelesaian. Insyaallah RPLP dan DED akan selesai per Maret 2017 ini, aamiin.
  7. Dan banyak hal lain yang bahkan aku lupa apa saja heheheee
Bersambung....

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES