28 March 2017

Kopi Darat Blogger Bengkulu ke-8

Ini untuk pertama kali aku bisa ikutan kopi darat atau biasa kita sebut kopdar bersama teman-teman Blogger Bengkulu. Sudah pertemuan ke-8 dan baru bisa ikut sekarang itu berasa sangat ketinggalan zaman, hu um…….(angguk kepala). Ketinggalan zaman karena belum bisa gabung dengan orang-orang luar biasa seperti mereka.

Kopdar kali ini dilaksanakan di Papuk Mamuk. Itu lho, salah satu tempat makan kekinian di Kelurahan Tengah Padang Kota Bengkulu. Lokasi Papuk Mamuk tak jauh dari SMPN 13 Kota Bengkulu. Pokonya lokasi ini sangat gampang ditemukan. Mangkanya kemarin waktu telat aku tidak bisa memberikan alasan nyasar hehhe……karena tempatnya strategis sekali.

Sebenarnya kemarin aku telat karena pergi ke pesta pernikahan sepupuku Citra. Aku sampai rumah itu sudah pukul 13.00 WIB, aku harus ganti pakaian dulu kan ya. Masa ia aku pergi kopdar dengan dandanan ala-ala pesta, beeehhh….bisa memang tapi bakalan heboh. Setelah ganti pakaian aku harus solat zuhur dulu, walhasil baru bisa berangkat ke lokasi pukul 13.45 WIB. Fix, aku pasti telat. Iyup, karena mulai acaranya saja pukul 13.30 WIB dan aku baru berangkat dari rumah 15 menit lebih lama.

Aku pergi mengendarai mobil dengan kecepatan biasa (40-50 km/jam), tak berani cepat-cepat karena jalanan ramai dan mobil dalam konsisi penuh luka gores. Luka gores yang ternyata diakibatkan proses latihan adik bungsuku Daurez, semoga Daurez tidak kena omelan Ibu hahhaaaa…..aamiin

Tepat pukul 14.00 WIB aku sudah bisa senyum-senyum di parkiran Papuk Mamuk. Banyak kendaraan yang parkir di sana, tandanya orang sudah pada kumpul. Aku kirim pesan WA ke grup Blogger Bengkulu menanyakan mereka di bagian mana, pesanku belum langsung dibalas jadi aku langsung saja mencari wajah yang aku kenal. Saat scanning lokasi akumenemukan wajah yang tak asing, aku menemukan mbak Milda, Ria dan mbak Relinda. Aku langsung bersalaman dengan mereka, cupika-cupiki dan mencari tempat duduk strategis. Aku duduk di sebelah mbak Milda dan mbak Cici. Stttt……..banyak orang-orang yang belum aku kenal sewaktu kopdar, asikkkkk…..cikal bakal teman baru.

Ternyata acara belum dimulai lho, secara percaya diri aku bergumam. “Okeh, memang acara belum dimulai jika kau belum datang Ze yuhu……..”

Acara dimulai sekitar 5 menit setelah aku sampai. Bertindak sebagai moderator adalah mbak Relinda, mbak Milda membuka acara dan dilanjutkan dengan materi. Kopdar kali membahas tentang Blog dan VLOG. Materi blog disampaikan oleh Piter dan materi VLOG disampaikan oleh Aang.
Piter sedang semangat menjelaskan materi blognya
 Pada materi blog kali ini Piter membahas mengenai penggunaan gambar paad blog. Ini nih yang aku simpulkan dari materi Piter:
  1. Jangan pernah menggunakan foto orang lain tanpa izin. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan hak kekayaan intelektual dan lainnya. Kan ga lucu nanti jika kita dituntut pengadilan hanyakarena sebuah foto yang kita comot sembarangan di search engine. Jika memang terpaksa menggunakan foto orang lain mintalah izin kepada empunya, atau paing tidak sertakan link ke foto asli.
  2. Untuk penggunaan logo blog yang sebaiknya menggunakan gambar berekstensi PNG. Iyap, karena gambar dengan ekstensi PNG yang transparan akan lebih fleksibel dengan berbagai warna template yang kita gunakan.
  3. Sering-sering blog walking, banyak teman banyak rezeki.
  4. Sering-sering update.
  5. Menulislah untuk kebaikan bersama.
  6. Tolak iklan berkonten porno, kemajuan bangsa ini tergantung dari pemikiran masyarakatnya.
Aang dan materi VLOG
 Sedangkan materi VLOG dari Aang yang aku tangkap adalah:
  1. Buatlah video semenarik mungkin.
  2. Durasi video bisa dari 5-15 menit jangan lebih. Mengantisipasi agar penonton tak bosan.
  3. Buatlah video tentang materi yang kita sukai, agat membuat VLOG menjadi hal yang meyenangkan.
  4. Untuk pelengkap pembuatan video kita bisa menggunakan video editor seperti Viva Vidio dkk.
  5. Share video hasil upload di youtube ke sosial media sebagai sarana promosi.
Itu yang aku tangkap dari kopdar kemarin. Ada tambahan? :)
Nasi goreng andalan papuk Mamuk

Usai ulasan materi para pramusaji Papuk Mamuk mulai menyajikan jus dan nasi goreng pilihan kami, satu paketnya kami beli dengan harga Rp 25.000,-. Jadi dengan uang Rp 25.000,- kita sudah bisa dapat sepiring nasi goreng dan segelas jus buah, terjangkau kan?

Aku memilih makan satu meja dengan mbak Relinda, Fira dan Mbak Apura. Mereka asik-asik ternyata, ngobrol dengan mereka seru sekali. Kenapa coba aku ga datang di kopdar-kopdar sebelumnya, kan rugi ini baru bisa ketemu dengan mereka sekarang. Setelah makan-makan kami berfoto-foto ria bersama. Eits…..aku akhirnya pulang duluan pada pukul 16.30 WIB karena sudah punya janji.
Jus jus jus....yang mau jus
Untuk Papuk Mamuk

Tampilan nasi goreng dan jus semangkanya okeh, jika diminta memberi nilai dengan range 1-10 aku kasi nilai 8. Tampilan tempat makannya kece badayyyyyyyyyyy…….tiap sudut bisa jadi tempat yang chic untuk foto-foto. Pokoknya Papuk Mamuk jempolan.

Sampai ketemu lagi dikopdar bulan depan teman-teman :)

#kopidarat #kopdar #blogger #bloggerbengkulu

23 comments:

  1. Materi pembahasannya dan hasil pembahasannya keren hehe

    ReplyDelete
  2. Semoga jadi inspirasi buat para blogger biar saling kumpul dan menukar ilmu ya bro. Thank infonya:)

    ReplyDelete
  3. Tergoda juga dengan jus semangkanya mbak...
    Asyik ya mbak, bis ikut acara kopdar bareng blogger...bisa nambah ilmu, nambah teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak, itu salah satu keuntungan kopdar, nambah ilmu n teman :)

      Delete
  4. mau ikutan tapi jauh dibengkulu

    ReplyDelete
  5. pembahasan yang keren nih. untung saya gk pernah asal comot gambar dari Google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, bagus tuh. Berarti mas adalah salah satu contoh blogger yg baik

      Delete
  6. Seru bgt acaranya. Sukses ya buat teman2 blogger Bengkulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Lisna :)

      Sukses juga untuk mbak

      Delete
  7. mantap gan sukses ya blognya :)

    ReplyDelete
  8. wow wow wow dimana tuh gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Papuk Mamuk gan, Tengah Padang Kota Bengkulu

      Delete
  9. kopdar yang asyik, di dukung suasana tempat yang mendukung. pas banget dengan temanya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, memang tempat yang asik itu mempengaruhi mood :)

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES