01 April 2017

Baik Buruk Jalan di Kota Bengkulu Itu Tanggung Jawab Kita Bersama

Pada bulan Maret kemarin Blogger Bengkulu mengajak teman-teman semua untuk menulis tentang jalan buruk Bengkulu. Tetapi apalah daya, baru sadar kalau waktu menulis habis setelah Mbak Apura posting tentang jalan buruk di IG. Maklum lah yah, mungkin berbi kurang minum air putih hheeeeheheee…… Pada hari kamis kemarin sebenarnya aku sudah foto-foto jalan buruk di dekat Bencoolen Mall untuk ikutan nulis. Tetapi baru fotonya saja, aku belum menulis sepatah katapun.
Jalan buruk di depan Bencoolen Mall
Hari sabtu yang cerah ini adalah waktu yang pas untuk menulis tentang jalan buruk. Ngmong-ngomong tentang jalan buruk ni ya, masyarakat Kota Bengkulu sangat akrab dengan yang namanya jalan buruk. Jalan buruk dapat kita temui dimana-mana. Oh ia, jalan buruk dalam pemikiranku adalah jalan yang belum memenuhi standar minimal. Standar minimal menurutku adalah jalan harus memiliki lebar minimal 1.5 m agar dapat dilalui oleh kendaraan pemadam kebakaran, permukaan jalan mulus dan dilengkapi drainase. Jika masih belum memenuhi seluruh syarat di atas maka jalan dikatakan buruk. Sedangkan jalan buruk menurut Permen PUPR No.2 Tahun 2016, jalan buruk merupakan kondisi sebagian atau seluruh jalan lingkungan terjadi kerusakan permukaan jalan. Ya ya ya, pengertian dari Permen itulah yang harus diikuti ya :D

Pemerintah Kota Bengkulu sudah menggelontorkan banyak dana untuk memperbaiki jalan buruk melalui program 1.000 jalan mulus. Aku lupa nominal dana yang sudah digelontorkan, sewaktu Pak Ridwan (Kepala Bappeda) menyebutkan nominal ini kemarin aku sedang membicarakan pekerjaan kantor dengan Pak Bos. Memang sudah banyak jalan yang menjadi lebih baik sekarang, tetapi tetap saja masih banyak jalan buruk. Masalah jalan buruk harus ditangani bersama-sama, akan sulit jika kita hanya mengandalkan pemerintah. Karena sebaik apapun jalan yang dibuat, tanpa perawatan baik oleh para pemakai maka umur jalan baik itu tidak akan lama. Sudah seharusnya kita merawat jalan yang telah dibangun dengan menjaga kebersihannya, selanjutnya tidak membawa kendaraan dengan beban di atas standar minimal beban jalan. Kasihan jalannya kalau diberi beban berlebih, bisa gampang bolong-bolong. Berikut adalah contoh jalan yang dirawat baik oleh masyarakat di sekitarnya.
Screen Shoot IG Kak Dedi
Jalan di RT 6 Gang Setia Kelurahan Sumber Jaya

Cantik kan?

Baik buruk jalan di Kota Bengkulu itu tanggung jawab kita bersama.

#bloggerbengkulu #blogger #nulis #NulisSerempak #JalanBrurukBengkulu




2 comments:

  1. Semoga semakin banyak jalan yang di perbaiki, sehingga jalan di bengkulu semakin bagus, khususnya jalan lintas sumatra.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES