13 August 2016

Tips tampil percaya diri saat mengikuti sebuah kompetisi

Ah males ah, aku ga PD. Ceritanya itu adalah kalimat yang sering keluar dari mulut seseorang saat diminta mengikuti sebuah kompetisi. Itulah mengapa saat sekolah aku sering menemui sebuah kompetisi dengan sedikit peserta. Awalnya senang sih karena kemungkinan menang lebih besar. Tetapi saat keluar menjadi pemenang rasa senang berubah jadi sedih, seandaianya kompetisi diikuti oleh banyak peserta pasti kemenangan yang didapat lebih manis. 

Dau in action
Untuk teman-teman pembaca yang masih suka tidak PD, aku punya beberapa tips sebelum mengikuti sebuah kompetisi.
  1. Yakin bahwa kita melakukan sesuatu yang benar. Pelajari kompetisi yang kita ikuti, pastikan bahwa kompetisi yang kita ikuti tidak melanggar undang-undang atau peraturan lainnya. Contoh kompetisi yang melanggar undang-undang adalah "kompetisi maling ayam, kompetisi rebut pacar orang, kompetisi mancing di kolam tetangga tanpa permisi dan kompetisi-kompetisi berbahaya lain". Bisa berabe urusan kalau ntar ujung-ujungnya ke pengadailan :D
  2. Yakinlah bahwa mengikuti suatu kompetisi adalah hal yang menyenangkan. Banyak teman semasa sekolah kemaren takut ikut kompetisi karena sudah takut duluan. Mereka beranggapan bahwa kompetisi itu “mengerikan”. Pikiran yang seperti ini jelas sekali salah. Kompetisi merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, di sebuah kompetisi kita bisa mendapatkan pengalaman dan teman-teman baru.
  3. Jangan takut salah. Melakukan sebuah kesalahan adalah hal yang wajar. Toh dulu waktu masih kecil kita sering jatuh saat belajar berjalan. Apa kita berhenti? Tidak kan? Berhenti belajar berjalan sama artinya tidak mau berjalan untuk selamanya. Sebuah kesalahan kecil yang kita lakukan justru akan mengajarkan kita banyak hal.
  4. Siap menang dan siap kalah. Kadangkala orang-orang hanya siap menang tetapi tidak siap kalah. Kita harus sadar bahwa menang kalah dalam sebuah kompetisi itu biasa.
    Saat mengikuti sebuah kompetisi kita harus siap menang dan kalah
  5. Kenakan pakaian terbaik. Pakaian akan menambah rasa percaya diri kita. Kenakan pakaian yang terbaik saat kompetisi berlangsung.
  6. Kuasai materi. Ini adalah poin terpenting. Ibarat sebuah perang, materi merupakan strategi dan senjata yang kita gunakan. Tanpa strategi jitu dan senjata terbaik sebuah pasukan terbaik sekalipun akan sedikit kerepotan saat menghadapi lawan. Selain itu, menguasai materi kompetisi akan meningkatkan rasa percaya diri kita beberapa kali lipat dari orang yang belum begitu menguasai materi.
  7. Selalu tersenyum. Senyum membuat kita tampak lebih kece dan menyenangkan. Tetap senyum apapun yang terjadi.
  8. Baca Bismillah sebelum kompetisi dilaksanakan dan luruskan niat. Niatnya jangan untuk menjatuhkan orang lain atau niat-niat jelek lainnya ya. Niat jelek akan membuat kita tidak baik, meskipun kita menang.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Berkompetisi itu asik lho, dari sebuah kompetisi kita bisa mengetahui sebatas mana kemampuan kita. Kompetisi juga mengajarkan kita bahwa lawan-lawan kita juga bisa menjelma menjadi teman-teman yang asyik, alias tidak ada yang namanya musuh. Semua peserta kompetisi adalah teman. Banyak hal-hal baru yang bisa dipelajari dari sesama peserta kompetisi. Kalau kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, kemungkinan besar kita akan mengakhiri kompetisi dengan kemenangan dan sedikit rezeki.

Mari berkompetisi dengan sehat  \(^o^)/



No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES