12 August 2016

Harta Karun Ku (buah kecil berwarna ungu)

Entah apalah nama buah ini dalam bahasa Indonesia, aku hanya tahu kalau buah ini rasanya manis-manis sepat dan bisa membuat lidah jadi ungu. Sewaktu masih kecil aku sangat suka memanen buah ungu ini di lapangan yang tak jauh dari rumah. Bagi kami (aku dan teman-teman) buah ungu ini adalah sejenis harta karun spesial dari langit untuk kami. Tapi itu dulu, sebelum seluruh tempat panen buah ungu kami berubah menjadi komplek perumahan.

Sedang kangen-kengennya dengan buah ini eeee……ketemu di RT 29 Kelurahan Sawah Lebar saat sedang pelatihan. Waktu itu Kak Roben, Kak Wawan, Kak Rozi, Kak Darhan, Uni Yuli dan aku mendapatkan tugas mengidentifikasi wilayah kumuh di RT 29 Kelruahan Sawah Lebar Bengkulu. Kami bertugas mewawancarai masyarakat tentang masalah wilayah kumuh di lingkungan mereka. Kami juga mengidentifikasi apa-apa saja yang mereka perlukan dan inginkan. Selain wawancara kami juga memastikan peta RT 29 Kelurahan Sawah Lebar yang kami pegang akurat. Jadi kami jalan-jalan keliling RT diantar oleh warga.

Banyak yang kami temui di sini, kami melihat langsung masalah yang ada di lapangan. Kami melihat bagaimana sampah pabrik tahu yang belum terkelola dengan baik. Ternyata ada beberapa siring putus asa yang hulunya lebih rendah dari hilir, hal yang menyebabkan air menggenang parah. Sampai-sampai kemaren sambil tertawa aku bilang “Pak, tebarin bibit lele sangkuriang ajo. Lumayan nambah penghasilan”. Warga RT 29 pun langsung menyambut kalimat saran ku yang aneh dengan tertawa. Kami juga menemukan spot memancing yang ok. Ternyata di pinggiran RT 29 Sawah Lebar terdapat sawah dan sungai kecil. Kata warga di sini banyak ikan gabus dan lele, WOW, mantab. Terakhir kami menemukan harta karun masa kecil ku, buah ungu manis sepat. Sewaktu nemuin nih buah, aku langsung foto dan dapat senyuman dari teman-teman hahahaaa…….


Sebenarnya aku pernah terpikir untuk membuat jus dari buah ini. Ada yang pernah coba? Pasti warna yang dihasilkan cantik. Ungu-ungu gimana gitu ya.




No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES