28 August 2016

Apa itu program kotaku?


Saat menyatakan kerja di program KOTAKU sebagian besar orang akan mengernyitkan dahi tanda tak tahu. Akupun akhirnya menjelaskan panjang lebar tentang dunia kerjaku ini hehe…. Masa kita tidak tahu tentang program yang ada di mana-mana ini, kan jadi ga keren dong ya. Memang sepertinya aku harus bagi-bagi info tentang program KOTAKU.


KOTAKU merupakan singkatan dari “Kota Tanpa Kumuh”. Ini adalah sebuah program di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program KOTAKU adalah transformasi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan atau biasa disebut PNPM-MP. Sesuai dengan nama yang disandang, program KOTAKU diluncurkan untuk menangani kekumuhan yang ada di Indonesia. Diharapkan nanti pada tahun 2019 luas wilayah kumuh di Indonesia menjadi 0%. Program KOTAKU mengusung pemerintah sebagai nahkoda kegiatan. Ibarat nahkoda; pemerintah diharapkan dapat merangkul, mengarahkan serta memimpin jalannya program.   

Tujuan program:
  1. Mendukung menurunnya luas kawasan permukiman kumuh menjadi 0 Ha
  2. Terbentuknya Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) di tingkat kabupaten/kota dalam pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh yang berfungsi dengan baik
  3. Tersusunnya rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh tingkat kota/kabupaten dan tingkat masyarakat yang terlembagakan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)
  4. Meningkatnya penghasilan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui penyediaan infrastruktur dan kegiatan peningkatan penghidupan masyarakat untuk mendukung pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh;
  5. Terlaksananya aturan bersama sebagai upaya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat dan pencegahan kumuh

Manfaat dan target program:
  1. Meningkatnya akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan perkotaan pada kawasan kumuh (a.l drainase; air bersih/minum; pengelolaan persampahan; pengelolaan air limbah; pengamanan kebakaran; Ruang Terbuka Hijau/Publik)
  2. Menurunnya luasan kawasan kumuh karena akses infrastruktur dan pelayanan perkotaan yang lebih baik
  3. Terbentuk dan berfungsinya kelembagaan yaitu Pokja PKP di tingkat kota/kabupaten untuk mendukung program KOTAKU
  4. Penerima manfaat terpenuhi

Program KOTAKU yang ada di seluruh Indonesia ini nanti akan menangani pencegahan atau penuntasan kumuh di 269 kabupaten/kota, atau sebanyak 11.067 kelurahan/desa. Sedangkan di Bengkulu program KOTAKU akan melakukan penanganan kumuh di 48 kelurahan dan pencegahan di 19 kelurahan.

Semoga pada tahun 2019 Indonesia bebas kumuh ya, aamiin.

Mari bersama tuntaskan kumuh.

Kumuh itu bukan takdir!

10 comments:

  1. Mantap...moga progran kotaku sukses dan angkah kumuh menjadi 0%.

    ReplyDelete
  2. Harapannya selain membangun infrasutruktur, pembangunan sumber daya manusia (Kesadaran) untuk menjaga dan merawat aset yang dibangun hemat saya penting. Faktanya di lapangan, banyak infrastruktur yang terlantar karena kesadaran masyarakat masih rendah.

    semoga berhasil programnya Mbak Zefy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, SDM adalah yg terpenting. Aamiin, makasih mas rio

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheee....bisa aja mas Ben, hayuk sama-sama kita suskeskan Bengkulu bebas kumuh :)

      Delete
  4. Replies
    1. aamiin, makasih Ainur. OK-ok, aku mampir ke sana. Makasih ya sudah mampir

      Delete
  5. wah, semoga makin sukses ya kotaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih mbak Milda :), yuk sama-sama tuntaskan kumuh.

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES