Thursday, 7 July 2016

Santan manis daun langpipi dan tebu telur


Ini adalah gulai khas dari Bengkulu Selatan. Sudah sangat jarang ditemukan. Daripada susah-susah cari, yuk buat sendiri.

BAHAN
  1. Daun langpipi seikat
  2. Tebu telur 20 batang
BUMBU
  1. Bawang putih 3 siung
  2. Bawang merah 3 siung
  3. Serai 1 batang
  4. Cabai 10 buah
  5. Tomat apel 1 buah
  6. Garam 1 sdt
Minyak goreng 2 sendok
Air 1/2 liter
Santan 2 gelas

Cara ====>
Iris semua bumbu (kecuali garam ya) heheee..sisihkan

Bersihkan daun langpipi, ambil daun dan pucuk yang masih muda.

Ambil isi tebu telur, potong jadi dua bagian.

Tumis bumbu sampai harum. Masukkan air, tunggu sampai mendidih. Masukkan sayur langpipi dan tebu telur, masukkan santan, tambahkan garam. Tunggu sampai daun langpipi dan tebu telur layu. Angkat, silahkan cicippp :)

Makanno ni mantap dengan nasi padi mpai ngan sambal ikan teri. 


Anak serawai cung tangan :D

8 comments:

  1. daun langpipi itu seperti apa ya, didaerahku kayaknya gak ada deh atau namanya lain ya

    ReplyDelete
  2. Mbak Tira asal mana mbak? Daun Langpipi itu tumbuhan hijau menjalar, nama lainnya belum tahu hehehehheheee

    ReplyDelete
  3. Oh ini sayurnya khas Bengkulu Selatan. Itu daun langpipi sama tebu telurnya tumbuh liar apa ditanam budidaya?
    Kalau lihat foto itu kayaknya enak banget deh, apalagi bagi yg kelaparan..
    :)

    ReplyDelete
  4. Kalau daun langpipi tumbuh liar mas Ben, tebu telur dibudidayakan. Tapi ga tahu juga kalau sekrang, mungkin sudah ada yang membudidayakan :)
    Ia, enak lho. Beneran.

    ReplyDelete
  5. wah mbak arlinda jago masak euy
    kalo suami kurang suka kalo santan manis
    jadi akunyah gx pernah masakin yg manis2, kalo nyantan pake cabe

    ReplyDelete
  6. waaa....tahap belajar ini
    aku aamiin kan deh heheheeee

    ReplyDelete
  7. Ya Alloh, mendadak lapar maksimal lihat ini mba.
    Pas bener sama nasi padi mpai. nyam nyaaammmm

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES