23 July 2016

Mengapa hobi memasak itu menyenangkan?

Akhir-akhir ini aku jadi hobi masak. Sebenarnya dari SD sih sudah masak tetapi karena kebutuhan saja, bukan hobi. Siapa kira coba, ternyata hobi memasak itu sangat menyenangkan :). Berdasarkan pengalaman beberapa bulan ini berikut kesimpulan yang aku buat tentang betapa menyenangkannya memasak.

1.  Alat pemersatu: Ternyata memasak makanan itu bisa jadi alat pemersatu. Terbukti gara-gara masak teman-teman yang sekarang sudah pada sibuk dengan urusan masing-masing minta masak bersama di hari minggu. Belum lagi teman-teman yang menawarkan diri sebagai tim pencicip makanan, ya ampuuuunnnn... ini sangat menyenangkan. Mereka merespon positif foto-foto hasil kreasi yang aku publikasi ke sosial media. Bisa ketemu dengan teman-teman lagi karena masak. Suatu hal yang sebelumnya tidak pernah aku perkirakan.

2. Sarana mengekspresikan diri: Memasak dapat menjadi sarana kita mengekspresikan diri. Kita bisa bereksperimen dengan berbagai macam bentuk dan warna bahan makanan. Contohnya aku sebagai penggemar coklat dan bentuk-bentuk abstrak membuat kreasi coklat dengan buah yang permukaannya agak tidak rata. Sedikit berbeda dengan yang biasanya berpermukaan mulus.

Kreasi coklat
3.  Kebutuhan tubuh: Hayo cung tangan siapa yang mau tidak makan selama berhari-hari? Jangankan berhari-hari puasa senin kamis saja masih jarang yang melaksanakan. Betul betul betul? Setiap manusia memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh setipa hari. Tidak makan bisa membuat kita lemas karena kekurangan nutrisi. Jadi masak sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

4.   Ladang usaha: Satu lagi nih yang tdak aku sangka. Sudah mulai banyak yang menanyakan prihal pemesanan makanan. “Bisa order Ze?”, “Berapoan Ze?”, ada yang bertanya “Bagaimana kalau kita buka usaha bareng?” dan ada juga yang bilang “Buka Cafe aja”. Ini sungguh menarik dan meyenangkan. Bayangkan jikalau kita bisa meraup rezeki dari hobi.

Cemilan dari roti gabin dan tapai
5.   Promosi daerah: melihat banyaknya pengunjung ke postingan makan serawai membuat aku menyimpulkan bahwa makanan bisa menjadi salah satu alat promosi daerah lho. Menyenangkan sekali jika bisa memasak sekaligus mempromosikan daerah kita.

Sayur santan langpipi dan tebu telur dari Manna

Ayo masak!!!!!!

Jangan lupa commentnya ya, makasih sudah mampir.

2 comments:

  1. Saya awalnya masak juga karena dipaksa belajar masak sama almarhumah nenek. Pas ngelihat foto2 makanan di majalah, tiba2 terpikir kalau saya pingin bisa bikin masakan lalu difoto yg rapi kayak di majalah itu, haha... Sejak itu jadi senang masak sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarganya pasti gemuk heheee...mkasnya senang hhheee

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES