Monday, 11 July 2016

Karimunting

Masyarakat Bengkulu menyebut tanaman ini “Karimunting”, bagaimana dengan di daerah teman-teman pembaca?


Aku menemukan tanaman ini di minggu awal bulan Ramadhan kemaren di rumah salah seorang teman. Awalnya teman ku Ela memposting foto buah karimunting di instagram. Aku tertarik dengan foto buah tersebut dan iseng minta. Ternyata Ela dengan senang hati mengundang aku ke rumahnya untuk icip-icip buah karimunting.


Keesokan hari dengan hati riang gembira aku datang ke rumah Ela. Ela terkejut dengan kedatangan ku, dia pikir kamaren aku hanya main-main. Tanpa banyak perbincangan Ela langsung memanen buah karimunting yang sudah masak untuk aku. Eh, ibunya Ela juga ikutan nimbrung dengan kami, beliau dan Ela adalah orang yang ramah, senang rasanya berkunjung ke rumah orang ramah. Sambil memanen mereka menceritakan mengapa mereka menamam pohon karimunting.


Ternyata mereka menanam pohon karimunting karena penyakit diabetes kering yang diderita ibu. Kata ibu gula darahnya membaik setelah rutin minum rebusan daun karimunting sehari dua kali. Agar lebih mudah didapat mereka menanam pohon karimunting di rumah. Selain bermanfaat untuk kesehatan pohon karimunting mudah tumbuh dan terlihat cantik, jadi cocok untuk tanaman hias. Pohon karimunting berbunga sepanjang tahun, bunganya berwarna putih. Buah karimunting yang masak berwarna hitam dan berasa manis, buahnya sebesar ujung kelingking. Kerena pohon karimunting berbuah manis, berbunga cantik dan berkhasiat obat aku memutuskan untuk minta bibit hehehe…… Mereka dengan senang hati memberi bibit dan buah karimunting kepada aku, sungguh orang-orang baik hati.


Alhamdulillah, hari itu aku mendapatkan ilmu pengetahuan, indahnya silaturahmi dan bibit pohon karimunting.

Bengkulu, 23 Juli 2015

**ditransfer dari blog ku yang dulu dan tidak digunakan lagi :D

6 comments:

  1. Wah baru tau soal Karimunting. TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Aku pun baru ngeh dengan tanaman ini.. Khasiatnya oke juga yaa

    ReplyDelete
  3. Tulisan bermanfaat...
    Saya baru tau jenis tumbuhan ini, dan belum pernah lihat tumbuhanya.

    ReplyDelete
  4. Waktu zaman ara tetua di rumah tumbuhan ini masih banyak Ben, tapi sekrang kalau mau lihat banyaknya cuma di kuburan hehheee

    ReplyDelete
  5. >> Mbak Indah
    ia mbak, kece kan? sayang belum banyak yang tahu :(

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES