09 July 2016

Daun Langpipi dan Tebu Telur


HI foodie :)
Apa kabarnya?
Semoga kita semua semakin kece, aamiin.
Kemaren banyak yang penasaran dengan daun langpipi dan tebu telur, jadi kali ini aku upload foto daun langpipi yang masih dalam ikatan. Aku foto sewaktu ibu baru pulang dari pasar.
Daun langpipi itu sebenarnya daun tumbuhan menjalar yang banyak tumbuh di hutan kawasan Bengkulu Selatan. Daun yang kita gunakan sebagai lauk hanya daun muda saja.

Daun langpipi rasanya mirip daun katuk.



Untuk tebu telur, tebu telur memiliki batang yang sama persis seperti tebu biasa. Hanya saja batang tebu telur lebih kurus. Nah, yang digunakan sebagai lauk adalah bagian pucuk batang. Biasanya jika siap panen pucuk tebu telur akan menggelembung. Hal ini menandakan bahwa tebu telur sudah berisi.
Tebu telur biasa digunakan sebagai campuran sayur santan. Tebu telur memiliki rasa sedikit manis dan gurih.




Foto di atas adalah foto daun langpipi dan tebu telur yang siap dimasak.


Jangan lupa komentarnya ya, makasih sudah mampir :)


8 comments:

  1. Owh..baru tau nih ada sejenis sayuran begitu. Mungkin itu tebu telurnya rasanya kayak umbut kelapa ya? Atau kayak rebung bambu?

    ReplyDelete
  2. Beda mas Ben, beda dengan umbutkelapa, beda juga degan rebung. Nanti kalau ketemu di pasar coba deh dibeli, enak lho

    ReplyDelete
  3. Owh di jual jga di pasar ya.. Boleh deh dicoba. Siapa tau bisa dikembangkan lagi tuh.
    Berapa harga dijual dipasar?

    ReplyDelete
  4. Ia Mas Ben, untuk tebu telur biasanya dijual Rp 2.500,- Rp 3.000,- per 4 pucuk. Sedangkan daun langpipi dijual Rp 5.000,- per ikat. Mantab nih kalau Mas Ben mau ngembangin. Belum ada yang ngembangin lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tau dimana saya bisa mendapatkan tebu telur?klo ada tolong infonya ya,lg ngidam berat

      Delete
    2. Mbak wita domisili mnana mbak? Kalau di Bengkulu tebu telur ada kok di pasar-pasar tradisional. Lebih enak lagi kalau mbak datang ke pasar Panorama pagi minggu.

      Semoga cepat ketemu dengan tebu telurnya ya mbak :)

      Delete
  5. Anak2 pertanian Unib boleh tuh diusulin untk neliti tumbuhan itu, kandungan zat, nilai dan kandungan gizi.. Siapa tau banyak zat bermanfaat dan berkasiat..hehe
    Kayaknya daun langpipinya gak kalah sama kangkung itu.

    ReplyDelete
  6. ia, betul betul betul
    akan lebih baik kalau kita tahu kandungannya. Bisa nih nanti diusulkan ke UNIB :)

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES