Tuesday, 12 July 2016

Buah karimunting sebagai obat dan minuman


Aku kemaren mencari informasi tentang penanaman lada putih di internet. Aku sedang tertarik dengan tanaman rambat berbuah kecil itu. Apa yang dicari apa yang ditemukan, jauh melanceng. Entah bagaimana ceritanya aku malah menemukan sebuah tulisan blog yang menuliskan tentang buah karimunting. Baiklah, pasti ini takdir :)

Foto pohon karimunting yang terlanjur diberi label nama blog zaman dahulu :D
Aku pernah menulis tentang karimunting. Aku tertarik menulisnya karena karimunting baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Ibu teman ku yang menderita diabetes kering sudah merasakan khasiat buah karimunting. Aku juga menulis tentang khasiat buah karimunting karena aku belum menemukan tulisan yang berkenaan dengan karimunting dan diabetes. Atau mungkin sebenarnya tulisan tentang karimunting sudah ada tetapi aku tidak menemukannya karena penyebutan nama yang berbeda hehhee…. Seperti tulisan di http://cathotourist.vn, di Vietnam buah karimunting disebut “Sim” atau "Sim Berry". Mereka memanfaatkan buah karimunting sebagai bahan baku minuman.

Sumber foto : http://canthotourist.vn/travel/mekong-delta/phu-quoc-alcohol-sim
Katanya sih minuman dari buah sim rasanya enak. Sayangnya minuman buah sim di Vietnam adalah minuman berakohol. Hm….. sebagai seorang muslim tentu aku tidak bisa mencicipi minuman ini. Tetapi aku jadi berpikir, sepertinya buah karimunting atau sim ini bisa diolah menjadi makanan atau minuman non alkohol yang baik untuk kesehatan. Mengapa aku mengatakan baik untuk kesehatan? Karena aku sudah menceritakan sebelumnya bahwa tanaman karimunting terbukti baik untuk penderita diabetes. Bagaimana jika buah dan daun tanaman ini diolah menjadi makanan atau minuman dengan dua fungsi, sebagai kudapan atau minuman serta sebagai obat diabetes. Ada yang tertarik untuk melakukan penelitian terhadap karimunting? 

6 comments:

  1. baru tau saya mbk sama buah ini ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  2. Ia mbak, aku jug baru tahu kalau karimunting banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  3. Dulu masih kecil suka makan ini, sekarang udah gak ada lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada kok, temen ku ada yang nanam. Terus di kuburan yang ga jauh dari rumah juga ada hehe.....

      Delete
  4. ini ada yang punya bibitnya nggak, jadi pengen nanam... :D
    nunggu ada warisan kebun dulu, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok ada, di kuburan dekat rumah juga ada :D
      Ga perlu tunggu warisan lah, kan bisa tabulampot :)
      betul betul betul?

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES