09 February 2016

Untuk para pembuat aplikasi

Instalan maksa
Kesal itu kalau saat browsing sesuatu tiba-tiba kita salah klik dan tanpa sadar mendownload sebuah aplikasi lalu si aplikasi menginstal diri secara otomatis. Interface aplikasi juga ngebetiin karena berupa pemaksaan. Ini adalah kejadian yang saya alami pada bulan September 2015 lalu. 

Saat itu saya tanpa sadar mendownload suatu aplikasi yang ntah apa keguanaannya. Apllikasi tiba-tiba menginstal diri secara otomatis dan menampilkan interface tanpa pilihan. Pada interface kita hanya bisa memilih button "next". Jika kita menghentikan penginstalan secara paksa dengan masuk ke task manager tapilan akan muncul lagi saat kita menghidupkan laptop.

Saran saya untuk para pembuat aplikasi. Jadilah pembuat aplikasi atau pengembang yang terhormat, jangan pernah memaksa para pengguna sofware untuk mendownload dan menginstal aplikasi kita. Tampilan interface pun harus santun, berikan pengguna kesempatan untuk memilih. Paksaan hanya akan membuat pengguna aplikasi membenci pembuat aplikasi. Bagi pencipta, pedagang ataupun pembuat kepercayaan pengguna dan pembeli adalah yang terpenting.

2 comments:

  1. Bener banget bu, saya juga mengalami hal yang sama dengan yang ibu alami.
    ngomong-ngomong ibu dosen di unib ya?

    ReplyDelete
  2. bukan mas, heheeeee....pemerhati saja :D

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES