Sunday, 7 February 2016

Seharusnya pesta pernikahan itu......

Semakin bertambah umur maka saya mendapatkan semakin banyak undangan pernikahan, ntah itu undangan pernikahan teman sekolah, kuliah, saudara ataupun teman kerja. Ada suatu hal tentang pernikahan yang menarik untuk dibahas, yaitu "uang". Yup, uang adalah komponen yang sangat penting di sini. Uang digunakan untuk acara lamaran sampai pesta pernikahan serta ada yang berlanjut menjadi hutang.

Beberapa waktu yang lalu teman saya ada yang curhat tentang hutang keluarga mereka. Hutang itu disebabkan pernikahan salah seorang saudaranya. Keluarga teman saya memutuskan untuk meminjam uang ke bank hanya demi menyelenggarakan pesta pernikahan. Hmm....agak aneh menurut saya. Sebenarnya pada saat akan mengadakan pesta pernikahan, keluarga mereka tidak sanggup untuk mengundang sekaligus menjamu banyak orang. Tetapi mereka tetap memaksakan mengundang dan menjamu banyak orang demi "kata orang". Orang-orang biasanya akan mencibir jika kita tidak mengundang seluruh kaum kerabat. Kepedulian berlebihan ini nih yang kadangkala membuat orang mulai berfikir tanpa logika. Oh ia, orang yang curhat tentang hutang pernikahan ini bukan hanya satu keluarga.

Hutang yang ditanggung pihak keluarga tidak main-main, ada yang mencapai Rp 50.000.000,-. Coba bayangkan berapa lama sebuah keluarga sederha bisa mengembalikan hutang sebesar ini. Terbesit rasa kasihan saat mendengar cerita hutang pernikahan, tetapi saya juga berfikir bahwa memang seharusnya ini tidak pernah terjadi.


Menurut saya soal undangan dan jamuan makan itu ya disesuaikan dengan kemampuan penyelenggara. Jika memang tidak sanggup menjamu banyak orang, ya kita undang saja keluarga terdekat dan jamuannya sederhana saja. Kan yang penting ijab qabul itu lho :-D dan harusnya pernikahan itu membawa keberkahan serta kebahagiaan untuk semua pihak, bukannya malah membawa hutang hehehheee....betul betul?

Tolong pikirkan lagi jika mau ngutang hanya untuk menyelenggarakan sebuah pesta :).

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES