06 February 2016

Sambal kemang

Ayo-ayo siapa yang sudah pernah mencicipi asam manis nan gurihnya sambal kemang ? Sambal buah kerabat mangga ini adalah sambal favorit ayah. Ayah biasanya akan nanambah nasi kalau makan dengan sambal kemang. Cara membuat sambal kemang sangat mudah, berikut caranya:

  1. Siapkan kemang masak. Kupas kemang dan letakkan di piring/mangkok
  2. Siapkan gilingan cabai+bawang merah+sedikit garam, letakkan di wadah yang sama dengan kemang
  3. Campurkan kemang dan gilingan bumbu
  4. Siapkan lalapn, kalau ayah biasanya memilih lalap pete
  5. Siapkan nasi putih hangat
  6. Taraaaa.....sambal kemang siap disantap
  7. Tambahan>> akan lebih nikmat jika nasi ditemani gorengan ayam atau ikan

Sambal kemang
Kata ayah dulu kemang sangat mudah ditemukan di hari pekan. Berbeda dengan sekarang, kemang sulit ditemukan. Hal ini disebabkan pohon kemang sudah sangat jarang, banyak pohon yang ditebang karena tanah tempat tumbuhnya akan dimanfaatkan untuk suatu hal. Orang juga malas menanam ulang karena tidak suka memakannya. Padahal buah ini memiliki rasa yang enak lho. Asam, manis segar gimana gitu, ya memang harus diakui daripada manis rasa asam lebih dominan.

Kalau saya lebih suka makan kemang murni, tanpa diolah maksudnya, bagi saya rasa asam dan manis kemang menyegarkan. Berbeda dengan ibu yang kalau melihat saya makan kemang akan mulai mengernyitkan dahi, mengerjap-ngerjapkan mata lalu membuat bentuk lucu dari mulutnya dan mengatakan "hm......alangkan asam" hehheheee..... Bisa dibilang ayah dan saya tidak menemukan saingan kalau makan kemang. Mari makan :)

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES