21 November 2015

Pendapat dan Impian Tentang Pendidikan Indonesia

Menurut ku pendidikan Indonesia masih memerlukan banyak perbaikan. Berikut aku jabarkan pendapat dan impian ku tentang pendidikan di Indonesia.
Kegiatan belajar megajar di dalam kelas

  1. Sekolah kejuruan
Salah satu yang menurut ku perlu diperbaiki adalah pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang terkesan mubazir. Silahkan diadakan survey tentang apa saja yang anak-anak tamatan SMA dapat selama 12 tahun sekolah, akan ditemukan bahwa sebagian besar anak tidak mendapatkan apa-apa. Silahkan adakan juga survey tentang kesiapan anak-anak lulusan SMA jika harus dilepas ke pasar kerja, akan ditemukan bahwa sebagian besar mereka belum memiliki keahlian khusus untuk bekerja. Kita tengah menjalani pasar bebas, semua lulusan sekolah tingkat atas harus memiliki sebuah keahlian dan hal ini perlu menjadi perhatian kita semua. Aku bermimpi suatu saat anak-anak Indonesia tidak lagi menghabiskan 12 tahun mereka untuk hal yang sia-sia. Aku adalah produk dari SMA, jadi semua ini aku tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi aku dan teman-teman. Aku bermimpi tidak ada lagi SMA di Indonesia. Aku bermimpi bahwa di Indonesa seluruh sekolah tingkat atas atau bila perlu dari SMP adalah sekolah kejuruan. Aku yakin hal ini sudah menjadi pembicaraan di kalangan pemerhati pendidikan Indonesia, termasuk Dikti.

  1. Bantuan untuk sekolah
Maaf sebelumnya, tetapi pemerintah terkesan pilih kasih dengan sekolah-sekolah yang ada. Aku dulu adalah seorang siswi dari sekolah favorit yang memiliki banyak teman di sekolah yang biasa. Aku heran mengapa sekolah ku memiliki begitu banyak fasilitas penunjang kegitan belajar mengajar sedangkan sekolah teman-teman ku tidak memiliki apa-apa. Bukan hanya memiliki banyak fasilitas penunjang. Awalnya saja pikir fasilitas yang aku dapatkan di sekolah adalah hasil sumbangan orang tua, tetapi ternyata semua fasilitas yang aku nikmati adalah pemberian pemerintah. Sekolah ku pun sering mendapat bantuan yang menurut ku terkesan mubazir karena saat masih ada fasilitas yang lama, pemerintah sudah memberi lagi yang baru. Pemerintah mengatakan itu hadiah. Aku tidak memungkiri aku sangat bersyukur dengan semua bantuan yang diberikan, bahkan aku sangat berterimakasih. Tetapi alangkah indahnya jika ratakan dulu fasilitas yang didapat untuk semua sekolah di Indonesia, baru nanti memberi bantuan tambahan ataupun hadiah untuk sekolah-sekolah tertentu. Semua anak baik di daerah maupun di kota, baik sekolah favorit ataupun sekolah biasa memiliki hak yang sama.

  1. Sertifikasi
Sertifikasi merupakan hal yang disyukuri oleh semua guru. Semua merasa terbantu dengan adanya sertifikasi ini. Tetapi praktek di lapangan memperlihatkan banyak guru yang kewalahan mengajar karena sertifikasi, terutama guru-guru tua. Kewalahan yang dihadapi oleh guru sertifikasi adalah jumlah jam mengajar, mereka harus mengajar selama 24 jam per minggu. Guru yang mengajar di kota atau sekolah dengan jumlah murid yang banyak mungkin tidak akan menemui masalah. Tetapi guru di daerah yang jumlah murid mereka sedikit akan menemui masalah. Banyak guru yang tidak bisa memenuhi jam mengajar mereka karena jumlah murid yang sedikit. Sudah mengajar di dalam jam mengajarnya kurang pula. Mereka terpaksa mencari sekolah lain, kadang mereka mengajar di 2 atau 3 sekolah untuk memenuhi tuntutan 24 jam mereka. Sekolah di daerah jaraknya jauh-jauh jadi perjalanan mengajar mereka memakan waktu. Saat sampai di sekolah kedua ataupun ketiga para guru akan kelelahan dan akhirnya tidak maksimal mengajar. Kita semua tahu kalau guru sertifikasi rata-rata sudah tua. Menurut ku akan lebih baik jika bukan 24 jam mengajar yang dituntut dari sertivikasi tetapi kemaksimalan dalam mengajar. Percuma jika para guru mengajar 24 jam tetapi tidak maksimal.


Semoga ini bisa jadi masukan untuk pemerintah dan para pemerhati pendidikan, aku sangat berharap nantinya pendidikan di Indonesia menjadi kiblat pendidikan dunia. Karena aku yakin Indonesia memiliki potensi untuk itu.

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES