Tuesday, 27 October 2015

Jeruk nipis dan sejuta khasiatnya

Coba.. siapa yang tidak kenal dengan jeruk? Rasanya semua kenal dengan jeruk. Jeruk memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari yang kecil nan imut-imut sampai yang besar-besar membelalakkan mata., jeruk benar-benar populer. Salah satu jeruk yang populer adalah jeruk nipis. Jeruk nipis bukan populer karena memiliki warna merah merona menggiurkan seperti strowbery, rasanya juga tidak semanis jeruk Barastagi. Jadi….. apa dong yang membuat jeruk ini populer? Jeruk ini populer karena sejuta manfaat yang dikandungnya. Jangan pula  pembaca hitung banyaknya manfaat jeruk nipis, karena mungkin jika dihitung jumlah manfaat jeruk nipis tidak akan sampai sejuta lho. Ingat kata sejuta disini Cuma kiasan. Ok kembali ke topik.
Telah dikatakan bahwa jeruk memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat Jeruk nipis (Citrus aurantifolia):

Jeruk

Minuman segar: ambil sebuah jeruk nipis, iris jeruk lalu peras. Masukkan perasan air jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan 2 sendok gula pasir dan air 250 ml. Aduk sampai gula larut. Tambahkan potongan es ke dalam gelas. Minuman segar siap dihidangkan.

Menghaluskan kulit muka: ambil satu buah jeruk nipis dan belah dua, gosokkan jeruk pada muka. Cara lainnya, peras jeruk nipis dan campurkan dengan air hangat lalu diminum tiap pagi. Ini akan membuat kulit cemerlang.

Obat perut agar tetap kempis:
Bahan: 1 jeruk nipis, kapur sirih, sedikit minyak kayu putih.
Cara: belah jeruk, peras dan ambil airnya, campurkan perasan air jeruk dengan minyak kayu putih dan kapur sirih sampai rata. Setelah rata balurkan ramuan ke perut yang buncit, biarkan samapi kering lalu ikat menggunakan kemben sapai kencang. Untuk ibu yang baru sudah melahirkan, lakukan ini selama 40 hari.

Obat pelangsing:
Bahan: 3 potong lempuyang, 1 buah mengkudu matang, setangkai daun kemuning, 3 potong bangle, 1 buah jeruk nipis, 1 buah asam tua
Cara: campur semua bahan, tambahkan air 2 gelas (atau sesuai keinginan), rebus semua bahan, setelah masak saring rebusan dan minuman siap diminum. Minum secarateratur ya.

Menyburkan dan menghitamkan rambut:
Belah dan peras jeruk nipis, gunakan untuk keramas secara teratur.

Memerdukan suara:
Bahan: 2 buah jeruk nipis, kapur sirih, sedikit garam, madu
Cara: belah dan peras jeruk nipis. Campurkan  kapur sirih, air jeruk, garam dan madu. Aduk sampai rata lalu diminum. Minum ramuan ini 1 X seminggu.
Tapi ingat,,,ramuan ini tidak akan bisa merubah suara anda tiba-tiba langsung seperti tante Celine Dion, itu lho penyenyi yang nyanyiin lagu my heart will go on di film titanic

Obat penghilang polip:
Bahan:5 buah jeruk nipis, 20 buah cengkeh, 10 lembar adun sirih, 6 helai daun sereh
Cara:rebus semua bahan, setelah masak saring airnya dan minum, lakukan setiap hari.

Obat panas anak:
Bahan:4 buah jeruk nipis, bawang merah, sepotong ragi tapai
Cara: belah dan peras jeruk, lalu kukus airnya, setelah air masak campurkan bawang merah dan ragi, campurkan hingga rata sambil diremas-remas, kemudian balurkan pada anak yang sakit.

Obat amandel:
Bahan:2 buah jeruk nipis, sedikit kapur sirih
Cara: peras jeruk nipis lalu campurkan dengan sedikit kapur sirih, aduk rata, minum 3 X sehari.

Obat mencegah kekurangan darah:
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok makan madu
Cara: peras jeruk, campurkan perasan jeruk dengan kuning telur ayam kampung dan madu lalu diminum, lakukan beberapa kali.

Sumber:: Dharma Wanita No.108 Tahun 1996

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES