Tuesday, 9 June 2015

SAMISAKE SEBAGAI REPLIKASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (PNPM-MP)


Tepat pada tanggal 21 Januari 2013 H. Helmi Hasan, SE dan Ir. Patriana Sosialinda dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, setelah berhasil memenangkan hati masyarakat Kota Bengkulu melalui pemilihan umum pada tanggal 19 September 2013 lalu. Salah satu alasan masyarakat memilih mereka karena program mereka yang pro rakyat. Pemerintah yang pro rakyat adalah pemerintah yang memiliki program untuk mensejahterakan rakyatnya serta merealisasikan program tersebut. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu  Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu menawarkan program Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) sebagai solusi untuk membantu masyarakat mendapatkan tambahan modal usaha.
Walikota Bengkulu Menemui Peneriman Manfaat
Dana Samisake yang diberikan kepada masyarakat bukanlah dana hibah, melainkan dana pinjaman. Menurut Walikota Bengkulu pinjaman modal Samisake diberikan agar masyarakat terlepas dari masalah sulitnya mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha. Karena bersifat pinjaman maka dana yang dipinjam harus dikembalikan, tetapi masyarakat tidak akan diberatkan karena bunga yang diberikan hanya 0.5% dari pinjaman. Bunga 0.5% tersebut akan menjadi hak lembaga Keuangan Masyarakat (LKM) untuk mengoperasikan lembaganya. Pengembalianpun disesuaikan dengan kemampuan peminjam, misalnya pengembalian dapat dilakukan saat panen tiba, bulanan atau bisa dibayar harian. Sesuai dengan visi Samisake yaitu “Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kota Bengkulu melalui Peningkatan Pendapatan yang Berkeadilan Sosial”
Penerima Manfaat Program SAMISAKE
Banyak sekali warga Bengkulu yang merasakan manfaat dari program Samisake. Salah satu warga tersebut adalah Jhoni Marpi, warga RT 7 RW 2 Kelurahan Belakang Pondok. Pria yang memiliki seorang istri dan dua orang anak ini merasa sangat terbantu dengan bantuan modal dari Samisake untuk berjualan nasi. Pada awalnya Jhoni meminjam modal berjualan di PNPM-MP sebesar Rp 500.000,- dan Alhamdulillah dapat membayar angsuran dengan lancar. Karena terbukti dapat mengangsur dengan lancar sekarang Jhoni mendapatkan bantuan Samisake sebesar Rp 10.000.000,-.

Dana Samisake tidak hanya dialokasikan untuk pinjaman modal (kegiatan ekonomi) tetapi  juga ada kegiatan lingkungan dan kegiatan sosial, adapun alokasi dana Samisake dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 1. Alokasi Dana Samisake
Kegiatan
Nilai dana
Penerima manfaat
Lapangan kerja
Lapangan kerja tidak tetap
Ekonomi
Rp 602.000.000
685 orang
842 orang
135 orang
Lingkungan komunal
Rp 599.100.000 
400 orang
 -
222 orang
Lingkungan produktif
Rp 134.500.000 
60 orang 
42 orang
264 orang
Lingkungan
Rp 733.600.000
460 orang
42 orang

Sosial
Rp 1.622.150.000
2.496 orang
1.220 orang
272 orang

Sejatinya intervensi program Samisake di Kota Bengkulu mereplilkasi cara kerja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) dan merupakan pilot poject  model alih kelola antara Pemda kota dengan PNPM-MP. PNPM-MP di Kota Bengkulu telah dilaksanakan sejak tahun 2006, awalnya PNPM-MP yang masih bernama program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) ini hanya mengintervensi 18 kelurahan, tetapi sekarang PNPM-MP telah mengintervensi seluruh kelurahan (67 kelurahan) yang ada di Kota Bengkulu. PNPM-MP mendorong terjadinya transformasi masyarakat dari masyarakat tidak berdaya menjadi masyarakat berdaya, lalu menjadi masyarakat mandiri dan akhirnya menjadi masyarakat madani. Ada tiga jenis kegiatan yang masuk ke dalam intervansi PNPM-MP, yaitu kegiatan lingkungan, kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial. Semua kegiatan yang ada mengutamakan proses pemberdayaan. Model ini memang sangat cocok untuk direplikasi oleh pemerintah Kota Bengkulu.

Selain sebagai sebuah replikasi dari program PNPM-MP, Samisake menunjukkan berkembangnya auto-aktiviteit di Kota Bengkulu yang menandakan bahwa proses demokrasi di Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik. Semoga program Samisake dapat berjalan dengan baik sehingga membantu proses pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu.

“Insyaallah jika kita peduli maka kita bisa atasi”

Penulis
Nama               : Zefy Arlinda
Posisi               : Asisten Manajemen Data Korkot 1 Kota Bengkulu
Email               : [email protected]

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES