Wednesday, 22 April 2015

Mobil bagus kok ga punya kotak sampah

Sore kemaren ayuk Yesi pulang bareng dengan aku. Kami pulang sambil menikmati rintik hujan dan pemandangan di jalan. Sesekali kami ngobrol ringan tentang kejadian-kejadian lucu di kantor, kegiatan yang cukup menyenangkan :). Plak!!!! Tiba-tiba sebuah botol minuman dengan nama terkenal di Indonesia melayang dari sebuah mobil mewah mengenai kaki ayuk Yesi dan motor ku. Astagaaaaa, untung si botol tidak mendarat di jari-jari roda dan tidak membuat kami terjatuh. Aku tidak bisa membayangkan jika kami terjatuh, perlu diketahui bahwa ayuk Yesi sedang hamil 9 bulan. Kebayang kan apa yang akan terjadi jika kami jatuh? Lagian mobil mewah kok ga ada kotak sampahnya, itu kan memalukan. Aku sangat kecewa dengan tingkah para pengendara yang seperti itu. Mereka tidak memikirkan nasib pengendara motor cantik seperti ku. Mereka juga tidak memikirkan apa yang akan terjadi dengan alam jika mereka terus membuang sampah sembarangan.

Lingkungan tanpa sampah berserakan itu indah
Hal seperti ini bukan hanya terjadi sekali dua kali. Sebelum ini aku pernah melihat seorang pengguna mobil membuang sampah di jalan. Akujuga pernah mendengar cerita dari seorang teman tentang kejadian yang sama. Bahkan teman ku yang kreatif mengambil gambar kejadian membuang sampah sembarangan dari mobil itu dan menggunggahnya di facebook. Gambar yang diambil sangat pas, salah seorang penumpang di mobil sedang menjulurkan tangan ke luar jendela untuk membuang sampah. Hahhahaaaa…..aku setuju dengan penggunggahan gambar yang dilakukan teman ku. Jika peringatan dari pemerintah kurang mempan mungkin hukuman sosial akan berfungsi. Kecuali jika yang diberi hukuman sudah benar-benar tidak bermoral.

Lingkungan dengan sampah berserakan (sangat tidak bersahabat dengan mata)
Pesan ku kepada seluruh teman-teman pembaca, buanglah sampah pada tempatnya. Karena kita semua mengetahui bahwa kebiasaan membuang sampah sembarangan akan membuat alam kita rusak dan bisa menyakiti orang lain. Apalagi teman-teman pembaca sedang naik kendaraan roda empat, pribadi lagi. Jika kita sanggup untuk membeli mobil akan sangat lucu jika kita tidak bisa membeli tempat sampah kecil untuk mobil. Membuang sampah sembarangan juga bisa membuat anda akan terlihat sebagai makhluk rendahan. Karena sesosok makhkluk bermartabat akan melakukan segala sesuatu pada tempatnya.

  
 Ket: ayuk = mbak 

4 comments:

  1. Saya juga kadang suka gemes deh, liat pengendara yang dengan cueknya buang sampah sembarangan. Kalo di Bandung, sekarang ada peraturan yang mewajibkan semua mobil menyediakan tempat sampah di dalamnya. Termasuk angkutan umum mbak.. dan ada denda untuk yang suka buang sampah sembarangan. Mudah-mudahan peraturan itu terus ditaati oleh warganya ya..biar lingkungan kita tetap bersih.

    ReplyDelete
  2. Hmmm...di Bandung ada peraturan seperti itu ya mbak Nurul? Bagus tuh, saya sangat setuju. Ia, semoga peraturannya berjalan sesuai harapan.
    Makasih ya mbak dah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Ish, memang bikin kesal orang-orang yang kayak gini nih mba. Kalo pun ndak punya kotak sampah, bisa disimpan di kresek dulu kan ya. Ga asal lempar lemparr :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bener banget tan. Semakin banyak orang-orag yang ga peduli dengan sampah akan semakin joroklah tempat tinggal kita :(

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES