27 April 2015

Contoh Skripsi Teknik Informatika (Bagian 6 > Metode Penelitian)

BAB III
METODE PENELITIAN
3.1    Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian terapan. Menurut Guritno (2011), berdasarkan fungsinya penelitian dapat diklasifikasikan menjadi penelitian dasar (basic research), penelitian terapan (applied research), dan penelitian evaluasi (evaluative research). Penelitian terapan berkenaan dengan kenyataan-kenyataan praktis, yaitu penerapan dan pengembangan pengetahuan yang dihasilkan oleh penelitian dasar dalam kehidupan nyata. 
3.2    Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Waktu penelitian mulai terhitung bulan Mei 2012-Agustus 2012.
3.3    Teknik Pengumpulan Data
Dalam pengembangan sistem yang dibangun ini, penulis menggunakan beberapa alat bantu yang berupa Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian terapan ini terdiri dari:
1.      Dokumentasi
Pada teknik dokumentasi data-data yang berkenaan dengan penelitian didapat dengan cara mengumpulkan data-data yang sudah ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Data-data tersebut berupa data program studi serta data sekunder mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu angkatan 2005-2007.
2.      Studi pustaka
Studi pustaka merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang bersumber dari buku-buku dan dokumen yang berhubungan dengan sistem yang dibangun pada penelitian. Studi kepustakaan yang digunakan untuk memperoleh data serta informasi dalam penelitian ini, meliputi:
1)      Buku referensi yang berhubungan dengan data mining, algoritma k-means dan klastering, serta referensi lain yang berhubungan dengan penelitian.
2)      Jurnal dan skripsi yang berhubungan dengan penelitian.
Artikel yang digunakan adalah artikel yang diunduh dari internet yang berkaitan dengan masalah pada penelitian ini.
3.4    Metode  Pengembangan Sistem
Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan sistem sekuensial linier atau disebut pula sebagai model air terjun. Berikut penjelasan tahap-tahap model sekuensial linier dalam penelitian ini:
1.      Rekayasa dan Pemodelan sistem
Hal yang pertama dilakukan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada. Setelah proses pengidentifikasian selesai peneliti menganalisis sistem yang akan dibuat sebagai solusi masalah yang ada.
2.      Analisis kebutuhan software.
Pada tahapan ini akan dilakukan analisis dan definisi kebutuhan software  yang akan dibuat. Tahapan selanjutnya adalah mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian. Data-data tersebut berupa data mahasiswa program sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu angkatan 2005-2007. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka.
3.      Desain sistem
Tahapan desain sistem ini dikerjakan setelah tahap analisis dan definisi kebutuhan selesai dikerjakan pada tahapan ini hasil analisis yang telah dilakukan pada tahapan sebelumnya diterjemahkan ke dalam bentuk rancangan antarmuka (interface), rancangan basis data, rancangan struktur data dan rancangan prosedur algoritma.
4.      Generasi Kode
Setelah tahapan desain sistem selesai hasil rancangan akan diubah menjadi bentuk yang dimengerti oleh mesin yaitu ke dalam bahasa pemrograman yang telah ditentukan melalui proses penulisan program. Dalam penelitian ini, software yang digunakan adalah Delphi 7.
5.      Pengujian Sistem
Pada tahap ini akan dilakukan pengujian untuk melihat apakah sistem yang dibuat sesuai dengan rancangan. 
6.   Pemeliharaan

2 comments:

  1. duhhh skripsi, jadi inget zaman mahasiswa dulu

    ReplyDelete
  2. zaman mahasiswa, zaman-zaman indah hehe
    mkasih ya dah mampir :)

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES