01 October 2014

Ehm....Mereka ngomongin AFTA

ASEAN Free Trade Association atau sering disebut AFTA menjadi isu hangat akhir-akhir ini. Banyak pakar ekonomi dan orang-orang pintar serta peduli yang membahas AFTA.
Hmm….

Daurez (Baju Abu-abu), Alfa (Baju Biru Muda), Kevin (Baju Hijau), dan Iwan (Baju Biru Tua)

Jika yang membahas AFTA adalah para dewasa ini akan menjadi suatu hal yang sangat biasa dan sudah seharusnya. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kehidupan perekonomian Indonesia. Tetapi bagaimana jika yang membahasnya adalah anak-anak usia 10-14 tahun? Menurut saya ini akan menjadi suatu hal yang sedikit spesial. Ini nih yang saya temui beberapa saat yang lalu, seperti biasa pada minggu pagi anak-anak RT akan kumpul di teras rumah saya untuk selanjutnya main bola di lapangan. Tetapi pagi itu yang kumpul hanya Alfa, Iwan, Kevin dan Daurez (si bungsu di rumah) jadi mereka tidak bisa main bola. Alhasil mereka ngobrol-ngobrol di teras rumah, mereka ngobrol seru.  Awalnya saya yang sedang rajin bersih-bersih rumah tidak tertarik dengan obrolan mereka, tetapi saya mulai tertarik saat “AFTA” meluncur dari mulut mereka. Akhirnya saya memutuskan nguping! Hhahaaaaaa……ya, saya nguping karena penasaran. Saya penasaran benarkah mereka mengetahui AFTA?

Ternyata sedikit banyak mereka memang mengatahui tentang AFTA, bahkan mereka membicarakan tentang pentingnya persiapan menghadapi AFTA, apa yang seharusnya masyarakat Indonesia lakukan ketika AFTA diterapkan dan apa saja dampak positif serta negatif dengan adanya AFTA. Saya senyum-senyum sendiri mendengar obrolan mereka, senang rasanya ketika mengetahui obrolan mereka berbobot. Mereka membicarakan suatu hal positif. 

Hasil nguping saya menimbulkan beberapa pertanyaan.
Bagaimana dengan obrolan anak-anak Indonesia di luar sana ya?
Sudah pedulikah kita dengan AFTA?

Sudah siapkah kita menghadapi AFTA?

Bengkulu, September 2014

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES