Sunday, 6 April 2014

Contoh pertanyaan tes pertukaran pemuda



Bulan maret, April dan Mei…bulan yang mendebarkan ya bagi para pemburu kegiatan pertukaran pemuda? Biasanya di bulan-bulan ini kegiatan pertukaran dilaksanakan di tiap provinsi di Indonesia. Semoga tahun ini menjadi tahun keberuntungan untuk teman-teman ya, aamiin ya Rob.

Pertukaran Pemuda Antar Negara

Ok ok, kita lanjut

Banyak teman-teman yang bertanya tentang rangkaian kegiatan seleksi pertukaran pemuda, sebagian sudah aku ceritakan beberapa waktu silam. Nah kali ini aku akan cerita tentang tes wawancara. Apa saja sih pertanyaan yang muncul saat seleksi?
Berikut aku akan memberikan contoh pertanyaan yang pernah keluar dan mungkin bias jadi contoh untuk teman-teman.

Apa yang akan anda bawa ke Negara tujuan jika anda terpilih?
Kebanyakan teman-teman menyuguhkan nama-nama barang khas daerah masing-masing, alasannya supaya orang dapat mengenal budaya kita. Tetapi sepertinya tim seleksi menyukai jawaban yang berbeda.
Contoh kasus
Beberapa tahun silam di Bengkulu ada seleksi untuk menjadi seorang pelajar pertukaran ke Amerika. Banyak tes yang harus dijalani para kandididat dan salah satu tes yang harus dijalani adalah tes wawancara. Saat tes wawancara para kandidat mendapatkan pertanyaan yang sama, “Apa yang akan anda bawa ke Negara tujuan jika anda terpilih? “. Teman-teman di Bengkulu mengatakan akan membawa dol, tassa, pernak-pernik dari kulit lantung, kain besurek, makanan khas Bengkulu dan lainnya. Tetapi salah seorang teman memilih jawaban yang sedikit berbeda. Dia memilih membawa “PETA”, yup…hanya selembar peta. “Peta dapat membantu aku menunjukkan dimana posisi Bengkulu, sangat miris mendapati kalimat dimana itu Bengkulu? Bengkulu itu dimananya Bali? Bengkulu itu provinsi ya? Melalui peta aku dapat menunjukkan lokasi Bengkulu.”  Dapatkah teman-teman pembaca mengira siapa yang lolos ke Amerika? Yup. Si pembawa peta!
Mungkin jawaban ini memang menarik karena jika para dewan penguji meminta pendapat aku maka aku akan mengatakan. Ya! aku pun setuju dengan jawaban ini!

Mengapa anda memilih Negara …… ?
Beragam jawaban yang dapat teman-teman berikan tetapi aku akan memberikan contoh jawaban teman-teman yang lolos:
“Aku memilih Jepang karena dari kecil aku sangat kagum dengan Jepang, aku hobinya nonton NHK, film kartun Jepang dan akhirnya aku suka bahasa Jepang, suatu saat aku harus ke sana.”
Seorang kakak senior yang terpilih ke Inggris
“Karena dengan berangkat ke Inggris dan menjadi lebih baiklah aku dapat merubah kehidupan keluarga aku.”

Mengapa anda ikut acara ini?
Nahhhh…kalo yang 1 ini jawab saja dengan jujur ya, tapi yang realistis, yang manis dan sopan. Silahkan dipikirkan bagaimana rangkaian kata yang tepat.

Apakah anda merasa cukup pantas untuk kami pilih? Jelaskan alasannya!
Jawaban salah seorang teman yang lolos
“Karena aku adalah seorang pejuang sejati, aku berani untuk memilih, memilih kegiatan ini sama artinya dengan mengorbankan 1 semester kuliah ku.”

Umum
Siapa anda?
Hahhaaaaa……ini adalah pertanyaan yang paling umum teman-teman. Jika teman-teman menanyakan apa jawaban yang terbaik aku akan jawab “cari sendiri dan jadilah diri sendiri”. Karena sesungguhnya aku juga tidak tahu jawaban yang terbaik itu apa, kadangkala sebuah jawaban yang sangat sederhana malah menjadi begitu bermakna bagi pewawancara.
Contoh jawaban dari salah seorang teman yang terpilih
“aku adalah anak ke… dari…. Bersaudara, aku tumbuh dan berkembang di Kota ………aku sangat menyukai………aku adalah seorang mahasiswa di.........”

Masih banyak lagi pertanyaan yang bisa meluncur dari senior Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), jawab saja sebisanya hehheee……
Selamat berjuang

Catatan lain tentang pertukaran pemuda





4 comments:

  1. tesnya lumayan mengetes kemampuan juga cara berpikir :)

    ReplyDelete
  2. Ngetest tingkat ke-bapper-an ada gak ?
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ditulis mas ben, kayakny baus ntr kalau dtlis hehe

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES