Thursday, 25 July 2013

Kapal Pemuda Nusantara (KPN)

Kapal Pemuda Nusantara (KPN), hmmmmmmm.... Ini nih salah satu ajang pertukaran pemuda yang ada di Indonesia. Ajang ini pas sekali untuk teman-teman yang hobi mengarungi lautan, pas juga untuk teman-teman yang ingin keliling Indonesia gratis, pas sekali untuk teman-teman yang suka menjalin pertemanan baru, pas sekali untuk teman-teman yang suka pertualangan, pas sekali untuk teman-teman yang suka wisata bahari, pokoknya pas sekali J.

Kegiatan ini diselenggarakan pada kisaran bulan Agustus-September, waktu ini menurut saya pas sekali karena pada saat itu para mahasiswa sedang liburan. Ya kan? Mungkin teman-teman bertanya mengapa saya mengaitkannya dengan mahasiswa, itu karena biasanya yang ikutan acara ini adalah mahasiswa, memang sih ada anak SMA atau yang sudah lulus kuliah tapi jumlahnya sedikit. Ok,,lanjut.

Naaaaaaahh..... hal pertama yang harus diingat untuk ikut kegiatan ini adalah waktu seleksinya. Bagaimana mau jadi yang terpilih jika teman-teman tidak tahu kapan seleksinya. Seleksi biasanya diselenggarakan antara bulan Februari-Mei setiap tahun. Waktu penyelenggaraan seleksi di setiap provinsi tidak serentak lho, tergantung dengan para alumni KPN di provinsi penyelenggara. Tim penyeleksi adalah kakak-kakak senior KPN di masing-masing provinsi.

Hal-hal yang diteskan pada seleksi KPN:

  • Makalah tentang kebaharian Indonesia. Setiap peserta diminta untuk membuat makalah tentang kebaharian Indonesia, tema setiap tahun mungkin berubah. Jadi silahkan dicari tahu dulu temanya sebelum membuat makalah. Makalah akan dipresentasikan di depan kakak-kakak alumni di saat seleksi.
  • Pengetahuan tentang Kebaharian Indonesia
  • Pengetahuan tentang daerah asal kalian (isu terhangat, potensi wisata dan kesenian)
  • Tes fisik (lari)
  • Tes Renang
  • Renang gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya bebas, atau gaya apa saja yang penting kalian bisa renang 
  • Tes public speaking. Perbedaannya dengan tes public speaking Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) adalah bahasa yang digunakan. Jika di PPAN kalian dituntut untuk bisa bicara dengan Bahasa Inggris yang cas cis cius maka di KPN itu tidak harus, hal ini dikarenakan para peserta saat acara KPN berlangsung nanti semuanya adalah para pemuda Indonesia yang insyaallah mahir dan lebih suka Bahasa Indonesia dibanding bahasa Ing Ing J.

Untuk teman-teman yang tertarik untuk ikut seleksi KPN saya ucapkan selamat berjuang ya, bersainglah secara sehat, hindari tonjok-tonjokan karena hal itu tidak perlu dan dijamin anda akan kena dis. Good luck!

Salam informasi


Zefy Arlinda

4 comments:

  1. larinya suruh lama-lamaan gitu apa gmna kak? trus kalo misal semuanya bagus tp cuma ada masalah d lari ttep ga lolos ya? mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf vicka, saya baru lihat commentnya. kalau kami kemaren di tempat saya lari 2,2 km trus dilihat waktunya. klo masalah penilaian akhir sepertinya tergantung panitia dan tergantung dari jumlah utusan yang akan diambil. Coba tanya ke panitianya aja vicka :)

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES