Sunday, 2 June 2013

PERTUKARAN PEMUDA



Apa ya maksudnya pertukaran pemuda?


Pertukaran pemuda merupakan suatu ajang dimana jika kalian terpilih maka kalian akan menjadi pemuda yang ditukar-tukar, nah looooooooo hati-hati ya J hihiiiii..
Just joke ok :D
Pertukaran pemuda adalah suatu ajang dimana dipilihnya para pemuda terbaik untuk menjadi perwakilan kabupaten, kota, provinsi ataupun negara untuk dikirim ke suatu daerah dan menjadi representasi daerah asalnya. Jadi pemuda yang dipilih bukanlah pemuda sembarangan, salah pilih bisa berabe deh semuanya.



 
Apa saja sih ajang pertukaran pemuda yang ada di Indonesia?
BANYAK!
Tetapi yang benar-benar saya tahu adalah pertukaran pemuda yang berada di bawah naungan kementerian pemuda dan olahraga Indonesia, yaitu:
Pertukaran pemuda indonesia (PPI)
Kapal pemuda nusantara (KPN)
Pertukaran pemuda antar negara (PPAN)
>> insyaallah penjelasan lebih lanjut tentang ketiga jenis pertukaran ini akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Be ready ok
Logo Kemenpora

 Jadi, bagaimana cara mengikuti ajang pertukaran pemuda?
Seleksi ketiga jenis ajang ini biasanya diadakan setiap tahun pada rentangan bulan maret-mei. Jika teman-teman tertarik untuk ikut berpartisipasi silahkan hubungi dinas terkait di daerah masing-masing. Teman-teman juga bisa menghubungi para alumni. Para alumni biasanya membentuk suatu komunitas yang menjelaskan tentang program yang telah mereka ikuti, jadi teman-teman akan lebih memahami tentang program yang disodorkan.

Apa untungnya ikut ajang pertukaran pemuda?
Pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan favorit alias sering sekali terlontar dari para pemuda. Keuntungan mengikuti ajang pertukaran pemuda adalah:
Kita akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, tak percaya? Buktikan sendiri J
Kita akan mendapatkan teman-tean baru yang luar biasa, karena biasanya para pemuda yang ikutan acara ini bukanlah para pemuda yang biasa-biasa saja.
Tambah pengetahuan, percaya deh setelah ikutan ajang pertukaran pemuda biasanya ada suatu hal baru yang kita pelajari.
Have fun, kok? Ya ialah, secara acara pertukaran pemuda ini penuh dengan seni, games, yel-yel, tawa dan canda.
Dan banyak lagi yang lain
Bisa jadi wakil daerah kita, ini mah Cuma bonus J. So, kalau tidak terpilih jangan bersedih karena apa yang kita dapat selama ajang berlangsung itu sudah merupakan hal yang luar biasa. Lagian kalau memang benar-benar ingin jadi pemuda yang ditukar-tukar kan bisa ikutan lagi tahun depan :D. Banyak lho para alumni yang terpilih setelah ikut pada tahun ke... :D


Semoga bermanfaat ya teman-teman
Salam informasi
Zefy Arlinda

4 comments:

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES