Thursday, 6 June 2013

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 1

Pertukaran Pemuda Antar Negara atau PPAN merupakan kegiatan di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga yang diselenggarakan setiap tahun. PPAN diselenggarakan di setiap provinsi di Indonesia, setiap provinsi akan memilih pemuda dan pemudi terbaiknya untuk menjadi duta Indonesia. Tetapi setiap provinsi tidak memiliki kuota yang sama lho, baik dari segi jumlah pemuda yang dipilih maupun jumlah Negara tujuan. Misalnya suatu provinsi bisa saja mendapat kuota untuk 4 negara sedangkan provinsi lainnya hanya mendapat kuota untuk 3 negara.

Suasana Seleksi PPAN provinsi Bengkulu
Jadi kapan kegiatan ini berlangsung?
Seleksi biasanya diselenggarakan pada bulan Februari-April, ada yang menyelenggarakan seleksi pada bulan Februari, ada yang Maret dan ada yang April. Waktu penyelenggaraan tergantung dengan penitia seleksi di setiap provinsi.

Apa yang perlu dipersiapkan?
*keberanian*
Hehee,,,ini sengaja saya letakkan pada urutan pertama, karena banyak teman-teman yang batal ikut Cuma karena “gak berani”, kalau gak berani untuk melakukan hal-hal yang tidak baik itu memang harus. Tetapi kalau “gak berani” untuk ikut kegiatan yang positif itu harus dimusnahkan sampai ke akar-akarnya :D
*pengetahuan*
Kalau mau ikutan acara ini saran saya banyak-banyak baca ya teman. Bacalah tentang isu-isu terhangat di kota dan provinsi kalian, isu-isu terhangat di Indonesia dan dunia, serta isu-isu tentang negara tujuan kalian. Bukan hanya isu-isu terhangat tetapi kalian juga perlu tahu semua tentang kota kalian, provinsi kalian, Indonesia, dunia dan negara tujuan. Trust me, you do need reading for this event.
*public speaking*
Yup, ini sangatttttttttttttttt penting, pelajarilah tentang public speaking. Kenapa? Karena di acara ini kalian bakal dituntut untuk banyak ngomong, di acara ini biasanya peserta disuruh untuk berdiskusi perkelompok, menyampaikan pendapat tentang satu isu, dan pidato. Hal ini wajar, kan gak lucu jika nantinya kalian terpilih untuk menjadi duta bangsa tetapi sesampainya di luar negeri ngomong saja gak berani. Be brave, ngomong di depan orang banyak gak akan buat kalian jadi jelek kok.
*budaya*
Kita harus tahu tentang budaya bangsa kita, akan lebih baik jika teman-teman paling tidak menguasai salah satu seni daerah, seperti tari tradisional, music tradisional, seni drama tradisional, permainan, silat, seni pantun, rejung, nyinden, seni tulis, petatah-petitih dan lainnya. Karena biasanya di malam akhir kalian akan disuruh untuk unjuk bakat dan jika bakat yang kita tunjukkan itu berbau tradisional biasanya akan mendapatkan nilai lebih.
*bahasa Inggris*
Ini nih yang jadi pamungkas akhir ehheeeee
sebagai duta bangsa kalian mesti bisa menggunakan bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis. Tidak perlu dijelaskan bukan? :D

ok ok
sepertinya kelanjutan tulisan ini akan saya sambung pada postingan berikutnya,,, semoga bermanfaat. Good Luck ya untuk kalian.


Salam informasi

Zefy Arlinda

3 comments:

COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES