Thursday, 17 August 2017

Tips membeli rumah

Rumah adalah tempat seluruh anggota keluarga berkumpul. Rumah adalah tempat kita mencurahkan kasih sayang, bercanda ria, berdiskusi, menimba ilmu, mengamalkan agama, berkreasi, dan semua hal yang mau kita kerjakan. Jadi sudah seharusnya rumah kita adalah tempat yang nyaman untuk semua hal tersebut. Rumah bisa kita dapatkan dengan cara membeli atau membuat sendiri. Jika kita ingin memiliki rumah dalam jangka waktu cepat kita dapat memilih membeli sebuah rumah. Tentunya membeli sebuah rumah tidak bisa dengan sembarangan kan ya? Sebuah rumah haruslah sebuah tempat yang bisa membuat kita merasa aman dan nyaman.

Foto: pixabay.com
Sebuah rumah harusnya dapat diterima oleh semua anggota keluarga. Berikut beberapa tips membeli rumah:

1. Pastikan berapa budget atau uang yang kita miliki untuk membeli rumah 
Ini adalah hal pertama yang harus kita pastikan, kita harus menghitung degan pasti berapa uang yang dapat kita keluarkan untuk membeli sebuah rumah. Jangan pula nanti gara-gara membeli rumah kita tidak bisa lagi melakukan apa-apa.

2. Perhatikan lingkungan sekitar
Perhatikan lingkungan sekitar, jangan sampai rumah yang kita beli nanti membuat kita tidak nyaman. Contohnya jauhi rumah yang berada di dekat tempat pembuangan akhir, berada di tempat ini sama artinya dengan memperbesar kemungkinan sering mencium udara tidak segar. Jauhi rumah di dekat daerah rawan bencana. 

3. Cari tahu tentang keamanan di lingkungan calon rumah
Kita harus mencari tahu tentang keamanan di lingkungan rumah. Jika bisa, hindari rumah rawan kemalingan atau bahkan rawan tindak kejahatan lain. Tentu kita tidak mau jadi korban kejahatan atau terserempet kasus kejahatan kan ya?

4. Pastikan air minum dapat diakses dengan lancar
Ini sangat penting, yup...air minum. Kita tidak bisa hidup tanpa air. Mengapa aku di sini menyebut air minum, bukan air bersih? Karena air minumdan air bersih itu beda. Air minum memiliki arti lebih baik dari air bersih. Air minum sudah pasti bersih, tetapi air bersih belum tentu bisa diminum.

5. Pastikan sambungan listrik tersedia
Sekarang ini kita akan sudah hidup tanpa listrik, bisa memang tanpa listrik tetapi itu sama dengan kita tidak bisa mengetik, tidak bisa mengakses internet, tidak bisa menonton TV dan lainnya. Hal ini menjadikan listrik sangat penting. Pastikan sambungan listrik ke calon rumah tidak bermasalah.

6. Perhatikan tetangga sekitar calon rumah
Kita tentu tdak bisa hidup tanpa orang lain, salah satunya adalah tetangga. Kita akan sangat sering berinteraksi dengan mereka. pastikan tetangga kita adalah orang baik-baik. Pikirkan ulang jika ternyata calon tetangga kita adalah penjahat kelas dunia hmmm....

7. Cari tahu tentang akses kesehatan
Hidup aman, nyaman, sejahtera dan sehat adalah impian setiap orangUntuk memnuhi impian sehat kita harus memperhatikan penunjang kesehatan kita. Kita membutuhkan akses kesehatan, jika bisa pilihlah rumah yang memiliki akses bagus ke tempat-tempat kesehatan seperti klinik, atau puskesmas, atau rumah sakit.

8. Cari tahu tentang akses pendidikan
Pendidikan adalah kunci keberhasilan, perhatikan lokasi pendidikan untuk anak-anak. Sebaiknya kita membeli rumah yang tidak jauh dari sekolah.

9. Cari tahu tentang akses belanja 
Rumah aman dan nyaman tetapi perut kosong itu tidak nyaman lho. Kita perlu mempertimbangkan satu hal ini, yup benar sekali. Kita perlu memikirkan akses belanja keperluan dapur, keperluan tulis menulis dan sebagainya.

10. Cari tahu tentang akses komunikasi
Pulang ke rumah bukan berati kita memutus komunikasi dengan orang-orang di luar, kita harus tetap bisa berkomunikasi dengan orang luar. Perhatikan komunikasi jaringan telpon dan internet calon rumah.

11. Cari tahu tentang akses transportasi
Transportasi juga suatu hal yang penting, sangat menyulitkan jika rumah kita nanti susah dijangkau atau kita susah menjangkau dunia luar. Kita bukan ingin mengisolasi diri kan? :)

Setelah mencari tahu beberapa hal di atas dan kita menggangapnya OK, kita bisa mempertimbangkan untuk membeli sebuah rumah. Selamat membeli rumah, semoga sesuai dengan keinginan ya. Aamiin.

Zefy Arlinda
Read More »

Monday, 14 August 2017

Kiat sukses di dunia properti

Saat ini dunia properti Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Bengkulu contohnya, para pengembang berlomba-lomba membuat perumahan di Kota Bengkulu. Setiap jengkal tanah kosong dijadikan perumahan. Seakan terpatri di pemikiran para pebisnis bahwa bisnis propertilah yang paling tepat saat ini. Tidak mengherankan memang, bisnis properti menawarkan keuntungan yang sangat lumayan kepada para pengembang.


Agar sukses di dunia properti ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pengembang yaitu:
  1. Mengetahui pasar. Saat ini perumahan yang laris adalah perumahan dengan harga Rp 400 juta ke bawah, ini dipengaruhi oleh daya beli masyarakat. Jika sasaran adalah masyarakat kalangan menengah maka pembuatan perumahan dengan harga Rp 400 juta ke bawah sangat tepat. Tetapi jika sasaran memang kelas menengah atas kita bisa membuat perumahan dengan harga diatas Rp 400 juta.
  2. Bergabung ke komunitas. Pada dasarnya semua bisnis adalah sama. Kita memerlukan komunitas untuk saling berbagi ilmu dan saling menguatkan. Jika belum ada komunitas tertentu, paling tidak menjadi anggota Real Estate Indonesia (REI).
  3. Pengembang harus membuat pihak Bank memberikan kepercayaannya.
  4. Belajar dari pengembang sukses.
  5. Pengembang harus belajar dan menambah wawasan mengenai dunia properti, apa-apa saja yang mempengaruhi dunia properti serta keadaan ekonomi di daerah dan Negara.
  6. Memperbanyak relasi. Banyaknya relasi akan lebih memudahkan pengembang dalam memasarkan produknya.
  7. Jalin kemitraan dengan para pemasok bahan bangunan.
  8. Perhatikan kesejahteraan para pekerja. Meraup untung boleh tapi titik keringat para pekerja harus dibayar setimpal. Karena sukses dunia tidak cukup, kita juga perlu mengejar sukses akherat.
Read More »

Sunday, 13 August 2017

Syarat menjadi pengembang

Apa kabar teman-teman semua? Semoga Kita semua dalam keadaan sehat dan selalu beruntung, aamiin. 

Okeh, bagaimana kalau Kali  ini Kita bahas tentang pengembang perumahan? :). Ia, pengembang perumahan. Karena dari dahulu hingga sekarang rumah adalah kebutuhan Kita semua. Bukan kebutuhan sehari-hari sejenis nasi memang, tapi kita memang butuh rumah. Yup, semua pasti setuju.

Karena merupakan kebutuhan manusia dari dahulu hingga sekarang, menjadi pengembang perumahan adalah hal yang cukup menarik untuk dilirik.

Bagi teman-teman yang tertarik menjadi pengembang, perhatikan syarat-syarat berikut:
  1. Memiliki badan hukum serta kelengkapan legal dokumen seperti NPWP, TDP, SIUP, izin domisili, akta pendirian, pengesahan Mentri Kehakiman dan HAM.
  2. Sertifikat keanggotaan Real Estate Indonesia (REI).
  3. Izin lokasi yang memuat hak-hak membebaskan atau membeli lahan, membangun atau mengelola tanah dan mengalihkan atau menjual tanah beserta bangunan.
  4. Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan Keterangan Rencana Kota (KRK) agar tidak membangun atau membeli tanah yang salah peruntukannya.
  5. Advice planning/block plan untuk mengetahui garis sempadan jalan, koefisien dasar bangunan, koefisien lantai bangunan agar dapat meghitung berapa saleable area yang efektif.
  6. Perizinan amdal.

Hal-hal lain yang perlu diketahui:
  1. Teliti betul tanah yang akan dibangun, jangan sampai tanah tersebut bermasalah; seperti dimiliki oleh banyak orang atau dalam sengketa.
  2. Pembangunan perumahan jangan sampai memberikan dampak negatif terhadap lingkungan ataupun masyarakat sekitar.
  3. Perhatikan benar RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) daerah. Pembangunan yang baik sudah seharusnya tidak melangkahi RTRW yang telah dibuat.

Nah, itu syarat-syaratnya. Gampang Kan ya?

Semoga sukses :)


Read More »

Friday, 11 August 2017

Senangnya Dapat hadiah dari LIFULL PRODUK

Siang-siang, pas sedang menikmati hari sabtu di rumah tiba-tiba datang seorang kurir datang mengetuk pintu. Dag dig dug juga rasanya, kok ada yang ngasi paket di tengah hari bolong, paketnya besar lagi, kan aku jadi senang hehehheee. Sewaktu tanda tangan penerimaan barang baru tahu ternyata aku dapat paket dari LIFULL produk. 

Kalian tahu?
Isi paket yang aku terima adalah paket komplit man teman. Ada snack, minuman ringan, sampo, selai roti, bedak, tisu, lulur mandi, sabun, handbody, minyak zaitun, dan aku juga dapat minyak oles untuk anak-anak. Sepertinya itu doa agar aku segera punya anak, aamiin. LIFULL pengertian sekali.

Senang sekali kan ya siang-siang dapat kiriman paket snack dan minuman ringan. Otomatis si snack langsung diserbu para penghuni rumah. Saat itu ada ayah, ibu dan adikku Ardi yang sangat-sangat tidak sabar untuk waktu pencicipan.

Untung mereka bisa diajak kompromi, sebelum waktu pencicipan aku foto-foto dulu dengan paket yang aku terima. Biasa, aku membutuhkan foto untuk ucapan terima kasih ke LIFULL dan eksis di sosmed hehe. 
Aku dan paket dari LIFULL produk
Makasih ya LIFULL paketnya. Senang senang senang.

Bagi yang penasaran tentang LIFULL produk, ini penjelesan sekilasnya.


Apa sih itu lifull produk?
LIFULL Produk adalah websitenya para pecinta snack & beverage dan kosmetik dengan member sebanyak 60.000 member yang merupakan pecinta snack & beverages. Untuk para member LIFULL produk selain mendapatkan informasi lengkap review mengenai produk favorit, juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba hadiah berupa snack & beverage dan kosmetik secara gratis. Ia gratis! Hadiah gratis dan sample gratisnya akan sampai ke alamat member tanpa dipungut biaya apapun. 



Cara mendapatkan hadiah gratis di lifull produk
Oh ia, bagi kalian yang tertarik untuk dapat peketan dari LIFULL produk caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka halaman www.lifull-produk.id 
2. Masuk ke halaman utama. 
Jika belum memiliki akun silahkan mendaftar dengan klik menu daftar yang ada di pojok kanan atas halaman.
3. Lihat-lihat produk
Setelah masuk ke halaman utama kita akan menemukan tombol atau menu produk makanan dan minuman, serta tombol produk kecantikan. Bisa dilihat di gambar berikut yah.
4. Pilih hadiah gratis yang dinginkan.
Yup, kita bisa pilih sendiri hariah gratis alias sample gratis sesuai dengan keinginan kita. Ada sncak, minuman sampai alat kosmetik. Sebagai informasi tambahan. Kalau aku kemarin pilih semua hadiah gratis yang ditawarkan heheheee...... Siapa tahu rezeki kan ya. LIFULL kan menawarkan sample gratis berbagai produk menggiurkan, mengapa tidak kita coba. Benar kan?

5. Klik tombol "KLIK UNTUK MENDAPATKAN HADIAH"
Setelah pilah pilih hadiah gratis yang ada jangan lupa klik tombol "KLIK UNTUK MENDAPATKAN HADIAH".


6. Tunggu hadiah gratisnya di alamat kalian.
Setelah mengikuti langkah-langkah yang ada kita tinggal menunggu hadiah gratis dari LIFULL nangkring di alamat yang kita berikan. Semoga beruntung.

7. Upload review kalian tentang sample gratis yang kalian dapat.
Jika beruntung dan mendapatkan kiriman sample gratis dari LIFULL tuliskan pendapat kalian tentang produk-produk tersebut di sosial media kalian. Tuliskan yang jujur okeh, karena informasi kita bisa bermanfaat untuk orang-orang yang akan menggunakan produk tersebut. Serta bisa menjadi masukan untuk para produsen produk.

Bukankah membahagikan sekali jika bisa memberikan informasi bermanfaat untk banyak orang? Ia lah pasti.

Foto di atas adalah foto aku dengan hadiah gratis dari LIFULL produk. Mana foto kalian?

Untuk keterangan lebih lanjut kalian bisa langsung membuka salah satu dari alamat berikut, bisa alamat web atau sosmed LIFULL produk.

Fanpage: @LIFULLhadiah Beauty dan @LIFULLhadiahsnack
Instagram: @LIFULLhadiah

Semoga beruntung :)


Read More »

Tuesday, 8 August 2017

Mengapa harus hindari membangun rumah di dekat sungai?


Apa kabar para pengembang rumah (sendiri) ehem...

Semoga semua dalam keadaan bahagia dan tambah murah rezeki, aamin. Kita akan membhas mengapa kita harus menghindari membangun rumah di dekat sungai. 

1. Rumah di dekat sungai rawan terkena banjir
Ya, ini perlu diperhatikan bersama. Rumah di dekat sungai cendrung rawan banjir. Musim hujan, bnecana gunung merapi, tanah longsor masuk ke sungai ataupun tumpukan sampah memuat sungai rawan meluberkan airnya. Otomatis rumah yang berada di pinggir sungai akan merasakan dampak pertama banjir. Memang tidak banjir tidak terjadi setipa waktu, tetapi mencegah lebih baik bukan?

2. Rumah lebih cepat rusak
Rumah di pinggiran sungai akan lebih cepat rusak karena lembab. Seperti kita ketahui bersama bahwa rumah yang lembab akan lebih mudah rapuh. kita bisa melihat foto ruah di atas. itu adalah foto rumah yang ada di pinggiran sungai Muara Bangkahulu di Bengkulu. Kalian lihat? rumah tersebut miring. Tanah dan kayu di rumah tersebut lembab karena sering terkena banjir, konstruksi bangunan akhirnya mudah rapuh. Rumah tersebut akhirnya mulai miring, ini membahayakan para penghuninya.

3. Rawan dimasuki hewan melata 
Rumah rawan dimasuki ular dan kawan-kawan seperti kodok, biawak dan buaya. Benar memang tidak semua sungai berbahaya. Tetapi kita harus mengakui bahwa sungai adalah rumah bagi hewan-hewan tersebut. Teringat kisah seorang teman ayah di desa yang tiggal di pinggir sungai dan rumahnya sering dimasuki biawak. Kalau kita sedang waspada dan tidak ada anak kecil tak apalah, tetapi jika ada anak-anak kita harus sangat waspada.

4. Rawan Longsor
Tanah pinggiran sungai rawan longsor, apalagi jika tidak ada tanaman penahan tanahnya.



Kesimpulannya jika tidak terpaksa kita harus menghindari membangun rumah di dekat sungai. Karena sedikit bahaya.
Read More »

Sunday, 6 August 2017

Please, hindari sumur tanpa cincin


Sewaktu survey lapangan ke kawasan terindikasi kumuh di Kelurahan Sawah Lebar Bengkulu aku dna teman-teman menemukan sebuah  sumur. Aku menulis tentang sumur ini bukna karena aneh, cantik atau menarik. Aku menceritakan tentang penemuan sumur ini karena ini adalah salah satu contoh sumur yang jangan sampai ditiru. Sumur ini menganga tanpa cincin dan tutup sumur. 

Mungkin jika si sumur tanpa tutup tidak akan terlalu jadi masalah, mungkin masyarakat beralasan mereka ingnin sumur bisa menampung air saat hujan. Atau mungkin dengan alasan susah buka tutupnya karena mereka mengambil air dengan cara menimba.


Tetapi jika sumur dibiarkan tanpa cicin ini akan sangat berbahaya. Bagaimana jika ada anak-anak yang tanpa sepengetahuan kita bermain di sekitar sumur terus nyemplung? Bagaimana jika ada hewan-hewan yang main-main air masuk ke sumur? Misalnya ada bebek numpang berenang di sumur sekalian BAK, ini sangat tidak sehat. Yuk sama-sama peduli dengan keselamatan kita dan kebersihan air dengan membuat cicin sumur. 
Read More »

Friday, 4 August 2017

Kapan Nikah? (Jodohku Bagian 1)

Cerita kita kali ini adalah tentang kalimat:

"Kapan nikah?"

Mengerikan sekali, itu adalah kalimat tanya mengerikan yang akan dilontarkan kepada kita (termasuk aku) saat sudah menyelesaikan pendidikan dan bekerja. Sebenarnya ini adalah bentuk kasih sayang dan kepedulian orang-orang di sekitar kepada kita. Tapi, akan menjadi momok menakutkan saat kita jomblo. Benar kan mblo? :D

Tenang saja mblo, aku juga pernah merasakan hal yang  sama, aku tahu apa yang kalian rasakan hehehee......

Setiap kumpul keluarga, kumpul dengan teman-teman, kumpul dengan teman kerja pertanyaan yang terlontar tak akan jauh-jauh dari jodoh. Mereka mengatakan bahwa menikah itu penting. Bersama lebih baik daripada sendiri, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh katanya, bahkan kalimat sakral itupun dibawa-bawa. 

Bulan-bulan pertama mendapatkan pertanyaan ini hati kesal, terpikir dalam hati. "Ah, nih orang resek banget! Nanyain terus, ngasi solusi juga gak". Tapi semua sedikit berubah saat aku mulai berpikir sehat. Yup, mereka peduli denganku. Mereka kasihan melihat ada seorang wanita cantik dan imut-imut yang jomblo.

Orang-orang benar, kita memang membutuhkan pendamping. Hal ini mulai aku rasakan saat satu per satu teman-teman di bangku sekolah, kuliah dan kantor menikah. Hampir setiap menghadiri pernikahan mereka aku datang sendirian, atau datang kompakan dengan teman-teman, atau menculik salah seorang teman yang sedang tidak ada kerjaan. Ifo dan Rina adalah sebagian dari korban penculikan. Berbeda dengan teman-teman kantor yang datangnya rata-rata sudah berdua bahkan bertiga atau berempat.

Oh ia, setelah menghadiri banyak pesta pernikahan aku mulai mengamati perbedaan wajah orang yang sudah menikah dan yang masih sendiri. Aku melihat ada suatu hal unik yang terdapat pada wajah mereka yang sudah menikah.

Kalian tahu itu?

Aku melihat ketenangan dan kebahagian. Berlebihan tidak? Rasanya tidak, ini memang benar. Kalau yang broken home tolong dikesampingkan dulu ya hehehehhe, itu kan kasus itu. Orang-orang yang aku lihat itu adalah keluarga normal. Aku akhirnya mengatakan, okeh aku akan menikah tapi belum tahu kapan :D

Jadi saat ada yang bertanya = kapan nikah ze? 

Aku menjawab dengan begitu santai = saat ada orang yang berani mendatangi ayah dan melamar.

Biasanya orang yang bertanya akan tersenyum-senyum geli.


Read More »

Tuesday, 18 July 2017

PELATIHAN MASYARAKAT PEMBAWA INSPIRASI


Bahagia itu adalah saat kita melihat apa yang telah kita lakukan bisa menjadi bagian dari sesuatu yang bisa menyumbangkan kebaikan, inspirasi dan kebahagiaan untuk orang banyak. Ya, walau mungkin sebenarnya kita hanya bagian kecil dari keseluruhan rangkaian kegiatannya.

Seperti pelatihan keterampilan di Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu  yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juli 2017 kemarin. Kami dari Tim Fasilitator 6 Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Bengkulu ikut menjadi bagian di dalamnya. Tim membantu panitia pelatihan mencari pemateri untuk pengolahan sampah plastik di kelurahan Kebun Keling. Waktu itu kami meminta bantuan Ibu Sumarti Hartini untuk menjadi pemateri, alhamdulillah Ibu Sumarti Hartini bersedia menjadi pemateri.

Sebelum pelatihan dimulai terbesit sedikit kekhawatiran terlintas. Takut-takut masyarakat kurang antusias dengan pelatihan nanti. Tetapi ternyata salah besar, masyarakat yang datang banyak dan beragam. Dari anak muda sampai yang sudah tua ada, pokoknya seluruh perwakilan dari 6 RT di Kelurahan Kebun Keling ada di sana. Mereka mau belajar katanya. Satu point kebahagian penambah semangat masuk ke tim.

Ini foto aku waktu ngasi sedikit pengantar, semoga pengantar kemarin tidak sesat
Pelatihan juga dihadiri oleh pihak kelurahan, Pak Tasarudin (Lurah Kebun Keling) dan staf datang tepat waktu. Mereka juga mengikuti acara dengan sangat antusias. Acara dibuka langsung oleh Lurah Kebun Keling, Pak Lurah berpesan agar seluruh peserta pelatihan harus mengikuti pelatihan dengan baik dan belajar sebanyak-banyakya. Masyarakat mengiakan dan benar-benar mengikuti pelatihan dengan baik, satu lagi yang membuat terharu. Banyak diantara peserta pelatihan adalah pedagang pinggir pantai yang rela meninggalkan dagangan mereka selama pelatihan lho. Satu point kebahagiaan masuk ke tim.

Setelah pembukaan pelatihan oleh Pak Lurah tim memberikan sedikit pengantar tentang pengolahan sampah. Tim menjelaskan mengapa pelatihan ini diadakan, siapa saja pesertanya, tujuan serta manfaat yang akan didapat oleh peserta pelatihan. Setelah itu baru dilanjutkan dengan praktek pembuatan olahan sampah yang langsung diikuti oleh semua peserta. Pada kesempatan ini peserta diajari cara mengolah sampah bekas minuman gelas menjadi tas serbaguna. 

Pelatihan, mbaknya senyum ehheheeeee
Pelatihan pengolahan sampah gelas plastik menjadi tas ini berlangsung seru. Karena ternyata ibu-ibu Kelurahan Kebun Keling suka membuat lelucon-lelucon lucu di sela pelatihan, pelatihannya sambil tertawa. Sayang saat momen itu terjadi kami ikutan tertawa bersama dan tidak diabadikan.

Di akhir pelatihan serorang ibu mendekat ke tim dan berkata. “Saya tertarik untuk menjual kerajinan brang bekas ini di pinggir pantai, siapa tahu bisa menarik wisatawan”, begitu katanya. Mereka juga mengajak pemateri pelatihan bekerjasama dengan mereaka dan ternyata disambut baik dengan ibu Sumarti Hartini. Ibu Sumarti mengatakan siap membantu pemasaran hasil kreasi ibu-ibu kelurahan Kebun Keling di galerinya. Ini adalah kalimat yang sangat dinanti oleh tim. Berarti masyarakat mengambil peluang yang ada dan langsung ada yang mau ikut membantu pemasarannya. Semoga bukan hanya mimpi ya. Sukses terus untuk masyarakat Kebun Keling.

Aku dan hasil kerajinan barang bekas masyarakat Kebun Keling
Read More »

Saturday, 15 July 2017

Aku Bangga Jadi Bagian dari Blogger Bengkulu

Apa kabar semuanya?

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu beruntung ya, aamiin. 

Okeh, kali ini kita akan cerita-cerita tentang komunitasku tercinta. Ada yang tahu? Iyap, komunitas Blogger Bengkulu alias BoBe. Sepertinya aku tidak akan pernah bosan cerita tentang Blogger Bengkulu. Apalagi ini dalam suasana milad BoBe yang pertama, jadi kita akan bahas-bahas dulu tentang BoBe.

Logo BoBe

Mengapa gabung di komunitas Blogger Bengkulu?
Bagus nih pertanyaan. Jadi ceritanya aku ngeblog dari tahun 2009. Pada waktu itu aku adalah seorang mahasiswi yang bersemangat dan sangat tertarik dengan blog. Tapi.....tapi....tapi......aku belum menemukan komunitas blog di Bengkulu. Apa di Bengkulu tidak ada orang yang ngeblog? Ini jelas tidak mungkin, warga Bengkulu yang ngeblog pasti banyak.

Aku dan teman-teman dari UNIB pernah mencoba mengajak orang-orang untuk membuat komunitas blogger di Bengkulu. Orang-orang yang kami ajak adalah para mahasiswa. Tetapi hasilnya nihil, setiap diajak ketemuan mereka tidak bisa. Kecewa rasanya, padahal berharap bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Kesalahan kami pada waktu itu adalah salah sasaran promosi. Kami hanya mengajak para mahasiswa. Padahal kan yang ngeblog bisa dari kecil sampai besar.

Tahun 2016 aku ikutan acara blogger nongkrong bareng Kompasiana dan BKKBN Bengkulu. Acara seru itu berujung dengan dibentuknya komunitas Blogger Bengkulu. Pastinya aku langsng ikutan gabung, ini adalah komunitas yang aku cari sejak dulu. 


BoBe untuk Bengkulu
Pada tahun 2009 aku pergi mewakili Bengkulu untuk mengikuti acara konferensi energi mahasiswa di ITB. Banyak hal lucu terjadi di sini. Ternyata Bengkulu belum dikenal dengan orang-orang. Ayolah, Bengkulu adalah sebuah provinsi lho, kok banyak yang tidak tahu, ini sangat tidak lucu. 

Contoh pertanyaan-pertanyaan lucu tentang Bengkulu yang sering muncul jika kalian ikut ajang nasional:

1. Bengkulu itu Sulawesi bagian mana ya?
Hahahhaaaa.....ayolah, rasanya geli dengar pertanyaan ini. Bengkulu itu adalah sebuah provinsi indah di barat Pulau Sumatera. Bengkulu memiliki begitu banyak wisata alam, budaya dan sejarah.

2. Bengkulu itu daerah di Kalimantan ya?
Ini pertanyaan juga sama lucunya. Jadi ternyata Bengkulu seriing dikira merupakan bagian dari pulau Kalimantan atau Sulawesi. Okeh, ini suatu hal yang harus segera diperbaiki.

3. Em, Bengkulu? Dimana itu?
Pertanyaan yang ke-3 ini juga sama gelinya dengan 2 pertanyaan di atas. Kalau pertanyaan satu dan dua merupakan hasil tebakan jitu tetapi salah dari para penanya. Sedangkan pertanyaan ke-3 ini adalah ungkapan kejujuran hehehee......si penanya jujur kalau dia tidak tahu dimana itu Bengkulu.

4. Bengkulu itu kabupaten ya?
Dengar pertanyaan ini aku tinggal elus dada. Pertanyaan yang sama parah, orang bahkan tidak tahu kalau Bengkulu adalah sebuah provinsi.

Pertanyaan-pertanyaan sejenis itu bukan hanya muncul saat aku ikutan ajang nasional. Tetapi juga "sangat" sering muncul di dunia maya. Hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan oleh masyarakat Bengkulu. Masyarakat Bengkulu harus ikut mempromosikan Bengkulu, kita harus kenalkan Bengkulu ke orang-orang. Orang-orang harus tahu kalau Bengkulu itu ada. Orang-orang harus tahu kalau di Pantai Barat Pulau Sumatera ada sebuah Provinsi bernama Bengkulu, provinsi cantik yang indah, penuh nilai sejarah dan warganya imut-imut nan baik hati seperti aku lho.

Salah satu tempat wisata di Bengkulu
Selain itu Bobe memang hadir untuk promosi dan mendukung pembangunan Bengkulu. Kalau bukan kita siapa lagi kan ya. Kita warga Bengkulu tentu sangat kenal Bengkulu. Banyak hal yang kita tahu tentang Bengkulu, kalau itu untuk kebaikan mengapa tidak kita tulis. Siapa tahu tulisan kita bisa bermanfaat untuk Bengkulu dan banyak orang.

Cerita pengalaman suka suka gabung dan jadi bagian Bloggerbengkulu
Sejauh ini gabung di BoBe isinya suka semua, satu-satunya duka adalah mengapa komunitas ini tidak terbentuk sejak lama. Ini ya aku ceritakan sebagian.
1. Teman-teman baru
Aku banyak dapat teman dari Blogger Bengkulu. Teman-temanku sekarang semakin beragam, ada mahasiswa, pelajar, guru, dosen, PNS, karyawan swasta, pengusaha dan sebagainya. 

2. Ilmu baru
Blogger Bengkulu itu ada grupnya di FB dan WA, kita sering membahas tentang dunia blog di sana. Jika benar-benar mengikuti banyak ilmu baru tentang blog yang akan kita dapat.

3. Meningkatnya kualitas blog
Seiring berjalannya waktu blog semakin meningkat kualitasnya. Hal ini dipengaruhi dengan ilmu tentang dunia blogging yang semakin bertambah. Ditambah dengan saling kunjungi antar anggota yang bisa meningkatkan nilai blog kita yang contohnya bisa dilihat dari nilai DA dan PA blog.

4. Saling mendukung
kadang-kadang rasa malas menulis itu datang mampir. Ia lho, mampir-mampir seenaknya. Kalau dulu sebelum gabung ke komunitas, disaat dihampiri rasa malas menulis aku bisa meninggalkan blog sampai berbulan-bulan ehheheee......ya itu, malas (jangan ditiru). Sangat berbeda dengan sekarang, kita saling mendukung untuk menulis. 

5. Bisa ikut mengenalkan Bengkulu
Seperti yang aku ceritakan tadi, sebagai warga Bengkulu aku harus ikutan mempromosikan Bengkulu. Begitu pula dengan komitmen teman-teman Blogger Bengkulu. Kita sama-sama mengenalkan Bengkulu ke orang-orang.

6. Menambah isi kantong
Ternyata ngeblog dengan serius itu bisa menambah isi kantong mu lho hehehee..... seiring berjalannya waktu bergabung di BoBe blogku semakin berbenah diri. Terus si job berdatangan dengan sendirinya. Silahkan dicoba :D

Rasanya jadi Blogger Bengkulu?
Kalau ditanya bagaimana rasanya jadi Blogger Bengkulu jawabannya singkat, "aku bangga jadi Blogger Bengkulu".


#AkuBloggerBengkulu

Zefy Arlinda, ST


Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan dari Blogger Bengkulu untuk #Nulisserempak #AkuBloggerBengkulu

Baca juga:
KUE YANG AKU RINDUKAN SAAT LEBARAN DI BENGKULU
Read More »

Friday, 30 June 2017

Kue yang Aku Rindukan Saat Lebaran di Bengkulu

Apa yang ada di benak kalian saat terdengar kata Lebaran alias hari Raya idul Fitri?

Banyak hal tentu yang akan muncul di benak kita, bisa saja kita akan tersadar bahwa kita akan berpisah dengan bulan ramadhan, mungkin juga akan ada yang teringat kampung halaman, akan ada yang teringat dengan orang-orang terkasih atau berbagai hal lainnya. Kalau aku nih, yang muncul di benak saat terdengar kata lebaran adalah kue.

Astagah, maafkanlah. Ingat dengan ramadhan tentu sudah pasti, keluarga dan kampung halaman juga pasti. Tetapi tentu kue tidak bisa lepas dari itu semua, betul betul betul.

Lebaran agak kurang seru tanpa kehadiran kue-kue lucu, enak dan khas di keluarga.

Kalian punya yang khas-khas kan di keluarga saat lebaran? Kalau keluargaku punya sesuatu yang sudah mulai langka nih saat #lebarandibengkulu. Kami punya kue perut punai dan kue cucur bandan. Bagiku kedua kue ini khas sekali dan sangat dirindukan. Memang banyak yang menjual di pusat oleh-oleh Bengkulu, tetapi kalau buatan sendiri rasanya beda, entah kenapa.

Sebagai informasi untuk teman-teman pembaca, kue perut punai dan kue cucur bandannya bukan aku yang buat. Jangan sampai kalian salah paham hehheheee. Aku ini adalah bagian dari tim pencicip yang sangat menyenangkan. Aku dengan senang hati mencicip, memakan dan bisa saja kalap sampai menghabiskan kue-kue yang disajikan.

1. Kue Perut Punai
Kue perut punai berbentuk bulat kecil dan berwarna merah tua, warna merah didapat dari pemakaian gula merah di bagian luar kue. Rasanya manis dan krenyes-krenyes saat digigit, renyah-renyah gimana gitu. Oh ia, kue ini terbuat dari tepung beras yang digoreng. Jadi kalau makan perut punai dalam jumlah banyak kita bisa kekenyangan.



2. Kue Cucur Bandan
Berbeda dengan perut punai yang menggunakan gula merah di bagian luar kue. Gula merah di cucur bandan benar-benar bercampur dengan adonan kue dari awal. Untuk bahan dasar tetap sama, kue ini berbahan dasar tepung beras dan dimasak dengan cara digoreng.


Teringat sewaktu kecil sering bantu nenek di dapur membuat kue cucur bandan. Jangan ditanya bentuknya, cucur bandan buatanku dulu bentuknya lucu sekali (baca tak berbentuk).

Ada kesimpulan yang selalu aku ingat sewaktu lebaran. Berbagi saat lebaran itu tidak mesti berbagi THR lho. Kita biasa berbagi sepotong kue enak until orang yang datang ke rumah kita.

Kue yang kalian rindukan saat lebaran apa?

Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #nulisserempak Blogger Bengkulu (BoBe) tentang #lebarandibengkulu
Read More »

Tuesday, 27 June 2017

Masjid Pilihan Kami Saat Pulang dari Kepahiang ke Bengkulu

Mudik, mudik, mudik ........................................

Siapa yang mudik? Cung tangan hayo? Untuk yang cung tangan kita samaan. Aku juga mudik.


Ngomongin tentang mudik nih, menurutku mudik adalah sebuah tradisi pulang kampung sewaktu lebaran yang sudah mengakar di Indonesia. Eits, bukan hanya di Indonesia sih sebenarnya. Negara-negara muslim seperti Pakistan dan Malaysia juga punya tradisi mudik lebaran. Mengapa ada mudik? Karena libur lebaran adalah libur panjang yang memang sangat cocok dijadikan momen bertemu keluarga di kampung halaman.

Perjalanan mudik biasanya menempuh waktu panjang dan melelahkan, perjalanan panjang membuat banyak orang bolong sholat 5 waktunya. Bagaimana dengan kalian? Selama mudik sholat tetap lancar kan? Alhamdulillah. Dimanapun dan dalam kondisi apapun seharusnya sholat kita tetap lancar, termasuk saat mudik. 

Memang benar kalau dalam perjalanan jauh kita bisa menjamak dan mengqasarkan sholat kita dalam perjalanan jauh. Tetapi kalau kita menggunakan kendaraan pribadi menurutku sebaiknya kita sholat 5 waktunya tidak dijamak dan diqasar. Kita kan bisa berhenti di masjid mana saja saat waktu sholat masuk. Bukan hanya melegakan hati karena sholat lancar, tetapi mampir sebantar di masjid untuk sholat juga menjadi kesempatan kita untuk beristirahat.

Berlandaskan hal itu, hari ini (27 juni 2017) ayah, Ardi, Dau, dan Aku mudik ke Kabupaten Kepahiang. Kami memutuskan untuk menghentikan perjalanan dan mampir ke masjid terdekat saat waktu sholat masuk lalu melanjutkan kembali perjalanan seusai sholat.

Kalau berangkat dari Bengkulu itu kan pagi hari, jadi kami tidak mampir sholat selama perjalanan. Perjalanan dari Bengkulu ke Kepahiang hanya menempuh waktu selama lebih kurang 2 jam (dengan mobil atau motor). Kami berangkat pulul 8.30 WIB, jadi pukul 10.30 kami sudah sampai di Kabupaten Kepahiang. 

Selama di Kepahiang kami mondar-mandir dari rumah ke rumah, ziarah dan silaturahmi sambil cicip kue gratis heheheee....Setelah puas makan kue dan mulai meresakan lapar nasi kami makan siang pada pukul 13.00 WIB. Usai makan baru kami sholat zuhur di rumah keluarga. jauh-jauh ke luar kota rugi rasanya kalau tidak sholat di masjid di sana kan ya, tapi apa boleh buat. Rumah yang kami kunjungi agak jauh dari masjid.

Pukul 13.30 kami lanjut silaturahmi dan ini berlangsung terus sampai pukul 15.30 WIB. Berasa sekali kalau ternyata aku punya banyak saudara ya, alhamdulillah. Pukul 15.30 WIB kami pulang ke Bengkulu.

Panggilan sholat berbentuk lantunan azan kami dengar saat perjalanan pulang ke Bengkulu saat waktu sholat asar masuk. Sesuai kesepakatan, kami berhenti di salah satu masjid di pinggir jalan.

Pertanyaannya, masjid seperti apa yang kami pilih untuk mampir sholat saat waktu sholat masuk di perjalanan mudik?
1. Masjid terdekat saat terdengar adzan
Karena sholat itu lebih cepat lebih baik.

2. Kalau bisa masjid berada di satu arah dengan alur kendaraan
Saat arus mudik berlangsung biasanya jalanan ramai, akan lebih baik jika kita mencari masjid yang tidak perlu menyebarang jalan dulu untuk mencapainya.

3. Kalau bisa masjid memiliki tempat parkir
Kalau bisa masjid memiliki tempat parkir, karena kalau masjid tidak memiliki tempat parkir nanti kendaraan kita harus parkir di jalan. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu lalu lintas kendaraan.

4. Masjid tidak terkunci
Ini penting nih, jauhi masjid yang terkunci. Daripada nanti dikira maling kan heheheheee

Bagaimana dengan masjid pilihan kalian?

*Oh ia, untuk yang teman-teman kaum wanita, ada baiknya kita membawa mukenah kamana-mana. Agar kita tidak terkendala dengan sholat kalau masjid tepat kita mampir kebetulan tidak menyediakan mukenah.


Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #nulisserempak Blogger Bengkulu (BoBe) tentang #lebarandibengkulu
Read More »

Wednesday, 14 June 2017

KAMI TUNJUKKAN DUKUNGAN KAMI UNTUK PROGRAM PLPBK KOTAKU DENGAN BUNGA

24 Mei 2017 kami datang ke Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. Kami datang bersama Tim OC2 Bengkulu  dan Tim Korkot. Dari Tim OC2 Bengkulu ada Pak Said, tenaga ahli infrastruktur. Dari Tim Korkot ada Risca (Asisten urban Planner), Dedi (Asisten Safe Guard), dan Paryani (Asisten Infrastruktur).


Kami datang untuk memastikan bahwa lokasi kegiatan Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLPBK) di sana  adalah lokasi yang tepat. 

Lokasi PLPBK di Kelurahan Dusun Besar di tahun 2017 ada di RT 12 dan RT 13. Rencananya akan dibuat jalan rabat beton dan rehab drainase. Tahap awal ini dana yang dicairkan sebesar Rp 500.000.000,-.

Masyarakat sangat antusias melihat kedatangan kami. Setiap kami lewat warga menyapa dan menanyakan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan di sana. Tentang apa saja yang akan dibangun, apa saja yang akan diperbaiki, berapa dana yang dikucurkan, siapa saja yang akan bekerja, dan kapan kegiatan akan dimulai.


Itulah yang kami harapkan, masyarakat antusias dengan program yang ada di tempat tinggal mereka. Salah satu bentuk nyata dari antusiasnya masyarakat Dusun Besar menyambut kegiatan yang akan dilaksanakan di tempat tinggal mereka adalah adanya persiapan tanaman bunga. 

Mereka menanam bunga dengan barang bekas sebagai potnya. Ada pot bunga yang terbuat dari bekas tempat kue, ada juga pot bunga yang terbuat dari botol bekas. Bunga yang mereka tanam sekarang sudah mulai berbunga, insyaallah setelah kegiatan pembangunan di sana selesai bunga-bunga tanaman mereka juga sudah mekar semua dan siap disusun. 


Rencananya bunga-bunga ini nanti akan diletakkan di pinggir-pinggir rumah setalah kegiatan selesai. Mereka mengatakan bahwa harapan mereka, nantinya selain infratruktur mereka menjadi lebih baik lingkungan mereka akan lebih indah. Sangat bahagia melihat antusiame ini. Bayangkan betapa cantiknya lingkungan RT 12 dan RT 13 Dusun Besar setelah kegiatan PLPBK di sana selesai.

Read More »

Tuesday, 13 June 2017

MUDIK KECE DENGAN TRANSPORTASI UDARA

Apa kabar Sobat Aviasi dan pembaca semua? Sudah merencanakan mudik? Atau malah sudah mudik duluan? Heheheeee......Siapa tahu kan ya, sudah ada yang mudik duluan karena sudah tidak sabar bertemu dengan yang terkasih.


Bagi yang mau mudik pilih mudik dengan mode transportasi apa nih? Transportasi darat, laut atau udara? Kalau aku sih, jika bisa memilih aku akan memilih mode transportasi udara. 

Mengapa memilih transportasi udara? Karena menurutku transportasi udara itu kece.



Mengapa transportasi udara itu kece?
Transportasi udara itu kece karena dengan transportasi udara kita bisa mudik dengan selamat, aman dan nyaman. Satu lagi tambahan, mudik dengan transportasi udara itu cepat! Cepat adalah salah satu yang aku sukai dari transportasi udara. Ingat waktu ke Palembang beberapa tahun silam. Kalau menggunakan transportasi darat, perjalanan Kota Bengkulu ke Palembang bisa menghabiskan waktu sampai 12 jam. Sedangkan dengan transportasi udara hanya memakan waktu 1 jam kurang, uhuk uhuk uhuk (jadi batuk). Bayangkan betapa banyak waktu yang kita hemat dengan menggunakan transportasi udara.


Tips mudik selamat, aman dan nyaman dengan transportasi udara:
Ada beberapa tips mudik selamat, aman dan nyaman dengan transportasi udara:

1. Beli tiket jauh hari sebelum lebaran
Beli tiket mepet-mepet waktu itu bikin dag dig dug duer. Enak kalau kita kebagian tiket, kalau tidak? Kita bisa nangis merana di kamar karena kemungkinan tidak bisa ikutan mudik sudah di depan mata. Ingat, saat mengisi data ketika membeli tiket pastikan bahwa semua data diri kita benar.

2. Datang ke bandara 3 jam sebelum waktu penerbangan
Sebaiknya 3 jam sebelum waktu penerbangan kita sudah berada di bandara. Lalu 2 jam sebelum penerbangan kita sebaiknya sudah check in. Sesuai dengan PM 185 tahun 2015 pasal 18, bahwa batas waktu penutupan check in adalah 30 menit dari keberangkatan pesawat udara. Selanjutnya 1 jam sebelum penerbangan sebaiknya kita sudah berada di waiting room dan berada di gate yang benar. Jadi kita merasa tenang karena sudah pada jalur yang benar sebelum mepet waktu. Bisa dibayangkan jika 30 menit sebelum lepas landas kita masih sibuk mencari arah yang benar. Kita bisa panik, ada kemugkinan ketinggalan pesawat atau mungkin bisa sama dengan kejadian di film home alone, nyasar ke lain kota cinnnnnnnnnnnn. Jangan sampai deh.

3. Bawa barang seperlunya
Iyap, bawalah barang seperlunya. Lihat-lihat kapasitas bagasi kita. Membawa barang yang berlebihan selain bisa membuat kita membayar lebih juga bisa membuat kita sedikit repot. Sewaktu di bandara aku pernah melihat seorang bapak yang membawa barang kebanyakan. Beliau repot sekali, depan belakang gendong tas, kiri kanan tarik troli. Ya ampun, itu sudah mirip pindahan rumah pak, kasihan badan. Kalau bisa protes mungkin badan sudah protes hehe.

4. Siapkan surat rekomendasi terbang dari dokter atau badan usaha angkutan udara bagi yang memerlukan
Untuk orang-orang tertentu diperlukan surat rekomendasi terbang dari dokter. Seperti ibu hamil yang tertuang di PM No 185 tahun 2015 pasal 42 ayat 7. Ada juga penumpang yang menggunakan oxygen yang tertuang di ayat 8. Serta pengguna stretcher case wajib mengajukan permintaan kepada badan usaha angkutan udara paling lambat 24 jam sebelum penerbangan. Serta wajib didampingi oleh paramedis dan memiliki surat rekomendasi dokter.

5. Usia aman terbang
Untuk yang membawa debay alias dedek bayi perhatikan usia minimal terbang untuk bayi. Bayi aman diajak terbang di usia minimal 3 bulan.

6. Letakkan surat-surat atau dokumen penting di tempat yang mudah dijangkau
Mengantisipasi repot buka-buka koper kita sebaiknya meletakkan surta-surat penting di tempat yang mudah dijangkau. Kalau aku biasanya meletakkan surat-surat atau kertas penting di tas kecil yang aku bawa kemana-mana. Surat atau kertas penting di sini maksudnya seperti identitas diri, tiket, paspor dan lain sebagainya.

7. Jangan membawa senjata tajam atau barang-barang yang dilarang lainnya

8. Lindungi barang bawaan saat di bandara
Hidari untuk meletakkan uang dalam dalam kotak keamanan saat proses check point. Hindari pergi mendahuli tas saat elewati detektor logam. Beri tanda tas dan barang bawaan lainnya serta selalu awasi tas dan barang bawaan. Ingat benda yang kamu bawa, bila perlu pilihlah koper atau ransel yang mencolok agar lebih mudah dikenali.

9. Matikan alat elektronik saat lepas landas dan mendarat
Menghidupkan alat elektronik saat lepas landas dan mendarat bisa mengakibatkan gangguan navigasi dan ini fatal.

10. Jauhi bicara tentang bom
Sesuai dengan UU No. 1 tahun 2009 tentang penerbangan, bercanda tentang bom itu tidak diperbolehkan. Sipa saja yang terbukti sengaja menyebar isu bom yang tidak benar bisa dikenakan hukuman penjara.

11. Perhatikan dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh pramugari
Ingat, saat pramugari memberikan peragaan di depan sebelum lepas landas itu diperhatikan ya, jangan salah fokus.


Tambahan untuk mudik kece dengan transportasi udara:
Sebagai tambahan nih teman-teman. Agar mudik kita semakin kece dengan transportasi udara jangan lupa untuk selalu senyum dan sapa. Kalian bisa bayangkan jika semua penumpang mudik transportasi udara tersenyum dan saling menyapa. Perjalanan jauh akan terasa dekat. Penumpang yang kece akan makin kece. Penumpang yang jelek bisa jadi kece dan siapa tahu senyum mempesonamu itu bisa mempercepat pertemuanmu dengan jodoh. Mungkin saja kan kalau ternyata kita berada satu pesawat dengan orang kece yang ternyata adalah jodoh kita, atau mungkin calon mertua kita. Bisa bisa bisa.

Selamat mudik semuanya. Selamat mudik dengan selamat, aman dan nyaman. Salam hangat untuk keluarga kalian di kampung halaman yang pasti kece di sana. Ingat-ingat lagi tips di atas saat akan terbang kembali, agar kita selalu selamat selamanya saat penerbangan.

Oh ia, Direktorat Jendral Perhubungan Udara mengadakan loma vlog yang hadiahnya kece badai lho. Hadiah utamanya jalan-jalan ke Raja Ampat! Bagi yang berminat bisa cek di http://selamanya.id/. Mari bersaing secara sehat heheheee... Nyanyi dulu yuk!


Jingle Selamanya Kemenhub
Sebelum kau melangkah
Keluar dari rumah
Ingat-ingatlah wajah yang menuggu tanpa lelah

Kehadiranmu manis
Untuk mu terbang kembali
Pulang ke rumah kita
Tuk bersama selamanya

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman kan bawa pulang senyuman

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman kan bawa pulang senyuman
Selamanya


Read More »

Monday, 12 June 2017

Tulisan Panjang atau Pendek?

Tulisan blog yang bagus itu yang bagaimana sih?

Tulisan yang panjang atau pendek?

Aku sering kali menemukan sebuah lomba yang mensyaratkan sebuah tulisan blog itu minimal sebanyak 500 kata. Ada juga yang pernah keceplosan bilang, "pendek sekali tulisannya, ga bisa panjangan apa?". Aku sebagai pemula jadi bertanya-tanya, jadi tulisan yang bagus itu adalah tulisan dengan panjang minimal 500 kata ya? Berarti tulisan pendek itu jelek ya?
hmmm......jadi mikir dalam hati.

Aku mulai banyak membaca tulisan-tulisan panjang dan pendek di blog-blog teman-teman blogger.

Sering berjalannya waktu aku memiliki sebuah kesimpulan sendiri. Menurutku sebuah tulisan yang bagus adalah sebuah tulisan yang bermanfaat untuk banyak orang, sebuah tulisan yang menginspirasi. Jadi sepanjang apapun tulisan kita kalau tidak bermanfaat ya kurang bagus. Tulisan yang panjang dan membosankan juga kurang diminati. Aku memiliki sebuah kesimpulan lagi. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang menyenangkan saat dibaca. Untuk apa kita membaca kalau bacaan yang kita baca malah membuat stres heheee...ia kan? Benar kan? Karena pernah pada suatu saat aku membaca sebuah tulisan yang panjang sekali dan membosankan. Alih-alih mendapatkan sebuah ilmu dari sana, aku malah pindah halaman saat masih erada pada tengah bacaan.

Aku harus banyak belajar mengenai cara menulis yang baik dan benar.

Bagaimana menurut kalian?

Read More »

Friday, 2 June 2017

Test Makan di Ayam Bakar Bekakak Bengkulu

OK foodie

Apa kabar? :)

Makin ganteng dan cantik tentunya yah, aamiin.

Hari kamis kemarin aku dan teman-teman (Nia, Ipo, Cici) buka bersama alias bukber. Nia katanya mau ketemu dengan kami, mau curhat tentang kekangenannya dengan kami-kami hehehee............ Seperti biasa kami bingung menentukan tempat bukber. Si Nia awalnya ingin kami bukber di cafe yang menyajikan makanan Korea, dia kangen masa belajar di Korea. Aku dan Cici kurang setuju karena kurang kepingin makan yang bakar-bakar, sedangkan Ipo kurang setuju karena lidahnya adalah lidah Indonesia 100% katanya, sehingga agak kurang cocok dengan makanan Korea. Lain kali saja ya makanan Korea, sekarang aku sedang kepingin makan yang bakar-bakar.


Setelah galau berkepanjangan kami memilih untuk akan di sebuah tempat makan baru di Kota Bengkulu. Namanya "Ayam Bakar Bekakak Bengkulu". Tempatnya di Jl. Mayjend Sutoyo Kelurahan Tanah Patah, sebelah kantor Polisi Ratu Agung. Gampang carinya kerena berada di pinggir jalan.

Well, sewaktu sampai di sana yang terkesan di mata adalah boleh juga, mayan ketche.

Kami sampai sudah lewat jam 5 sore. Maklumlah, faktor kegalauan memilih tempat sepertinya mempengaruhi waktu.

Penampakan ruang bawah
Kami dapat meja nomor 8, yang lain sudah pada dipesan pelanggan. Lalu pesan menu, menunya banyak lho. Kita bisa pilih dari makanan asal air sampai yang darat. 

Jadi kemarin aku pesan bebek bakar, Cici pesan ayam bakar, Ipo pesan ayam mentega, Nia pesan capcay. Nia diet! Jadi Nia makan sayur saja, walau akhirnya kami paksa makan nasi ehheheee........ Untuk tambahan kami pesan tumis kangkung, goreng tempe tahu, sambal hijau, sopo tahu, dan hati ampela goreng sambal hijau.


Untuk minum aku, Nia dan Cici pesan es kelapa sedangkan Ipo pesan jus jambu.


Menjelang magrib minuman kami sampai tetapi makanannnya belum. Jadi sewaktu masuk buka kami minum minuman yang kami pesan lalu sholat magrib. Tempat makan ini menyediakan mushola untuk para pelanggan, jadi kami tidak perlu cari-cari masjid terdekat untuk sholat. Musholanya ada di lantai atas, kalau kalian ingin sholat tanyakan saja dengan pramusajinya.

Seusai solat kami kembali ke tempat makan, tak lama menunggu makanan kami sampai. Asikkkk....lapar kan habisnya. Kami langsung makan dan semuanya ludes. Kan jangan mubazir kan ya, yang paling sedikit makan itu Cici, pantasan kurussssssssssssssssssssssssssssssssssss.


Sambil makan kami sambil bercerita tentang cerita masing-masing, maklum semenjak lepas dari bangku S1 kami memiliki dunia masing-masing. Waktu beberapa jam itu tidak cukup, kami perlu waktu berhari-hari mungkin.

Oh ia, untuk rasa makanan di Ayam Bakar Bekakak Bengkulu aku acung jempol, memang enak kakakkkkk...........karena enak inilah semua pesanan kami habis. Walau memang harus diakui selain enak, habisnya makanan dikarenakan kami kalap.

Seusai makan kami bersiap pulang dan menuju kasir. Hmmmm...ini yang perlu dibenahi oleh Ayam Bakar Bekakak, beberapa item itu beda harga dg di daftar menu. Sebelum ke kasir kan kami hitung-hitung berapa kira-kira kami akan bayar, e.....sampai kasir meleset. Kami cek harga, ternyata harga beda. Mungkin karena harga bahan makanan sekarang naik kali ya, atau mungkin karena bulan Ramadhan? Itu saja untuk masukkanya, samakan harga menu dan kasir. Jangan sampai pelanggan imut-imut seperti kami terkejut dengan harga.

Tapi untuk rasa dan pelayanan aku kasi jempol.

Ada yang mau ngajakin makan? *ngarep


Read More »
COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES