Wednesday, 20 September 2017

Bisa hapal Al Qur'an itu AMAZING


Bisa menghapal Al Qur'an itu sungguh amazing alias luar biasa. Mungkin bagi sebagian orang mengahapal adalah hal yang mudah. Tetapi tidak untukku saat menghapal Al Qur'an. Ada-ada saja yang lupa lah, tinggal lah, kepanjangan lah, lupa lagi lah ckkckckkcc....

Salut untuk para hafiz dan hafizah yang dapat mengahapal Al Qur'an, bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Sebenarnya ini adalah penyebab mengapa aku sering menangis saat melihat acara hafiz cilik di salah satu stasiun TV swata itu. Bukannya apa-apa, tetapi aku jadi ingat diri sendiri, aku waktu masih kecil ngapain aja ya. Kok mereka bisa seperti itu sedangkan aku tidak.

Kan kami sama-sama makan nasi, sama-sama muslim. Sama-sama belajar ngaji, sama imutnya hehe.

Bisa mengahapal Al Qur'an itu amazing karena dengan hapal Al Qur'an kita jadi mengetahui seluruh ilmu yang ada di dunia. Lha, ia lho. Al Qur'an mengandung seluruh cabang ilmu yang ada di dunia. Hapal Al Qur'an juga akan meningkatkan derajat kita. Tak percaya? Coba deh kalian buktikan, siapa yang diminta duduk di depan saat acara tilawatil? Siapa yang sering diminta untuk mengaji di berbagai macam acara? Siapa yang sering diberi hadiah karena Al Qur'an? Dan lain sebagainya.

Semoga kita semua nanti bisa menjadi para penghapal Al Qur'an yang baik, aamiin. Kalian punya ide?
Read More »

Tuesday, 19 September 2017

Tips membeli jilbab

tips memilih hijab
Tips membeli hijab

Memakai hijab adalah kewajiban untuk seluruh perempuan muslim dimanapun berada. Alhadmulillah sekrang hampir seluruh perempuan muslim Indonesia sudah menggunakan hijab. Penjual hijab alias jilbab menjamur dimana-mana. Kita tinggal pilih sesuai keinginan, baik itu langsung melihat barangnya ataupun media online.
Baiklah, kita lanjut. Kita akan bahas tips membeli jilbab ala aku ya.

Kenali bahan jilbab yang akan dibeli
Mengenali bahan jilbab yang akan kita beli sangatlah penting. Karena jangan sampai jilbab yang kita beli nanti ternyata cepat rusak, atau cepat berbulu dan lain sebagainya. Jika belum mengetahui jenis bahan jilbab yang ditawarkan tanyalah kepada si penjual. Tanyakan jilbab yang bagus untuk kita yang mana. Aku pernah membeli jilbab yang aku pikir bagus tetapi ternyata jauh dari harapan, karena ternyata bahan yang aku pilih terlalu licin sehingga susah diatur.

Belilah jilbab yang menutup aurat
Tujuan kita berjilbab kan untuk menutup aurat nih, kalau jilbabnya tidak menutup aurat maka tujuannya sudah tentu tidak tercapai. Pada zaman sekarang banyak sekali jilbab yang bukan untuk menutup aurat tetapi untuk gaya-gayaan saja. 

Pilihlah jilbab yang warnanya cocok dengan kita
Ada nih kadangkala jilbab itu warnanya jreng jreng jreng begitu. bagi orang yang memiliki kulit putih mungkin ini akan terlihat ok-ok saja, tetapi untuk yang berkulit agak gelap cobalah untuk memilih jilbab berwarna tidak terlalu mencolok agar terlihat cantik saat dipakai. Bila perlu pelajari tentang tipe kulit kita. Mengapa? Karena tipe kulit itu berpengaruh dengan warna apa saja yang cocok dengan kita. Ada tipe kulit dingin dan tipe kulit hangat, nah contohnya kalau tipe kulit hangat akan terlihat pas jika mengenakan bahan berwarna orange sedangkan tipe kulit dingin akan kurang pas jika mengenakan warna orange.

Contoh satu lagi adalah foto di bawah ini.

tips memilih jilbab
Jilbab
Aku adalah orang berkulit hangat, jadi warna biru donker kurang pas di kulitku. Dimana efeknya? Saat memakai jilbab berwarna biru donker biasanya aku akan dianggap lebih dewasa dari teman-temanku. Berbeda saat aku memakai jilbab berwarna hangat (contohnya orange), aku biasanya akan dianggap yang paling muda di rombongan, ckckckkckkck.

Pilih model atau bentuk jilbab yang nyaman dipakai
Ad lho mode jilbab yang pernah aku temui itu jubrainya kepanjangan, jadi bukannya nyaman dipakai malah tidak enak dipakai dan menyusahkan kita untuk bergerak. Mentang-mentang ingin menutup aurat jangan pula memilih jilbab terlalu tebal atau berbahan panas. Kita tidak akan nyamna memakai jilbab jenis ini lama-lama.

Sesuaikan dengan modal di dompet
Walaupun ingin membeli jilbab terbaik bukan berarti kita harus menguras seluruh isi dompet kan ya :)
Kita masih memiliki keperluan lainnya, jadi perkirakan harga jilbab yang akan kita beli. Cukup memenuhi syarat maka cukup. Tidak perlu berlebihan.

Jika harus beli online usahakan membeli di tempat yang terpercaya
Membeli di tempat terpercaya sangatlah penting. Bukan sedikit orang yang kecewa saat membeli jilbab online, karena aslinya tidak seperti yang dibayangkan.

Ada tambahan?

Read More »

PENTINGNYA ASURANSI JIWA DI MATAKU


Akhir-akhir ini aku sering sekali mendengar yang namanya "Asuransi Jiwa". Ia sih, agak sering dari biasanya, karena ada seorang teman yang aku dengar terjun ke dunia asuransi dan mulai menawarkan jasanya ke teman-temanku. Aku belum kebagian nih ditawarin asuransi jiwa, mungkin karena aku dianggap masih imut-imut kail ya, ehem.

Ngomong-ngomong tentang asuransi jiwa, bagaimana asuransi jiwa menurut kalian? Kalau bagiku asuransi jiwa itu penting. Mengapa?

Asuransi jiwa memberikan kita rasa nyaman saat terpaksa meninggalkan yang tersayang
Rasa nyaman saat orang tua harus meninggalkan buah hati di rumah saat bekerja. Dalam artian jika terjadi sesuatu dengan orang tuanya, si anak memiliki uang untuk melanjutkan kehidupan. Ataupun meninggalkan orang lain seperti isteri atau suami.

Ini bukan artian kita rasa-rasa akan meninggal dalam jangka waktu cepat lho ya. Tetapi ini adalah sebuah bentuk proteksi terhadap orang yang siapa tahu akan ditinggalkan. Karena yang namanya takdir itu sering tak terduga, misalnya tiba-tiba meninggal padahal anak masih kecil-kecil. Hal ini pernah terjadi pada salah seorang mantan teman di kantor. Beliau memiliki seorang anak yang masih kecil dan seorang suami yang lumpuh. Artinya beliau adalah tulang punggung keluarga. Tiba-tiba beliau terserang penyakit dan meninggal dunia. Pada saat beliau meninggal anaknya baru akan masuk SD. 

Untung beliau memiliki asurasnsi jiwa sehingga anaknya mendapatkan uang yang jauh dari cukup untuk sekolah. Bayangkan jika beliau tidak pernah mempersiapkan semua ini. Kemungkinan anak beliau tidak akan sekolah. Alhamdulillah sekarang anak beliau sudah duduk di bangku SD.

Asuransi jiwa sebagai sarana menabung
Selain untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, asuransi jiwa juga bisa menjadi sarana menabung. Karena kan di asuransi jiwa ada yang namanya asuransi dwi fungsi, asuransi ini memungkinkan kita untuk menabung sekaligus menjadi salah satu member asuransi jiwa. Adapula asuransi unit link yang memungkinkan kita menjadi member asuransi sekaligus berinvestasi. Jadi tergantung kita mau memilih yang full asuransi jiwa atau asuransi jiwa sekalian menabung, sekalian begitu.

Asuransi jiwa sebagai sarana belajar untuk mempersiapkan yang akan terjadi di masa depan
Bagaimapun kita harus belajar untuk memprsiapkan apa yang akan terjadi di masa depan. Kita harus menjaga-jaga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dan belajar nabung, begitu menurutku sih.

Lalu bagaimana pengalamanku dengan asuransi jiwa?
Well well well, alhamdulillah aku masih dalam keadaan sehat dan masih bisa bekerja dengan baik. Ini artinya aku tidak pernah menggunakan asuransi jiwa yang sudah dimasuki. Masuk asuransi jiwa itu membuat kita damai, suer. Tapi ya jujur aku pernah sedikit kesal dengan salah satu asuransi jiwa yang bekerjasama dengan sebuah bank. 

Mengapa kesal? Karena si bank tidak menjelaskan bahwa aku dimasukkan menjadi salah satu member sebuah asuransi jiwa. Aku kan sudah masuk asuransi, jadi dengan dimasukkannya aku menjadi member sebuah asuransi maka aku menjadi anggota di dua PT asuransi, bagiku yang belum sekaya Om Bil Gates, ini menjadi masalah besar. Apalagi potongannya cukup besar, hampir Rp 400.000,- per bulannya, langsung dipotong dari tabunganku. Aku mulai curiga saat melihat saldo yang tiap bulan selalu berkurang, akhirnya semua uang di bank aku tarik lewat ATM. 

Walhasil kan mereka tidak bisa potong uang tabunganku di bulan berikutnya, aku ditelpon deh dengan pihak asuransi. Mereka bilang "Maaf mbak, asuransinya bulan ini belum dibayar. Mohon isi saldo di bank". Haduh haduh, kok bisa begitu ya. Aku langsung memutuskan untuk tidak melanjutkan menabung di bank yang bersangkutan. 

Saran untuk bank dan pihak asuransi jiwa jika ingin bekerjasama maka bekerjasamalah dengan baik. Tawarkan konsumen untuk masuk asuransi jiwa dengan baik. Kasihan anak imut-imut seperti aku ini, yang cepat-cepat tanda tangan saat buka rekening dan tak sadar kalau salah satu point yang ditandatangan itu adalah pernyataan masuk ke asuransi. Akunya juga salah sih, ga detail betul baca kesepakatannya. Jadi bahan pelajaran untuk ke depan agar tidka mengulangi kecerobohan ini. Eits, tapi aku masih salah satu member asuransi lho, ini hanya saran untuk perbaikan.

Asuransi jiwa di mata kalian bagaimana?

Sumber foto: pixabay.com
Read More »

Thursday, 14 September 2017

Ide hadiah untuk suami

hadiah
pixabay.com
Kalau ingat suami itu pengennya mellow aja. Maksudnya mellow bagaimana sih agar dia senang. Setelah pikir-pikir memberi hadiah ke suami itu bagus lho untuk mempererat kasih sayang. Kan yang namanya hadiah tidak mesti diberi saat dia ulang tahun. Hadiah itu bisa kita berikan kapan saja. ia kan?

Yuk kita list apa-apa saja yang bisa kita hadiahkan ke suami tercinta.

Jam tangan
Ini adalah suatu hal yang sudah sangat biasa tapi tetap jadi favorit kita bersama.

Kemeja Baru
Mengapa tidak kita belikan kemeja dengan warna kesukaannya. Pasti dia senang.

Baju koko
Mendukung dia untuk berpenampilan syahdu kan bisa dengan membelikan dia sebuah baju koko baru, ia kan? :)

Sarung baru
Untuk santai di rumah, atau untuk sholat sarung pas nih.

Ikat pinggang
Supaya dia ingat kalau ada yang mengikatnyaa? Hehhehee...bukan lah ya. Ini maksudanya ada yang selalu mengingatnya di rumah.

Dasi
Untuk suami yang bekerja menggunakan dasi hadiah dasi sangat pas. Pilih dasi yang warnanya sesuai dengan suami. Pilih pula dasi dengan gambar yang pas, sesuaikan dengan karakternya. kita mau dasinya diapakai kan ya. Ga lucu nanti sudah susah-susah dibeli tetapi dasinya tidak dipakai.

Dompet
Dia kadangkala lupa akan dompetnya yang sudah lama. Sibuk cari uang, bagaimana kalau kita yang belikan dompet untuk dia. Pasti sweet banget.

Parfum
Belikan dia parfum dengan wangi yang dia sukai. Atau pergi ke toko parfum dan minta penjualnya merekomendasikan parfum yang bagus untuk kita.

Makanan enak
Buatkan makanan kesukaannya dan tampilkan dengan presentasi terbaik.

Mug dengan karakter kesukaannya
Kalau dia memiliki karekter kesukaan sepertinya membelikan mug dengan gambar karakter kesukaannya akan menarik.

Pena
Belikan pena juga bagus lho untuk suami.

Senyuman manis
Rasanya semua orang setuju kalau sebuah senyuman manis dari yang terkasih akan jadi sesuatu yang sesuatu sekali kan ya. Capek-capek pulang kerja lihat istri senyum-senyum, hati jadi bahagia dan capeknya hilang. Ya....asal jangan senyum-senyum sendiri juga kali. Ntar dikira gila bahaya juga.
Read More »

Wednesday, 13 September 2017

MAMPIR BELI MANGGIS DI BENTENG


Aku dan suami mampir istirahat di jalan dari Kepahiang

Apa kabar teman-teman?

Semoga kita semua dalam keadaan selalu kece ya, aamiin.

Oh ia, kali ini aku akan cerita tentang membeli manggis di jalan pulang dari Kepahiang. Kalau kita dari Kota Bengkulu pergi jalan-jalan ke Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong otomatis akan melewati Kabupten Bengkulu Tengah alis Benteng kan ya, aku suka sekali ini. 

Kok senang melewati kabupten Benteng?

Ia dong senang, di sini banyak buah manggisnya, kita tidak akan susah menemukan buah manggis di sepanjang jalan raya. Karena banyak pedagang yang menjajakan dagangan buah manggis mereka di pinggir jalan. Mereka biasanya menjajakan buah manggis dengan cara digantung. Jadi kalau mau beli tanyanya berapa seikat ya, bukan sekilo.

Kemarin sewaktu pulang dari jalan aku dan sumi beli dua ikat untuk di oleh-oleh. Kami membeli 2 ikat manggis. Satu ikatnya dibandrol dengan harga Rp 15.000,-. Ini memang tergantung musim sih, kalau sedang musim manggis harganya bisa lebih murah lagi, seikatnya hanya Rp 15.000,-. Tetapi kalau sedang tidak musim seikatnya bisa Rp 25.000,-.

Seikat buah manggis biasanya terdiri dari 10-15 buah manggis. Nah, kita harus pandai-pandai dalam memilih, karena kisaran banyak buahnya beda-beda tiap pedagang. Kita juga harus pandai-pandai memilih buah manggis yang masak. Kadangkala ada pedagang nakal yang memasukkan manggis yang kurang bagus dalam ikatan buahnya.

manggis
Mampir beli mangggis
Ciri-ciri buah maggis yang bagus itu berwarna merah tua pekat mengarah ke ungu. Buah nampak masih segar. Kulit buah lembut dan tidak terlalu banyak getah yang menempel. Kalau banyak getah yang menempel itu tandanya buah manggis belum terlalu masak. Sebenarnya sih buah manggis yang belum benar-benar masak itu rasanya tetap manis, yakin deh. Tapi getah kadangkala menempel membuat rasanya kurang ok. Kecuali kita bisa memisahkan antara getah dan daging buah manggis. 

Buah manggis yang dijual rasanya alhamdulillah manis. Suka suka suka

Tambahan nih, pedagang di sana rata-rata berasal dari suku rejang, kalau bisa berbahasa rejang maka berbahasa rejanglah kalian. Karena kadangkala ini bisa merubah harga buah menggis yang kalian beli menjadi lebih murah hehheheeee

Makan manggis yuk :)
Read More »

Tuesday, 12 September 2017

Mengapa memutuskan ngeblog?


Pertanyaan yang kadang muncul di benak teman-temanku dan akhirnya terlontar dari mulut mereka adalah mengapa aku memutuskan untuk ngelog? Hmm....pertanyaan yang aku yakin juga sering berseliweran di luar sana. Okeh teman-teman aku ngeblog karena aku suka curhat :D, kita jabarkan okeh.

Mengapa ngeblog

1. Aku suka curhat
Ia lho, aku suka curhat. Kan kalau dulu ada buku diari, aku biasanya tiap malam menuliskan kejadian sepanjang hari ke buku diari. 

2. Laptop adalah ganti buku untukku
Dulu aku menuliskan di buku diari kan ya, nah sekarang aku menulisnya di laptop. Karena kalau buku diari rentan sekali hilang dna rusak, sedangkan kalau tulisan yang diupload di internet bisa bertahan sampai kapan pun. Selama tidak dihack, blog hilang karena entah apalah atau mungkin internet dunia rusak.

3. Berbagi itu indah
Kalau dulu yang namanya buku diari adalah milik pribadi. Hanya kita yang bisa membacanya berbeda dengan blog yang bisa dibaca oleh seluruh pengguna ineternet dimanapun berada. Bukan hal yang mustahil jika sebenarnya apa yang menjadi pengalaman kita dan kita tulis di blog adalah sesuatu yang dibutuhkan dan dicari banyak orang. Seperti tulisan aku tentang pengalamanku menghilangkan jerawat yang ternyata pengunjungnya banyak sekali. Bukankah hal yang indah jika tulisan kita bisa membantu banyak orang? Ia kan?

4. Dunia blog mempertemukan aku dengan banyak teman baru
Aku sekarang memiliki banyak teman baru, ada teman-teman dari Blogger Bengkulu, Kumpul Emak Blogger, Blogger Perempuan, dan Warung Blogger. Sekarang temanku tambah banyak, ingat kan dengan kalimat "Banyak Teman Banyak Rezeki?". I do believe it!

5. Belajar banyak hal baru dari dunia blog
Ngeblog itu sama artinya dengan belajar. Dengan menulis di blog kita belajar tentang dunia internet, dunia search engine, dunia marketing, dan banyak hal yang dituliskan oleh teman-teman sesama blogger.

6. Berkemungkinan mendapatkan uang dari blog
Melalui blog kita berkemungkinan mendapatkan uang lho, benar. Karena di dunia blog sering ada give away, ada kompetisi dan bisa saja ada orang yang ingin memasang iklan di blog kita. Bukankah menyenangkan melakukan hal yang bermanfaat dan berkemungkinan mendapatkan uang?

Sudah tertarik untuk ngeblog?

Read More »

Lebaran Idul Adha di Desa Sosokan Taba

Ini adalah late post banget lah ya. Lebaran Idul Adhanya kan dah lama hehehee. Tapi it's ok. Lebih baik telat menulis daripada tidak menulis sama sekali, iyes.

Alhamdulillah tahun ini bisa lebaran di rumah mertua yang artinya aku ga jomblo lagi, uyeeeeeeeeeee....colek yang jomblo hehehee. Aku doakan yang jomblo segera mendapatkan jodohnya, jodoh yang baik, yang dengan bersamanya kalian menjadi pribadi yang lebih baik dan merupakan jodoh dunia akherat, aamiin.

Aku pikir awalnya aku akan ikut merayakan lebarna Idul Adha di rumahku di Kota Bengkulu, lalu pergi jalan-jalan dengan anak-anak Blogger Bengkulu pada keesokan harinya. Tetapi ternyata suami ngajakin lebaran di rumah orang tunya di Desa Sosokan Taba, Kabupaten Kepahiang. Tentu aku senang mendapat ajakan ini. Ini adalah kesempatanku untuk pendekatan dengan keluarganya dan dunianya. Lagian kan aku suka dengan hal-hal yang baru, ntah bagaimana aku sangat yakin kalau aku akan menemukan banyak ha baru di sana.

Hari raya Idul Adha kali ini jatuh pada hari jumat, tanggal 1 September 2017. Pas banget memang untuk keluar kota. Iyap, kan kalau tanggal merah pada hari jumat libur kita jadi panjang kan ya. Aku dan suami berangkat pada kamis sore dengan semangat 45, makanan enak menunggu di Desa Sosokan Taba. Aku tahu ada makanan enak di sana karena sebelum beragkat adik iparku Sincan mengabarkan kalau mereka sudah siapkan makanan enak untuk kami.

Kami sampai di Desa Sosokan Taba pada pukul 19.00 WIB. Tentu hari sudah gelap dan waktu makan malam sudah sampai.  Kami pun langsung diajak untuk ikut makan malam. Setelah meletakkan tas dan membereskan muka yang agak berantakan aku dan suami ikut makan bersama. Sebenarnya aku kepiign foto selfie dengan mereka sebelum makan, tapi belum kesampaian. Lain kali ajalah sepertinya, jangan sampai mereka takut denganku gara-gara hobi foto ehheehheee...wajar kan ya sebenarnya? kan seorang blogger harus punya banyak dokumentasi :D

Ada yang berbeda dengan lebaran Idul Adha di sini. Perbedaan tersebut ada di cara mereka melaksanakan kurban. Ia, agak berbeda dengan yang biasa dilaksanakan di Bengkulu. Apa bedanya?

Di Desa Sosokan Taba hewan kurban disembelih di rumah masing-masing

pemotongan daging kurban di Desa Sosokan Taba
Pemotongan hewan daging kurban di halaman rumah
Gambar di atas adalah proses pemotongan daging kurban di halaman rumah warga. Agak berbeda dengan kebiasaan di Bengkulu, kalau kami biasanya hewan kurban dipotong kolektif di masjid atau tempat yang sudah ditetapkan.

Daging kurban dibagi ke rumah yang membutuhkan oleh keluarga yang berkurban
Karena hewan kurban disembelih dan dipotong di rumah yang berkurban maka panitia kurban otomatis adalah keluarga yang berkurban. Jadi biasanya pihak keluarga lah yang akan membagikan daging kurban ke rumah-rumah yang dianggap pantas menerima.

Rumah yang berkurban mengadakan syukuran
Hal ini agak baru untukku. Kalau kami biasanya ya masak seperti lebaran biasa. Tidak sampai mengundang banyak orang dan syukuran kelas berat. Berbeda dengan di Sosokan Taba. Di sini orang yang berkurban mengadakan syukuran besar. Makan-makannya seperti pesta, maksudku makannanya lengkap bro. Bayangkan kalau yang berkurban itu banyak, maka persipakanlah perut dari pagi hari. Jangan makan terlalu kenyang karena akan banyak tempat yang mengajakmu makan hehhehe.


Ada hidangan pembuka menyambut tamu berupa kue-kue
Selain menyiapkan makanan berat (nasi dan kawan-kawan), orang yang berkurban juga menyajikan banyak kue kepada para tamu yang datang. Jadi setiap ada tamu datang mereka disajikan kue-kue dulu, setelah itu barulah yang kaum adam potong memotong sedangkan kaum ibu masak-masak.
hidangan kue
Hidangan kue

Kaum ibu  masak bersama 
masak
Masak-masak
Uyee...masak-masak, sebagai salah satu kaum ibu aku ikutan masak di dapur. Iyap, aku ngekor ibu mertua ke dapur. Walaupun aku belum paham obrolan mereka it's ok. Kumpul dengna orang-orang baru itu adalah suatu anugrah. Ibu-ibu di sana juga saru-seru jadi aku betah kumpul dengan mereka.

Mendoa/yasinan sebelum makan bersama
Ini kan konsepnya memagn syukuran ya, jadi sebelum makan-makan diawali dengan mendoa atau yasinan dulu. Aku setuju dengan ini, jadi suasana berasa lebih syahdu lho.

Ingat, buat kalian yang ke Desa Sosokan Taba, Kepahiang, Bengkulu pada saat hari raya Idul Adha persipakan perut kalian. Karena kemungkinan kalian akan diajak makan besar ke banyak rumah pada hari itu hehheeee. Contohnya saja aku, setelah membantu masak di 4 rumah aku memutuskan hanya makan di 1 rumah. Tak sanggup lambung ini kawan, sudah full alias kekenyangan.

Lebaran Idul Adha di tempat kalian bagaimana?

Bengkulu, 13 September 2017
Read More »

Sunday, 10 September 2017

Kunjungan ke Rumah Pengasingan Bung Karno


rumah pengasingan bung karno di bengkulu
Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu di bawah mendung
Sayang, aku mau beli bedak dulu. Sayang mau ikut?

Itu adalah kalimat yang terlontar dari mulutku sore kemarin. Aku ada niatan beli bedak di salah satu mall di Kota Bengkulu. Pak suami akhirnya memutuskan untuk ikut aku ke mall, mungkin beliau takut aku kalap dan banyak beli yang lain-lain heheheee......

Sebenarnya aku ingin ikut kunjungan ke sini bersama dengan teman-teman Blogger Bengkulu (BoBe). Kalau tidak salah tanggal 2 September lalu mereka ke sini dan ke benteng Marlborough.  Media Center Provinsi Bengkulu memberitahukan bahwa kami bisa dapat akses untuk jalan ke dua lokasi bersejarah ini ditemani dengan pemandu. Jadi member Blogger Bengkulu bisa menanyakan berbagai hal yang mereka ingin tahu. Sekalian BoBe bisa melihat kondisi kedua tempat ini setelah sah berada di bawah pengawasan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi. Kabar yang aku dapat sekarang menjadi lebih kece. Tetapi karen ikut suami ke desa aku batal ikut pergi dengan teman-teman BoBe. Baiklah itu hal biasa, kita lanjut ceritanya.

Kami berangkat setelah solat asar dengan motor kesayangan, caileeee...........

Ia, karena alhamdulillah memang baru punya motor, semoga sebentar lagi bisa beli mobil, aamiin.

Saat kami baru keluar dari gang rumah tiba-tiba aku bilang, nanti kita ke rumah pengasingan Bung Karno dulu ya yang. Dia langsung pasang wajah terkejut tetapi setuju untuk jalan-jalan dulu. Ia cuy, kita itu butuh refreshing, lagian rumah pengasingan Bung Karno tidak jauh dari rumah dan mall tujuan. Hanya dalam waktu 7 menit kami sampai ke rumah pengasingan Bung Karno, parkir di luar pagar dan langsung masuk ke halaman rumah.

Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu berlokasi di Jl. Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Rumah ini memiliki halaman yang luas dan cantik. Lihat saja nih fotonya. Di bagian kiri rumah ada tempat duduk untuk bersantai lho, jadi cocok untuk penyejukan mata dan jiwa. Aplagi saat pergi kemarin cuaca sedikit mendung, jadi sejuk-sejuk gimana gitu.

halaman rumah pengasingan bung karno
Foto Halaman Rumah Pengasingan Bung Karno
Untuk masuk ke dalam rumah kita dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,- per orang. Tergolong murah untuk sekelas wisata sejarah (menurutku). Setelah membayar uang retribusi aku langsung masuk dan mulai mengeksplorasi rumah.

Rumah ini terdiri dari teras rumah, ruang kerja Bung Karno yang terletak di sebelah teras, kamar tidur Bung Karno dan Ibu Inggit (istri pertamanya), kamar tidur tamu, kamar tidur Ratna Djuami dan Kartika/Sukarti, ruang tamu, dan teras belakang. Pada setiap ruangan terdapat foto-foto sejarah Bung Karno selama di Bengkulu. Coba lihat nih foto di bawah, banyak foto bergantungan, tiap foto diberi penjelasan di bawahnya. Ini sangat membantu para wisatawan yang datang, jadi wisatawan paham foto apa yang terpajang di sana.

Ruang Kerja Bung Karno
Seperti yang sudah aku singgung di atas, setiap ruangan di rumah pengasingan ini penuh dengan foto sejarah. Foto-foto yang tergantung di ruang kerja Bung Karno rata-rata adalah hasil karyanya selama di Bengkulu. Ada foto Masjid Jamik yang merupakan hasil rancangannya, ada juga rumah hasil rancangan beliau di Jl. Prof. Dr. Hazairin, dan lain sebagainya. Selain foto-foto di ruang kerja ini terdapat sebuah meja dan sebuah kursi kerja. Sepertinya itu adalah replika dari meja dan kursi kerja beliau pada masa itu.

kamar rumah pengasingan bung karno
Ruang Kerja
Kamar Tamu
Aku menyempatkan diri berselfie ria di kamar tamu rumah pengasingan Bung Karno ini. Aku kan tamu nih, berarti ini kamar milikku hehhehee.... Kamar tamu ini berisi foto-foto sejarah, koleksi buku dan seragam pementasan drama. Salah satu cara beliau untuk mendekatkan diri dengan masyarakat ya dengan pementasan drama. Nama kelompok drama bentukan Bung Karno adalah "Monte Carlo". Mendengar Monte Carlo kok aku jadi ingat film telenovela. Tapi ini bukan telenovela ya, catat.

zefy arlinda
Foto di Kamar Tamu 
Untuk koleksi buku, bukunya rata-rata berbahasa Belanda. Ya, bahasa Belanda. Aku memandang sedih, karena aku tidak paham apa isi buku-buku tersebut (baca "aku tidak paham bahasa Belanda"). Lihat lemari buku ini teman-teman, banyak kan? Rumah ini memiliki beberapa lemari buku seperti ini. Konon kabarnya Bung Karno adalah orang yang gemar membaca, jadi koleksi bukunya memang banyak.

Ini adalah sindiran untuk kita semua, masa Bung Karno yang dulu diasingkan saja sempat-sempatnya punya banyak koleksi buku dan hobi membaca sedangkan kita tidak. Seharusnya kita yang hidup di zaman serba mudah dan bukan dalam diasingkan ini lebih gemar membaca dari baliau. Kita harus punya lebih banyak koleksi buku dari beliau. Hobi foto-foto boleh lanjut, main games lanjut tapi hobi baca juga harus tetap lanjut, malu dengan Bung Karno.

koleksi buku rumah pengasingan bung karno
Koleksi Buku Bung Karno
Kamar Bung Karno dan Bu Inggit
Kamar ini berisi tempat tidur dan beberapa foto sejarah.

rumah pengasingan bung karno
Aku numpang foto
Sebenarnya kalau tidak tahu malu aku akan berfoto ria di atas kasur putih itu lho, tetapi karena aku adalah salah seorang anak bangsa yang baik aku fotonya dari jauh saja deh. Foto dari jauh tetap bagus kok, kalau kata anak zaman sekarang itu "tetap kece".

Kamar Tidur  Ratna Djuami dan Kartika/Sukarti
Sama dengan kamar tidur Bung Karno dan Bu Inggit. Kamar ini berisi beberapa foto sejarah dan sebuah tempat tidur. Oh ia, info tambahan untuk kita semua. Ratna Djuami dan Kartika/Sukarti adalah dua orang anak angkat Bung Karno.

Teras Belakang
Teras belakang bagus lho, teras ini cukup luas untuk tempat bercengkrama. Kalau sekarang di teras belakang ini menjadi tempat pengelola menjajakan oleh-oleh kas Bengkulu. Mulai dari makanan, souvenir dan pakaian ada di sini. Jadi para wisatawan tidak perlu repot--repot mencari oleh-oleh kalau main ke Bengkulu.

Di depan teras belakang ada gudang penyimpanan, halaman belakang dan sebuah sumur yang terkenal kemana-mana. Katanya sih ya, air sumur ini segar dan jernih jadi bagus untuk kecantikan. Air ini bisa membuat orang awet muda. Gara-gara mitos yang entah dari mana asalnya itu si sumur jadi terkenal, walhasil banyak para wisatwan yang cuci muka di sana. 

Sebenarnya cuci muka dengan air bersih itu bagus, itulah mengapa kita yang muslim diwajibkan sholat 5 waktu hehehheeee.... Tapi ya air mana saja, yang penting airnya bersih dan mensucikan, begitu lho. Kalau mitos itu aku jujur aku tidak tahu kebenarannya.

halaman belakang rumah pengasingan bung karno
Halaman Belakang Rumah
Ruang Tamu
Aku hampir lupa membahas tentang ruang tamu. Ruang tamu rumah pengasingan Bung Karno ini diisi oleh satus set kursi tamu, sebuah sepeda yang biasa digunakan oleh Bung Karno dan beberapa foto. Walau ini adalah ruang tamu kalian kalau datang jangan duduk di kursi tamu itu ya. Pengunjung dilarang untuk duduk di sana, sepertinya ini dilakukan agar barang-barang yang ada tetap awet dan bisa disaksikan oleh seluruh generasi bangsa Indonesia. Untung ada tulisannya kalau pengunjung dilarang duduk di sana, kalau tidak mungkin aku sudah duduk cantik.


Setelah puas berkeliling di dalam rumah aku mengajak suamiku untuk pulang dan melanjutkan beli bedak di mall tujuan. Sebelum pulang kami foto dulu dong, pengabadian kejadian. Kan kalau ada foto kita punya kenangan yang bisa dibagi dan bisa upload. Lagian siapa tahu nanti suatu saat kami jadi pemimpin bangsa ini uhuk uhuk uhuk uhuk (keselek).

kami di rumah pengasingan bung karno
Aku dan suami (rasa-rasa jadi bapak dan ibu negara)
Yuk main ke Bengkulu, rumah pengasingan Bung Karno ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang bagus untuk didatangi :)



Baca juga
Read More »

Saturday, 9 September 2017

KENALAN LEBIH DEKAT YUK DENGAN BENTENG MARLBOROUGH DAN RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI BENGKULU


Apa kabar teman-teman dunia maya?

Dalam keadaan bahagia kan ya? Aku doakan kita semua selalu dalam keadaan bahagia dan selalu beruntung, aamiin. 

Aku ada cerita nih dari Bengkulu, beberapa hari kemarin Bengkulu menjadi lokasi sebuah hajatan besar. Pada tanggal 5-7 September 2017 ada kegiatan internalisasi cagar budaya di Bengkulu. Kegiatan ini diselenggarakan di rumah pengasingan Bung Karno dan benteng Marlborough. Alhamdulillah acara yang diselenggarakan oleh Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jambi bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu ini berjalan lancar dan meriah. Oh ia, terimakasih kepada tim Media Center Provinsi Bengkulu yang memberikan info ini lewat berita. Kalau tidak sepertinya aku akan ketinggalan sebuah acara besar dan bagus.

Acara yang berlangsung di rumah pengasingan Bung Karno dan benteng Marlborough mengingatkanku tentang kedua bangunan bersejarah ini. Bangunan yang menjadi saksi sejarah perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan. Sudah lama tidak main ke sana, terutama ke benteng Marlborough. Maklumlah, kesibukan dan sok sibuk membuat aku jadi jarang kunjungan ke tempat sejarah ini (mohon dimaafkan).

Tapi tunggu dulu, kalian semua kenal kan  dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu? Awas lho kalau tidak kenal, jika kalian adalah warga negara Indonesia maka kalian bersalah kalau tidak kenal dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno.

Mengapa warga negara Indonesia bersalah jika tidak kenal dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu?

1. Benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung karno adalah saksi sejarah Indonesia
2. Benteng Marlborough adalah benteng terluas di Asia Tenggara
3. Benteng Marlborough adalah salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki rempah-rempah yang 
    bermutu dan diinginkan oleh banyak orang
4. Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu adalah saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia
5. Dan mungkin hal-hal lain yang aku juga belum tahu

Alasan di atas menurutku sudah cukup membuat kita bersalah jika tidak kenal dengan kedua bangunan bersejarah ini. Ia kan? Baiklah, kalau begitu yuk kenalan lebih dekat dengan benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu.


Benteng Marlborough



benteng marlborough bengkulu
Benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Benteng berbentuk kura-kura ini dibangun oleh Eist India Company (EIC) pada tahun 1713-1719.  Benteng Marlborough menempati lahan seluas 44,105 meter persegi di Kelurahan kebun Keling Kota Bengkulu. Bangunan ini memiliki panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m. Lantai benteng terbuat dari marmer hitam yang berhiaskan cangkang moluska di permukaannya. Konon kabarnya marmer ini didatangkan langsung dari Madras, India. Jauhnya perjalanan mu marmer, terimakasih sudah menjadi bagian dari benteng di Bengkulu.

Kantor East India Company di benteng marlborough
Bagian kantor EIC di dalam benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Sebagai informasi tambahan nih, dinding benteng bagian dalam dan luarnya memiliki ketebalan yang berbeda. Campuran tembok benteng Marlborough adalah kapur, pasir dan susunan bata. Kalau kata pemandu wisatanya kemarin untuk perekat para pekerja menggunakan putih telur. Itulah mengapa tembok benteng terkenal kuat, tidak retak walaupun Bengkulu sering diguncang gempa. 

Untuk atap bangunan benteng berupa akulturasi dasain barat dan timur dengan genteng didatangkan dari luar Bengkulu. Ia lho, di gentengnya masih ada tulisan nama pabrik pembuatan genteng, Tan Liok Tjau Batavia Java; Stoon-Panen (v) Fabriek ven Echt; Tick El Warken, Palembang; Petrus Recout & Co Maastrich, keren-keren ya nama produsen gentengnya. Luar biasah, ternyata bangunan ini bahannya benar-benar percampuran berbagai macam tempat.

Ada sesuatu yang baru di benteng Marlborough, sekarang di benteng kita bisa belajar sejarah sambil nonton. Benteng di yang sekarang di bawah pengelolaan BPCB Jambi ini  memiliki ruang audio visual. Ruangan audio visual memanjakan para tamu dengan film-film sejarah berdirinya benteng hingga zaman kemerdekaan.

ruang benteng marlborough
Salah satu ruang dalam benteng Marlborough
Sumber foto: Sobat BoBe

Lalu bagaimana dengan pemandangan di benteng Marlborough? Ini serius saudara-saudara, benteng Marlborough itu cantik kemana-mana. Pokoknya kalau kata anak zaman sekarang itu yah, benteng Marlborough itu instagramable sekali.

pemandangan indah pantai Bengkulu dari atas benteng marlborough
Pemandangan indah pantai di Bengkulu dari atas benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Contohnya adalah foto di atas, itu adalah bagian atas benteng. Bagian atas benteng adalah tempat yang asik untuk nongkrong. Benteng yang menghadap samudara hindia ini menyajikan pemandangan indah pantai di Bengkulu. Biasanya banyak orang yang foto-foto di sini. Aku juga pernah foto-foto di sini, tapi waktu itu belum menggunakan jilbab, jadi fotonya sudah aku hapus. 

Cantik kan pemandangannya? Ia dong, pasti.



Rumah Pengasingan Bung Karno


Baiklah, kita masuk ke pembahasan tentang rumah pengasingan Bung Karno. Rumah yang berlokasi di Jl. Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu ini adalah rumah tinggal Bung Karno selama diasingkan di Bengkulu dalam periode tahun 1938-1942. Dulunya rumah ini adalah milik seorang pedagang yang bernama Lion Bwe Seng, tetapi akhirnya ditempati oleh Bung Karno selama pengasingan di Bengkulu. Dalam periode waktu ini beliau banyak menjalin komunikasi dengan masyarakat sekitar. Ini terbukti dengan adanya peralatan pentas drama yang masih tersimpan rapi di rumah pengasingan tersebut.

Drama yang ditampilkan adalah drama Monte Carlo, drama ini adalah strategi beliau untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Selama di pengasingan beliau tetap hobi membaca lho, terbukti dengan banyaknya buku-buku sejarah yang bejejer rapi dalam rumah Bung Karno. Sayangnya buku-buku tersebut berbahasa Belanda, aku yang belum paham bahasa Belanda ini banyak tersenyum melihat bukunya (tak paham hehee).

Rumah pengasingan yang juga di bawah pengawasan BPCB Jambi ini juga masih menyimpan bukti sejarah Bung Karno selama di Bengkulu. Ada foto-foto selama masih di Bengkulu, foto-foto beliau dengan keluarga. Ada sepeda yang biasa beliau gunakan selama di Bengkulu dan meja pertemuan. Ada lagi yang terkenal, di bagian belakang rumah ini ada sebuah sumur yang katanya bisa membuat awet muda. Itu mitos yang menyebar entah dari mana, yang jelas air sumur di rumah pengasingan ini jernih dan segar.

rumah pengasingan bung karno
Aku dan teman-teman pasang aksi di depan rumah pengasingan Bung Karno
Sumber foto: Koleksi probadi
Aku dan teman-temsn suka sekali foto-foto di kawasan rumah pengasingan Bung Karno, selain  bisa sambil belajar sejarah, tempatnya juga cantik. Cocok sekali untuk diupload ke sosmed lho. Kalau yang di bawah ini adalah lukisan rumah pengasingan Bung Karno dari tanah liat oleh Pak Zaenal Beta di acara pembukaan Internalisasi Cagar Budaya kemarin.

lukis tanah liat zaenal beta
Lukis tanah liat Pak Zaenal Beta
Sumber foto: Koleksi pribadi
Sebagai warga negara Indonesia, yuk kita jaga bersama semua warisan sejarah ini. 

Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

Main yuk ke benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Banyak sekali ilmu pengetahuan dan sejarah yang bisa kita pelajari di sana. Sekalian jalan-jalan, karena tempat-tempat itu adalah tempat bagus untuk dinikmati dan bagus untuk berfoto ria dengan yang tersayang.

Read More »

Tuesday, 5 September 2017

Pembukaan Workshop Internalisasi Cagar Budaya di Bengkulu

workshop internalisasi cagar budaya
Gubernur Bengkulu
Halo teman-teman dunia maya, ada info penting binti banget nih. Infonya Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jambi menggelar workshop, workshop tentang peningkatan karakter peserta didik dan komunitas pendidikan melalui internalisasi cagar budaya di Provinsi Bengkulu. Mengapa ini dilakukan? Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat Indonesia lebih menghayati nilai-nilai yang terkandung dan melekat pada objek cagar budaya yang dimiliki Indonesia.

Tadi, BPCB Jambi Muhammad Ramli menjelaskan bahwa dengan mengenal cagar budaya di kotanya, diharapkan nanti akan membuka kesadaran pelestarian cagar budaya di masa mendatang.

Lalu mengapa Bengkulu yang dipilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan? Ternyata Bengkulu dipilih karena memiliki banyak bangunan dan benda cagar budaya yang mempunyai nilai historis. Ehem ehem ehem, ini adalah keputusan yang sangat tepat. Kita semua tahu kalau di Bengkulu ada rumah pengasingan Bung Karno, ada masjid Jamik yang menjadi hasil kreasi Bung Karno di Bengkulu, ada rumah Ibu fatmawati, ada tugu Thomas Pahr, ada benteng Marlborough dan ada juga makam Inggris.  

Oh ia, ada juga kabar baik yang aku dengar dari Pak Gubernur t (Dr. Rohidin. M.) tadi melalui kata sambutannya. Beliau menceritakan bahwa insyaallah dalam waktu dekat Gubernur dan teman-tean akan silaturahmi dengan anak-anak pak Karno untuk membicarakan tentang revitaslisasi rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Semoga berjalan lancar ya Pak.


Read More »

Wednesday, 30 August 2017

Hadiah indah dari suami

hadiah kecil


Sore hari saat pulang kerja di tanggal 28 Agustus 2017 aku dapati pak suami belum pulang. Memang belum sore sih, baru jam 4 sore lewat-lewat sedikit, biasa saja mungkin  dia sedang ada pekerjaan di lapangan batinku.

Aku melanjutkan aktivitas rumah dengan ganti pakaian dan bersiap untuk masak.

Tiba-tiba bunyi motor khas milik suamiku terdengar di depan rumah, dia sudah sampai.

Ada yang aneh, dia tidak langsung masuk ke kamar tetapi malah mengeluarkan bunyi kresek-kresek dari tas. Ehh....ternyata dia menghadiahkan bunga mawar kecil untukku. Kecil memang, tapi indah sekali dan pasti bikin suasana hati jadi berbunga-bunga.

Terimakasih banyak ya sayang. Jangan bosan memberikanku kejutan seperti ini, apalagi kalau yang dikasi itu berbentuk buku tabungan yang isinya banyak hehehehhee...(canda tapi beneran)

Untuk para lelaki, suer takewer kewer deh. Membahagiakan wanita yang kalian sayang itu sebenarnya tidak sulit. Kejutan-kejutan kecil seperti itu sudah sangat membuat mereka bahagia, apalagi dibarengi dengan senyuman manis dan uang belanja dapur hahahhaaaa....

Selamat pagi semua, semoga hari kalian selalu diliputi keberuntungan.

Teruntuk suamiku, terimakasih banyak. I love u

Read More »

Monday, 28 August 2017

Lotte World, Tempat Wisata Popoler di Korea Selatan

sumber: ytimg.com
Tahu kan dengan Lotte World? Apa? Belum? Kamu harus tahu, Lotte World merupakan tempat wisata impian di Korea Selatan. Bagaimana tidak, sebagai taman hiburan indoor terbesar di dunia yang ditetapkan oleh Guiness Book of World Record. Di buka sejak 1989 setidaknya terdapat ratusan wahana yang bisa dinikmati baik indoor maupun outdoor. Kompleks taman bermain ini sangatlah lengkap mulai dari museum, mall, bioskop, hotel mewah, fasilatas olahraga, dan juga yang pasti adalah banyaknya wahana yang bisa kamu jajaki. Seperti Adventure of Sinbad, Pharaoh’s Fury, Roller Coaster, dan Camelot Carousel. Sedangkan permainan di luar gedung, alias outdoor yang terkenal adalah Gyro Drop, Gyro Swing, dan Bungee Drop.

Terbilang populer karena, setiap tahunnya tempat wisata di Korea Selatan ini bisa dikunjungi lebih dari 8 juta orang per tahun. Karena kepopuleran dan keindahannya tempat ini juga sering dijadikan untuk syuting drama korea. Siapa yang tak kenal dengan serial Boys Before Flowers, Protect The Boss, Stairway to Heaven, dan drama populer Full House.

sumber: voucherkorea.com
Taman hiburannya sendiri terbagi menjadi dua bagian utama yaitu Adventure di wilayah indoor dan Magic Island di Outdoor. Untuk wilayah Adventure terdiri dari 4 lantai dengan lebih banyak di lantai 1, salah satunya adalah Komedi putar Camelot Carousel yang juga muncul dalam drama Stairway to Heaven.  Ada pula bioskop 3D, area Alice in Wonderland, Cinderella’s Castle, ice skating, dan juga kamu bisa berkeliling dengan menggunakan monorail yang tentunya sangat seru untuk dicoba. Untuk yang ingin berkeliling lewat udara ada Balloon Ride. Wahana ini akan membawamu melihat keseluruhan isi Adventure dari atas.

Untuk Area Magic Island, Bagian outdoor ini berada di atas pulau buatan mini yang dibangun di tengah danau. Sesuai dengan namanya, kamu akan tersihir dengan keajaiban di area outdoor ini. Terdapat  wahana Atlantic Adventure dan bersiaplah untuk menjelajahi dunia Atlantis kuno, Gyro Drop, Gyro Swing, Load’s Nelson Armada, Fantasy  Dream, dan masih banyak lainnya. Di akhir perjalanan, kamu bisa mampir mengunjungi Magic Castle. Di sana telah tersedia beragam souvenir.

sumber: tribaeast.com
Tak berhenti di situ, keseruan berkunjung ke Lotte World di Korsel ini juga sering diadakan parade dan atraksi untuk lebih menarik pengunjung datang. Kamu dan keluarga juga bisa menonton film bersama-sama. Hal lain yang mempu menarik wisatawan juga karena adanya pertunjukan laser yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu semua, ada pula festival makanan dimana kamu bisa mencoba berbagai hidangan menarik khas dari negara yang berbeda-beda.


Masih di dalam Lotte World, ada pula Folk museum. Di museum ini kamu bisa belajar mengenai sejarah Korea Selatan sejak 5000 tahun silam. Kamu bisa melihat diorama, miniatur village, dan juga menikmati penampilan panggung yang menyajikan drama yang menceritakan sejarah-sejarah terkenal di Korea.

Alamat: 240, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul
Jam Operasional: 09.30 – 22.00 waktu setempat.
Harga tiket:
Untuk tiket masuk saja: Dewasa: 31.000 Won, Remaja 28.000 Won, dan anak-anak 3-12 tahun 25.000 won

Sedangkan untuk daily passport tiket yang termasuk tiket masuk juga fasilitas bermain seperti Adventure dan Magic Island, dan biaya gratis masuk museum, untuk dewasa akan dikenakan biaya 46.000 Won, remaja 13-18 tahu 40.000 won dan untuk anak-anak 36.000 Won. Harga akan jauh lebih murah jika kamu datang setelah pukul 4 sore dan 7 malam.

Selamat jalan-jalan ya. Jangan lupa bawa oleh-oleh :)
Read More »

Memilih dan menggunakan AC dengan cerdas bersama Central Elektro Bengkulu

Zaman sekarang itu ya, makin hari makin panas. Mulai karena pemanasan global atau entah kadang-kadang hati yang sedang panas haha. Tapi ini serius lho, memang akhir-akhir ini hari panas, malah ditambah sedikit berdebu. Aku yang sebentar lagi insyaallah hijrah ke rumah baru mulai memikirkan sesuatu yang bisa membantu menangani cuaca panas dan debu itu. Kita kan kalau pindah ke rumah baru harus merasa bahagia kan ya. Bagaimana bahagia coba kalau kepanasan dan batuk-batuk karena debu, hu um, betul.

Kebetulan sewaktu mengadakan kelas pertama Blogger Bengkulu kemarin ada materi tentang AC, alias air conditioner alias pendingin. Pematerinya adalah pemilik dari Central Elektro Bengkulu, Pak Undang Namanya. Dari beliau kami banyak mendapat informasi penting tentang AC. Misalnya tentang AC yang ada pengklasifikasiannya berdasarkan harga, hemat energi atau kebutuhan. Adapula pembahasan mengenai manfaat AC dan keharusan membersihkan AC pada jangka waktu tertentu.

Para peserta kelas blogger semangat mendengarkan penjelasan tentang AC
Benar kata nenek, semua itu ada ilmunya. Sampai memilih dan menggunakan AC juga ternyata ada ilmunya. Kita ulas satu-satu ya.

Memilih AC

Memilih AC dilihat dari besar ruangan
Pilihlah AC sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan luas ruangan yang akan kita pasang pendingin ruangan. Ingat, kebutuhan ruangan dengan ukuran 6x6 meter tentu tidak sama dengan kebutuhan rangan dengan luas 15x15 meter kan? :)

Memilih AC dilihat dari tebal isi kantong
Pilihlah AC sesuai isi kantong, jangan pula nanti kita sampai mengambil hutang ke rentenir hanya karena ingin mendapatkan AC dengan kualitas nomor 1 dunia.

Memilih AC dilihat dari hemat energinya
Seperti yang sudah diterangkan oleh Pak Undang, Pemilik Central Elektro kemarin. AC itu ada yang hemat energi, ada yang biasa saja bahkan ada yang sedikit boros. Jadi pandai-pandailah memilih. Cari informasi mengenai AC atau tanyakan pada penjual sebelum membeli.

Memilih AC dilihat bentuknya
AC itu kan ada yang berdiri, ada yang diletak di dinding, adapula yang nempel di langit-langit ruangan. Jadi tempat kita meletak AC nanti juga mempengaruhi bentuk AC yang harus kita pilih.


Pak Undang dan AC tegaknya


Merawat AC
Seperti yang sudah aku ceritakan di atas. Ternyata Ac itu harus dirawat. minimal AC dibersihkan 3 bulan sekali. Ia lho, mana tahu aku kalau ternyata AC itu harus dibersihkan paling lama 3 bulan sekali. Kalau tidak maka AC akan kotor karena penuh debu. Ini berakibat dengan tingginya potensi kuman tersaring di AC kita. Lalu, kinerja AC akan menjadi berat lho. Kinerja AC yang berat akan mengakibatkan naiknya tagihan listrik. Salah satu hal yang sangat ditakutkan para ibu.

Tim Central Elektro sedang service AC salah satu pelanggan
Jadi jelas kan? Kita harus membeli AC sesuai kebutuhan dan isi kantong. Lalu, kalau sudah dibeli jangan lupa untuk dirawat agar tahan lama, sehat dan ekonomis. Bagi yang berniat ingin membeli AC atau sevice AC atau mungkin tukar tambah AC bisa langsung menghubungi alamat berikut.


CENTRAL ELEKTRO

Jl. P. Natadija No.37 Km. 6.5 Kota Bengkulu
telepon : 0736 7324996
Facebook : Central Elektro Bengkulu
Instagram: central_elektro.bkl
Website : www.centralelektrobengkulu.com

Armada Central Elektro siap melayani konsumen
Central Elektro menerima pembelian retail ataupun pengadaan AC untuk kantor, kampus, sekolah, ataupun swasta. Sudah banyak yang membeli AC dari Central Elektro, baik itu rumahan atau kantor dan lainnya. Contoh kampus yang sudah memberikan kepercayaan kepada pihak Central Elektro adalah Univeristas Muhammadiah Bengkulu. Universitas sebesar ini saja sudah memberikan kepercayaannya kepada Central Elektro, berarti Central Elektro OK punya pasti.

Jika ingin membeli AC di Central Elektro kita tak usah bingung, semua ada di sana. Mulai dari DAIKIN, PANASONIC sampai AUX ada di sana. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Kalau DAIKIN itu kan AC kelas dunia, PANASONIC adalah AC hemat energi, sedangkan AUX menawarkan garansi sampai 5 tahun.

Central elektro juga melayani jasa perawatan dan service AC. Biaya perawatan dan service AC di Central Elektro tergantung dari kapasitas dan masa pakai AC konsumen. Biayanya dijamin bersaing alias murah.

Jadi mau cepat-cepat pindah ke rumah sendiri terus beli AC sesuai keinginan, aamiin. 
Read More »

Sunday, 27 August 2017

Seru Kelas Blogger Ke-1 Blogger Bengkulu

Hi, apa kabar semuanya. Kali ini aku akan cerita tentang kelas Blogger Bengkulu (BoBe) ke-1. Sebenarnya kegiatan ini sudah agak lama, seminggu yang lalu lah, tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2017. Beru sampat nulis sekarang, maafkanlah ya :)

Okeh, kita lanjut.

Kelas blogger yang pertama ini diadakan di Central Elektro Bengkulu. Terimakasih banyak ya Pak Undang, kami sudah dikasi tempat belajar bersama minggu bulan ini.

BoBe mamerin gigi
Kelas blogger ke-1 Blogger Bengkulu alhamdulillah berjalan lancar. Pada kegiatan kali ini aku bertugas sebagai pembawa acara. Tapi yang bikin sedih ternyata tidak ada foto aku saat membawa acaranya, ckckkckkckckcc......padahal kita semua tahu kan betapa pentingnya bukti berbentuk foto pada zaman narsis ini hahhaaa... Sedangkan pemateri pada kali ini adalah mbak Milda, ketua Blogger Bengkulu. Sebenarnya diabanding ketua Blogger Bengkulu mbak Milda lebih terkenal sebagai "Mak BoBe", ia kan ya mbak? Ia, benar.

Materi kali ini adalah cerita bagaimana kita membangun blog dari awal sampai bagaimana akhirnya menerima tawaran job dari teman-teman pengiklan. Materi yang dismpaikan sangat baik dan apik oleh mbak Milda. Beliau menceritakan bagaimana memberikan tanggapan untuk kawan-kawan pengiklan kepada kita. Beliau juga bercerita bagaimana menawarkan diri untuk mendapatkan sebuah job blog ataupun buzzer. Semua itu ada ilmunya ya.


Setelah materi dari mbak Milda ada materi tentang AC oleh Pak Undang, pemilik Central Elektro Bengkulu. Materi yang tidak disangka-sangka olehku. Materi tentang AC ini sangat baru untukku. Pak Undang bercerita tentang berbagai jenis AC, pilihan AC berdasarkan budget atau keperluan. Perawatan AC dan jasa jual beli, rental, dan service AC di tempat beliau.

Suer deh, baru tahu dari Pak Undang kalau ternyata AC itu harusnya dibersihkan minimal 3 bulan sekali. Karena AC yang tidak dibersihkan akan menumpuk kotoran. Hal ini akan membuat kinerja AC berat dan membuat taguhan listrik membengkak. nah lho, ini ada kaitannya dengan pengeluaran bulanan. Penting ini, penting. Bagi yang punya AC di rumah jangan lupa untuk bersihin ACnya minimal 3 bulan sekali okeh.

Pak Undang sedang serius menjelaskan tentang AC

Ada yang spesial di pertemuan BoBe bulan Agustus ini. Aku bertemu dengan 4 orang alumni Teknik Informatika UNIB bro. ALhamdulillah bisa menemukan mereka. Dari dulu sendirian, alhamdulillah sekrang sudah berempat. Memang sebenarnya dunia blogging itu lebih dekat dengan orang-orang yang suka menulis. But wait, dunia blogging tidak bisa lepas dari dunia IT. Semoga kedepannya semakin banyak alumni Teknik Informatika UNIB yang gabung di BoBe, aamiin.

Aku dan teman-teman alumni Teknik Informatika Universitas Bengkulu

Makasih sudah mampir ke blog ini ya para pembaca. Aku doakan kalian semua tambah kece, tambah pinter, sehat selalu, dan selalu beruntung, aamiin. Jangan kapok untuk mampir ke sini, hati-hati di jalan.



Bengkulu, 28 Agustus 2017

Zefy Arlinda
Read More »
COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES