Saturday, 27 May 2017

Pengumuman Give Away Syukuran



Sudah tanggal 27 mei aja ya :)

Ini waktunya aku ngumumin dua orang yang beruntung dapatin gamis dari Give Away syukuran kemarin. Selamat untuk

Nama : icha faizah

dan

Nama: Komi Kendy


Nanti hadiah GA akan dikirim ke alamat kalian.

Buat yang belum beruntung, it's ok yah heheeeheheeee...

Next insyaallah aku bakal ngadain GA lagi.

Selamat berpuasa :)
Read More »

Thursday, 25 May 2017

Ini Tentang Edu Coffee (Robusta) dari Bengkulu Kawan

Saat datang ke kopdar BoBe (Blogger Bengkulu) ke X kemarin ada sesuatu yang spesial. Aku disambut dengan berbagai jenis kopi yang berjejer di dekat pintu masuk ruangan kopdar. jejeran kopi itu menyajikan aroma kopi, hmm...................................the smell.... 
  

Aku duduk di salah satu kursi kosong, meletakkan tas dan memejamkan mata sambil menghirup wangi kopi.

Sure, i love coffee. I do love the smell of coffee.

Eh, tapi itu kalimat keluar sebelum Ko Andi bicara di depan tentang Kopi. Sewaktu Ngomong di depan Ko Andi, owner Edu Coffee bilang bahwa yang meminum kopi itu terbagi menjadi 3. Ada peminum kopi, penikmat kopi dan pencinta kopi. Well well well..........aku malah jadi bingung mengkategorikan diri hehheee.....

Sedikit banyak aku tahu tentang kopi tetapi mungkin lebih ke penanaman, karena kakek adalah seorang petani kopi. Dulu waktu SD sering bantuin kakek ngurusin kopi dan panen kopi. Ia, ikutan ngurusin kopi dan panen saja, karena menurutku ngrurusin batang kopi dan panen kopi itu seru. Tetapi soal cara menikmati kopi, cara penyajian dan pilah pilih kopi terbaik aku memang harus banyak belajar.

Ko Andi menyampaikan bahwa kita bisa menyeduh kopi dengan banyak cara. Diantaranya dengan seduhan biasa atau kita kenal dengan kopi tubruk, bisa dengan coffee maker, moka pots, drip, atau french press. Pembuatan yang berbeda bisa menghasilkan kopi yang berbeda pula. Lalu cara menikmati kopi itu ya diminumnya perlahan sambil nikmati aromanya. Nah lo, aku baru tahu ini. Biasanya aku tuh ya, setelah membuat kopi aku langsung menikmati aromanya terus langsung seruduk kopinya sampe habis. Ternyata caraku selama ini belum pas, jadi nikmatnya kurang maksimal. Harusnya ketemu Ko Andi dari lama ini. Aku juga baru tahu kalau ternyata Edu Coffee itu adalah sebuah cafe, aku kira hanya merk kopi saja. 

Dari kiri ke kanan: Pak Kahfi (Media Center Bengkulu), H.Lierwan, SE (Kadis Perindag Provinsi Bengkulu), Ko Andi (Owner Edu Coffee)

Berita baiknya setelah acara aku diberi oleh-oleh sebungkus Edu Coffee bubuk, kopi bubuk robusta. Edu Coffee memproduksi berbagai jenis kopi, dari yang bubuk sampai yang sudah sipa minum tetapi kali ini aku dapat kesempatan dapat yang bubuk. Kalian tahu? Sesampainya di rumah yang terjadi sesuai dugaan. Ayah adalah yang paling excited dengan oleh-oleh yang aku bawa, minta langsung cicip lagi. Berbahagialah ayah di sore itu.


Oh ia, ngomong-ngomong tentang kopi robusta. Aku suka kopi robusta karena wanginya mirip dengan aroma coklat. Yup, aroma kopi robusta tidak sekuat arabika. Kopi yang berasal dari Afrika ini memiliki aroma dan rasa yang mirip coklat. sangat cocok dengan pencinta coklat dan kopi sejenis aku. Aromanya sangat wangi, manis dan khas saat dinikmati. Kopi robusta ini lebih bersahabat dengan orang yang memiliki lambung sensitif, karena robusta tidak seasam arabika. Bubuk kopi robusta menghasilkan cream saat diseduh, saat diseduh air panas akan terbentuk busa (tipis) di atas wadah.

Edu coffee Bengkulu
Owner = Ko Andi (maaf Ko, lupa nama aslinya heheheheeee)
Alamat = Jl. Suprapto No 2, Kota Bengkulu
IG = @educoffee.bkl
Email = [email protected]
Read More »

Wednesday, 24 May 2017

Tradisi Ngeresayo dari Seluma Bengkulu






Ada yang pernah mendengar tentang tradisi "NGERESAYO"?

Mungkin sudah pernah ada yang mendengar ya, tapi yuk sama-sama kita ulas sedikit tentang tradisi ngeresayo dari Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Jadi, tradisi ngeresayo adalah tradisi gotong-royong alias saling membantu di Kabupaten Seluma. Hmm....betul, gotong-royong. Kalau mau lihat gotong royong ala-ala masyarakat Seluma, kita bisa lihat tradisi ngeresayo.

Bagaimana sih tradisi ngeresayo itu?

Jadi, ngeresayo dilaksanakan disaat ada pekerjaan besar yang harus cepat diselesaikan sehingga memerlukan orang banyak. Biasanya tradisi ini dilaksanakan saat menanam dan memanen padi serta saat membuat rumah.Saat ngeresayo diperlukan si empu pekerjaan akan mengundang para tetangga untuk ikut ngeresayo. Misalnya Pak Lohan ingin menanami padi di sawahnya, maka Pak Lohanlah yang mengundang orang-orang untuk membantunya menanam padi. Nanti Pak Lohan menyiapkan makan siang dan cemilan saat bekerja.

Perlu dikertahui bahwa ngeresayo itu gratis. Si pemilik pekerjaan tidak perlu membayar orang-orang yang membantunya bekerja, dia hanya cukup menyediakan makanan saja.

Ngeresayo sebagai perekat tali silaturahmi

Saling membantu dan bekerjasama bisa mempererat tali silaturahmi kita. Kadangkala kita sibuk dengan urusan masing-masing jadi tidak sempat berkumpul dengan saudara dan jiran tetangga, ngeresayo adalah momen yang pas untuk berkumpul.

Ngeresayo sebagai peringatan

Ia, sebagai peringatan. Karena biasanya orang yang malas datang ke acara ngeresayo orang-orang akan sulit melaksanakan ngeresayo. Ini peringatan bersama bahwa kita harus peduli dengan saudara dan tetangga kita. Kita adalah makhluk sosial, kita membutuhkan orang lain.

Tradisi yang sangat baik untuk dilestarikan. Sayang sekarang tradisi ini sudah sangat sangat sangat jarang. Orang-orang lebih memilih membayar orang untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka.


Read More »

Energi Alternatif di Indonesia

Harga listrik sekarang membuat Ibu di rumah ngomel-ngomel, biasanya setiap bulan kami hanya membayar Rp 150.000,- s/d Rp 160.000,- sekarang sudah Rp 300.000,-an. Ini namanya hampir 2 kali lipat. Belum lagi gas untuk masak yang kata ibu sekarang sudah sangat-sangat jauh mahal.

Aku jadi teringat dengan energi alternatif yang bisa Indonesia manfaatkan. Indonesia ini begitu kaya kawan, sangat banyak energi alternatif yang sebenarnya sangat menjanjikan bahkan bisa kita buat sendiri. Tinggal lagi mau atau tidaknya kita dan pemerintah membuat energi alternatif.

Sebagai gambaran saja, sewaktu menjadi utusan Universitas Bengkulu (UNIB) di acara Konferensi energi Alternatif Mahasiswa Indonesia (KENMI) pada tahun 2009 silam, aku melihat berbagai energi alternatif yang ditawarkan oleh mahasiswa Indonesia. Salah satu yang menarik hatiku adalah energi alternatif pengganti bensin yang ditawarkan oleh mahasiswa asal Universitas Cendrawasih (UNCEN). Energi alternatif tersebut dibuat dari biji buah sebuah tanaman endemik di Papua.

Aroma energi alternatif yang mereka tawarkan mirip sekali dengan bensin, kalau tidak salah sepulang dari acara di ITB tersebut mereka mendapatka undangan ke Jerman. Aku heran, kok bisa ya Jerman tertarik dengan apa yang teman-teman UNCEN sodorkan sedangkan Indonesia tidak. Sepertinya Jerman punya pemikiran yang sangat-sangat jauh berbeda dengan kita.

Bukan hanya energi alternatif dari tanaman endemik Papua, teman-teman di acara KENMI menawarkan berbagai ide energi alternatif untuk Indonesia yaitu:

1. Solar cell
2. Bioethanol dari jerami
3. Minyak jelantah sebagai bahan bakar
4. Pembangkit listrik sampah padi/sekam
5. Pembuatan arang sekam
6. Biogas dari limbah tahu
7. Biodisel dari biji karet
8. Pembangkit listrik tenaga air laut
9. Panas bumi
10. Getah damar
11. Sel surya plastik

Selain itu ada pula energi alternatif dari getah jarak yang sudah dikembangkan oleh teman-teman ITB di Desa Sinar Jaya, Kecamatan Raja Desa, Kabupaten Ciamis. Pokoknya energi aleternatif yang ditawarkan keren-keren sekali. Kalau mau dijabarkan satu-satu bisa puanjang buanget pokoknya.

Ada ide bagaimana energi aletrnatif ini dilirik oleh pemerintah?
Read More »

Tuesday, 23 May 2017

KOPI NAGA RANTAI BENGKULU

Ini tentang kopi Naga Rantai kawan-kawan. Kopi spesial dari Bengkulu, hu um.

Jujur sejauh ini aku belum begitu paham bagaimana menentukan berkualitas atau tidak. Aku hanya tahu kalau kopi yang aku minum enak atau tidak. Ya, kalau menentukan mana yang enak dan mana yang tidak aku rasa aku paham. Jadi sewaktu dapat Kopi Naga Rantai dari Kaur ini kopinya aku kasi ke Ayah. Ayah senang sekali tentu, karena ayah adalah salah satu penikmat kopi di keluarga kami. Pokoknya bagi ayah tiada hari tanpa kopi.


Dari hasil minum kopi Ayah, beliau bilang kalau kopinya enak dan berkualitas. Sesuai kalau dinamai Kopi Naga Rantai, ibarat kata tuh ya....ini adalah naganya para kopi hehheeee.... Usut punya usut, teryata wajar saja kalau Kopi Naga Rantai rasanya enak. Kopi Naga Rantai terbuat dari biji kopi petik merah, maksudnya kopi dipanen setelah berwarna merah atau bahasa lainnya benar-benar masak.

Well, kalau kalian ke Bengkulu aku rekomen deh beli kopi ini. Kopi Naga Rantainya aku rekomen juga untuk warga Bengkulu nih, kalau hasil produksi kita enak bukan berarti yang boleh beli dan konsumsi hanya pengunjung kan ya, kita juga boleh beli.

Naga Rantai Coffee
Produsen: Koperasi Cahaya Sejahtra Lestari
Alamat: Desa Naga Rantai, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.
Read More »

Saturday, 20 May 2017

INI GULA SEMUT AREN DARI BENGKULU

Dalam benak kalian gula aren yang biasa kita temui di dapur seperti apa bentuknya? Aku yakin sebagian besar kita kan menjawab bentuknya bundar seperti kaleng cat kecil, ada juga yang akan menjawab bentuknya setengah bola karena mengikuti bentuk batok kelapa, ada juga yang akan menjawab bentuknya bundar. Yup, itu adalah bentuk umum dari gula aren. Ini yang sedikit berbeda dengan gula aren dari Rejang lebong. Gula aren hasil produksi UKM Sari Aren berbentuk butiran pasir, mangkanya aren gula aren dari Rejang Lebog ini disebut "Gula Semut Aren".

Gula semut aren
Sama seperti gula aren biasa, gula semut aren bisa digunakan sebagai bahan pembuat makanan dan minuman.

Spesilanya dari gula aren biasa, gula semut aren  bisa diolah lebih cepat. Kita tinggal mencampurnya dengan kreasi kita tanpa perlu menghancurkan gula dengan batu atau pisau seperti biasa. Karena gula semut aren dengan bentuk pasir dapat lebih mudah larut ke bahan makanan atau minuman.

Untuk kandungan gula semut aren jangn khawatir, gula semut aren memiliki kandungan yang sama dengan gula aren biasa. Gula semut aren mengandung garam mineral,energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, dan B12.

Info penting untuk yang sedang diet:
gula aren sangat bagus untuk yang sedang diet karena gula aren rendah kalori lho.

Oh ia, aku biasa menggunakan mengkreasikan gula semut aren ke kue dan minuman. Salah satu minuman kreasiku yang menggunakan gula semut aren adalah minuman serai. Minuman ini sangat baik untuk kita karena serai bersifat deuretik, ini berarti teh serai dapat membantu proses pencernaan dan mampu mengoptimalkan kinerja organ tubuh dan ditambah dengan manfaat gula aren. 


Lihat Resep "Teh Serai"

Hmmmm....minuman yang luar biasa kan?

Kalau ke Bengkulu jangan lupa beli gula semut arennya ya.

Gula Semut Aren Sari Aren
Diproduksi oleh
Sari Aren
Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu

#bloggerbengkulu
#mediacenterbengkulu
#DinaskoperasidanUKMProvinsiBengkulu


Baca juga 
Read More »

Friday, 19 May 2017

Tips Agar Napas Selalu Segar

"Hmm.....kamu makan apa sih? Kok napasmu bau". Pernah mendapat pertanyaan sejenis itu?

Atau malah mendapati reaksi seorang teman yang dengan spontan menutup hidungnya saat berbicara denganmu. Pernah?

Semoga tidak pernah ya, karena mengalami kejadian seperti itu pasti tidak menyenangkan. Atau kalaupun sudah terlanjur pernah mengalami, kedepannya tidak akan mengalami kejadian itu lagi karena napas bau itu bisa ditangani. Ada tips untuk membuat napas selalu segar sepanjang hari.


1. Jaga kebersihannya
Sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Gigi yang tidak digosok bisa menyebabkan penumpukan kotaran di gigi. Seperti kita ketahui bersama bahwa makanan yang sudah lama dan menumpuk  itu akan menimbulkan bau yang luar biasa. bayankan kalau tumpukan itu ada di mulut kalian. Otomatis napas yang keluar dari mulut seperti itu akan berbau tak sedap, jangan harap bisa mendaptkan napas segar sepajang hari.

2. Minum air putih yang cukup
Minum air putih yang cukup akan membantu proses pencernaan di perut kita lancar dan bersih. Sebagai informasi untuk kita semua bahwa napas juga dipegaruhi oleh proses pencernaan yang ada di perut kita.

3. Kurangi makan makanan yang berbau menyengat dan kurang sedap
Yup, kurangi makanan yang berbau menyengat dan kurang sedap. Karena tentu makanan yang berbau menyengat dan kurang sedap akan meninggalkan baunya di mulut. Contoh makanana yang berbau menyengat dan kurang sedap adalah bawang-bawangan serta pete dan kawan-kawan. Kalau memang kalian adalah penggemar pete dan kawan-kawan (pete, jengkol dan kabau) sehingga tidak mungkin meninggalkannya, maka sedapat mungkin buatlah makanan ersebut tidak berbau menyengat dulu sebelum dimakan.

4. Jangan minum alkohol
Percaya atau tidak, mengkonsumsi alkohol akan membuat napas tidak segar. Alkohol akan membuat mulut cepat kering dan akhirnya mengeluarkan bau yang kurang sedap.

5. Hindari penggunaan penyegar mulut
Benar,  sebagian besar penyegar mulut itu mengandung alhokol sehingga membuat mulut kita mudah mengeluarkan napas tak segar. Memang setelah menggunakan penyegar mulut akan mengeluarkan napas yang segar tetapi ini biasanya berlangsung hanya beberapa jam saja. Sedagkan kita tidak mungkin selalu berkumur dengan penyegar mulut setiap beberapa jam sekali.

6. Jangan tidur dengan mulut terbuka
Mulut yang terbuka akan membuat orang yang sedang tidur mudah ngences aias mengeluarkan air liur dari mulutnya. Air liur yang kelaur akan berbau kurang sedap.

7. Kunyah permen karet
Ternyata mengunyah permen karet bisa memberian dampak positif untuk mulut dan napas kita, karena permen karet yang kita kunyah bisa mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Gampang kan ya, selamat datang napas segar.

Read More »

Thursday, 18 May 2017

Celengan Cantik Untuk Kelancaran Pembayaran Dana Bergulir di Masyarakat

Tak ada kesuksesan sebuah program tanpa sebuah cerita menarik di dalamnya. Sebuah cerita yang tentunya menarik untuk diceritakan kepada banyak orang. Begitu pula dengan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Bengkulu. Ada sebuah kisah menarik di sini. Tepatnya kisah menarik dari BKM Danau Indah Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu. Kisah tentang celengan cantik dari kaleng yang ternyata sangat bermanfaat untuk banyak orang.


Seperti kita ketahui bersama semenjak awal program ini ada, dari bernama PNPM Mandiri Perkotaan dulu program menangani tiga kegiatan tridaya. Ada kegiatan di bidang infrastruktur, ada kegaitan sosial dan ada juga kegiatan di bidang ekonomi. Nah, celengan ini berkenaan dengan kegiatan ekonomi di masyakat. Dari dahulu sampai sekarang bertransformasi menjadi program penanganan kumuh atau biasa kita sebut KOTAKU, program tetap menjalankan kegiatan bidang ekonomi. Kegiatan ini berbentuk pinjaman bergulir untuk masyarakat.
Kegaitan pinjaan bergulir di masyarakat menjadi sarana program untuk membantu perekonomian masyakat. Diharapkan dengan pijaman bergulir yang diberikan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Tetapi semua kegiatan sepertinya memiliki tantangan. Seperti kegaitan ekonomi bergulir yang sedang kita bicarakan ini. Dengan berbagai alasan yang ada ternyata dana yang digulirkan ke masyarakat belum selancar yang diharapkan. Ada kemacetan perguliran dimana-mana. Ada yang kadang khilap, sehingga lupa membayar, ada yang memang dagangannya macet, atau berbagai alasan lain.
Perguliran macet yang terjadi tentu menyusahkan pemerintah dalam membantu masyarakat. Dana yang digulirkan seharusnya berjalan lancar dan dapat digurlirkan dengan warga lain yang mungkin juga membutuhkan. Dana macet juga menunjukkan bahwa mungin masyarakat masih belum begitu sadar akan  pentingnya kelancaran peguliran dana agar perekonomian Indonesia ini lebih baik.
Semua pihak mulai banyak memikirkan bagaimana dana yang sudah ada di masyarakat tidak macet lagi. Muncullah ide pembuatan celengan angsuran pinjaman untuk para peminjam dana bergulir dari tim fasilitator. Ide pembuatan celengan dari tim faslitator ini disambut antusias oleh semua pihak, termasuk BKM. dan UPK. Uang yang digunakan untuk pembuatan celengan adalah uang yang ada di kas UPK.
Jadi idenya, nanti celengan yang sudah dibuat akan dititipkan ke setiap peminjam. Ia, dititipkan. Celengan ini akan menjadi aset BKM, bukan diberikan cuma-cuma ke peminjam. Untuk para peminjam, nanti mereka dapat mengangsur dengan cara menabung setiap ada keuntungan dari dana perguliran mereka ke celengan yang sudah diptitipkan. Nanti setiap bulan UPK dan BKM akan mengambil celengan untuk angsuran pelunasan pinjaman.
Semoga dengan adanya celenan ini angsuran tidak ada lagi kata dana macet di masyarakat. Sttttttttttt......ada juga yang membuat kami tersenyum bahagia sewaktu turun ke lapangan. Ibu Sus, ketua BKM Danau Indah bercerita bahawa sudah mulai banyak orang yang menanyakan celengan yang ada di rumahnya. Banyak yang tertarik untuk bisa memiliki celengan tersebut, padahal celengan yang dibuat belum selesai.
Celengan ini akan dititipkan ke masyarakat saat pengerjaannya selesai. Sekarang sudah masuk tahap finishing, tinggal ditambahkan logo KOTAKU dan BKM di permukaan celengan. Setelah penambahan logo KOTAKU dan BKM, celengan siap dibagikan.

Cerita diangkat dari kisah di BKM Danau Indah Kelurahan Dusun Besar kota Bengkulu.
Read More »

Sunday, 14 May 2017

Kerang Cantik dari Kampung Sejahtera Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu

Kampung Sejahtera Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu sekarang sedang tenar-tenarnya. Keindahan alam hutan mangrove berhasil memikat para pelancong. Kampung ini jadi begitu ramai dari pagi sampai sore. Kedatangan para pelancong alhamdulillah memebrikan penghasilan tambahan untuk warga di sana. Warga sudah mulai banyak berjualan makanan di pinggir lokasi foto-foto. Warga juga sudah mulai menawarkan jasa keliling dengan perahu mereka. Bayaran yang diminta juga terjangkau, hanya Rp 5.000,- s/d Rp 10.000,- per orang. Tergantung dengan jenis kapal yang akan kita naiki.

Ada satu hla baru yang membuat aku tertarik. Kampung Sejahtera sudah mulai menawarkan oleh-oleh untuk para pelancong. Oleh-oleh yang mereka tawarkan adalah berbagai macam bentuk kerajinan kerang. Cantik-cantik lho hasil kerajinan mereka, coba dilihat.

Bros (Rp 10.000/3 buah)


Hiasan dinding (Rp 70.000,-/2 buah)


Gantungan Kerang (Rp 40.000,-/buah)


Tempat Tisu (Rp 45.000,-/buah)

 
Dan banyak lagi yang lainnya.

Menurut hasil wawancara dengan penjual kerajinan kerang, mereka mendapatkan kerang dari pinggiran pantai di dekat rumah mereka. Kreatif ya mereka.

Bagaimana? Bagus kan? :)

Aku kemarin beli bros jilbab. Sudah aku pakai kemana-mana, cantik dan imut soalnya. Jadi kalau kalian jalan-jalan ke Kampung Sejahtera, kalian tidak perlu psing-pusing untuk mencari oleh-oleh. Tinggal beli hasil kerajinan warga yang dijajakan di pinggir lokasi wisata. Harganya murah dan cantik.

Kalau ini Cici dan Aku yang numpang ngeksis :D
Baca juga

Destinasi Wisata Baru di Kampung Sejahtera Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu


Read More »

Saturday, 13 May 2017

5 HAL YANG HARUS KAMU LAKUKAN SAAT MULAI KECANDUAN HALLYU

Kalian pencinta K-Pop? Hampir hapal semua nama artis K-Pop? Suka dengan semua yang berbau Korea? Tahan tidak tidur semalaman hanya karena film Korea? Lalu akhirnya mulai mempelajari kebuadayaan dan bahasa Korea? Kemuangkinan besar kalian sudah kecanduan hallyu.

Jadi apa sih hallyu?

Hallyu dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai gelombang Korea. Maju pesatnya dunia entertain di Korea Selatan dengan artis-artis tampan dan cantiknya membuat banyak anak muda menggemari film dan lagu dari Korea. Apalagi film dan lagu dari Korea ini bisanya dikemas menarik, modern dan romantis. Hal-hal yang sangat digemari kaula muda.

Sebenarnya istilah hallyu sudah lama nampang di dunia maya, tetapi mengapa aku sekarang cerita tentang hallyu? Ini tidak lain karena aku mendengar cerita seorang temanku tidak tidur semalaman karena nonton Korea. Waw, untuk aku ini suatu yang waw sekali. Hallyu bisa membuat orang-orang bisa tidak tidur karena penasaran dan senang. Luar biasa. Ada pula seorang teman yang akhirnya mempelajari bahasa korea dan bercita-cita mendapatkan seorang suami seperti Oppa Lee Min Hoo, luar biasa. 

Jadi apa yang harus dilakukan saat sudah mulai kecanduan hallyu?

1. Sadarlah bahwa waktu kita sangat berharga
Hiburan boleh, tapi ingat-ingat waktu juga. Jangan sampai karena nonton film Korea kita tidak tidur, itu kurang benar itu. Ksehatan badan kita adalah suatu hal yang sangat penting, kita butuh istirahat.

2. Indonesia juga memiliki budaya yang kece
Korea memang memiliki budaya yang artis dan kece, tapi jangan sampai lupa bahwa Indonesia juga punya kebudayaan yang tidak kalah kece lho.

3. Tidak semua kisah seromantis film Korea
Siapa coba yang tidak suka dengan kisah romantis di film Korea, terutama kaum hawa. Kaum hawa pasti mendambakan kisah romantis seperti di film Korea. Seperti misalnya adegan seorag pria yang memasagkan sepatu ke kekasihnya. Wait, tidak semua pria mau begitu lho.

4. Bercermin diri
Film Korea sering mengangkat kisah seorang wanita biasa yang jadi rebutan para pria tampan dan kaya. Ingat, itu film ya. Jadi jangan terlalu sering berkhayal bahwa akan jadi incaran para pria tampan dan kaya sedangkan kita tidak memiliki kelebihan, tidak cantik dan tidak pula kaya. Walaupun itu sebenarnya tidak mustahil juga, banya-banyak berdoa tetapi ingat-ingat kaca heheheee.....

5. Ambil pesan positif yang ada di hallyu
Apa pesan positif yang ada di film-film yang kita tonton. Di sana kita sangat menyukai adegan-adegan romantis dari pasangan mereka. Mengapa tidak kita mulai dengan pasangan kita, jika mereka merasa senang mereka akan membalas dengan hal yang serupa (harusnya). Di sana kita juga melihat mereka sangat bangga dengan budaya mereka. Begitu juga dengna kita, kita cintai budaya Indonesia, asal tidak bertentangan dengan agama tentu :)

Setuju?


Read More »

Friday, 12 May 2017

Monyet, hewan ramah berekor panjang

Aku teringat beberapa tahun silam sewaktu jalan-jalan ke Bukit Tinggi. Aku dan Nina bertemu dengan teman-teman monyet di  objek wisata Lubang Jepang dan Ngarai Sianok. Hewan berekor panjang itu berada di antara pengunjung dan tidak mengganggu. Kehadiran mereka justru memperindah objek wisata, mereka seolah menyapa kehadiran para pengunjung. Sayang waktu itu aku belum menggunakan hijab, jadi........foto-fotonya tidak bisa diupload ke blog, menyedihkan. Padahal fotonya bagus-bagus lho, teman-teman pembaca yang sudah pernah persi ke sana pasti setuju.


Keramahan monyet bukan hanya ada di Bukit Tinggi, kita bisa melihat keramahan mereka saat masuk ke Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. 

Berdasarkan cerita ayah, kita bisa coba masuk ke Kecamatan Lubuk Sandi. Saat kita mulai melintasi jalan ke sana maka para monyet akan menampakkan diri di atas pohon pinggir jalan. Mereka mulai bergelantungan dan bernyanyi ribut. Tapi, karena belum begitu jinak, monyet di Seluma ini akan berlari jika orang berhenti dan mengeluarkan kamera mereka. 

Ia benar, ayah kan sering cerita di rumah tentang kejadian setiap hari saat berangkat ke sekolah. Kmi di rumah penasaran, ayah janji usaha ambil fotonya. Tetapi ya itu, saat ayah berhenti dan mengeluarkan kamera maka mereka akan berlari berhamburan masuk hutan. Sepertinya mereka belum percaya diri untuk pemotretan, mereka belum siap jadi arti. Eits......mereka butuh guru model heheheeheee........

Memang aku akui kalau monyet itu salah satu hewan berekor panjang yang ramah.

One day ke Seluma yuk.
Read More »

Thursday, 11 May 2017

IKAN KERING JN BENGKULU, IKAN KERING KRENYES-KRENYES SIAP OLAH

Sebagai daerah pesisir pantai, Bengkulu memiliki hasil laut berupa ikan yang melimpah. Jadi tidak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan penghasil olahan ikan laut di Bengkulu. Salah satu penghasil olahan ikan laut di Bengkulu adalah pengusaha ikan kering JN. Usaha olahan ikan kering ini berada di Jl. Sungai Hitam RT. 12, No. 23, Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.


Olahan ikan laut produksi JN berupa ikan kering (tidak asin) siap masak, ada ikan kering kecil ada pula ikan sedang sampai besar. Ikan kering tidak asin ini cocok untuk orang-orang yang menghindari ikan asin. Kan banyak orang yang dillarang mngkonsumsi ikan kering asin, misalnya saja penderita darah tinggi. Untuk besar kemasan, ada kemasan satu ons, ada yang ukuran seperempat bahkan kita bisa beli kiloan lho. Tinggal datang saja ke rumah produksi atau hubungi nomor yang tertera di akhir tulisan.

Kalau aku kemarin mencoba olahan ikan kering JN ukuran sedang. Ikannya aku sambal pedas manis campur tempe. Sebelum disambal ikan keringnya aku goreng dulu. Untuk sambal, masaknya sengaja tidak aku kasi bawang merah atau tomat agar ikan tetap renyah walau sudah beberapa jam selesai dimasak. Terus aku tidak menggunakan penyedap, aku mengganti penyedap dengan gula semut aren dari curup.

Ini sambal ikan kering kreasi kemarin.


Benaran lho foodie, ikannya krenyes-krenyes. Semua orang di rumah suka sambal sederhana buatanku.

Ingat ya, kalau ada yang berminat bisa datang langsung ke Jl. Sungai Hitam RT. 12, No. 23, Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.

Nomor telpon 0823 8130 2153.

Atau bisa datang ke sentra oleh-oleh Kota Bengkulu di Jl. Sukarno Hatta Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu.

lihat juga 7 MOST WANTED GIFTS FROM BENGKULU


#DinaskoperasidanUKMProvinsiBengkulu
#BloggerBengkulu
#MediaCenterBengkulu
Read More »

Saturday, 6 May 2017

Tips Khatam Al Qur'an dalam Sebulan

Tau ga apa yang ada dalam pemikiranku pertama kali dengar cerita tentang seorang teman yang ikutan One Day One Juz (ODOJ) alias sebulan khatam Al Qur'an itu bagaimana?

Aku langsung nganga terus bilang "Oh no way, impossible!". Pokoknya yang ada dalam pikiran ini khatam Al Qur'an dalam setiap bulannya itu adalah mustahil, apalagi untuk aku yang (sok) sibuk. Si teman sibuk ngajakin aku ikutan khatam setiap bulan. Aku bilang ke dia "lanjut mbak, Ze kapan-kapan", sambil kasi senyuman maut penuh arti. Tapi si teman setiap bulan selesai khatam dia laporan, "alhamdulillah Ze, Mbak dah khatam".

Bagaimana gitu ya dengar teman kita khatam tiap bulan, kok kayaknya mungkin gitu. Akhirnya coba-coba ikutan. Siapa tahu bisa kan ya. Walhasil pembaca.....ternyata bisa, percaya deh. Kita itu memang bisa khatam Al Qur'an setiap bulan, asal kita mau tapi lho ya, kalau memang sudah ga mau ya ga bakalan bisa. Ini nih aku bagi-bagi tips supaya bisa khatam Al Qur'an dalam Sebulan.

1. Niat
Pasang niat yang benar. Niatkan bahwa kita harus khatam al Qur'an dalam sebulan. Niat adalah point terpenting dalam segala hal, termasuk urusan mengaji.
 
2. Buat jadwal
Buat jadwal yang jelas kapan kita mengaji. Dengan estimasi bahwa satu bulan itu terdiri dari 30 hari maka kita harus menamatkan minimal 1 juz setiap harinya. Jika kita ingin menyelesaikan 1 juz setiap hari kita cukup membaca 2 lembar Al Qur'an setiap selesai solat 5 waktu. Atau ada seorang temankku yang membagi 1 juz ke dalam 2 waktu mengaji yaitu seusai subuh dan sebelum tidur. Jadi dia menyelesaikan 1/2 juz di waktu subuh dna 1/2 juz lagi sebelum tidur. Intinya kapan kita memiliki waktu untuk mengaji maka mengajilah.

3. Gunakan waktu dengan baik
Mengajilah kapanpun kita bisa, jangan ada waktu yang terbuang sia-sia. bila perlu bawa Al Qur'an kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Aku menyarankan Al Qur'an terjemahan biar sekalian ihat artinya nanti. Kecuali kita sudah paham bahasa arab ya ga perlu yang terjemahan hehee... Oh ia, kita juga bisa download Al Qur'an digital di Play Store. Jadi kalau tidak memungkinkan membawa mushaf kertas kita bisa download yang digital, dunia sudah modern kawan.

4. Istiqamah/konsisten
Kita harus konsisten bro, sis. kalau tidak konsisten bisa buyar dong rencana mencapai cita-cita khatam dalam sebulannya. Semangat!!!

5. Berlomba
Salah satu hal yang bisa jadi penyemangat menyelesaikan bacaan adalah berlomba khatam. Kita bisa berlomba dengan saudara kita, teman kita, guru kita atau orang tua kita. Karena bisanya sudah sifat manusia bahwa dia akan lebih membara saat melihat ada orang lain yang menyainginya.

6. Berdoa
Berdoalah agar kita istikomah alias konsisten untuk khatam dalam waktu sebulan.

7. Positive thinking
Kita  harus stay positive thinking, kalau kita sudah yakin biasanya semua akan jadi lebih mudah.

Eits, selain khatam kita juga haruspahami makna bacaan tersebut. kan lebih kece tuh kalau bisa baca dan paham arti, hu um...

Selamat mengaji kawan-kawan, semangat!!!
Read More »

Friday, 5 May 2017

Belajar Banyak dari Mbak Milda

Sepertinya sudah banyak teman-teman di dunia blog yang mengenal nama "Milda". Ia, pemilik blog www.mildaini.com dan  www.keluarganawra.com.

Mbak Milda sudah lama berkecimpung di dunia blog, apalagi dunia tulis menulis, sepertinya malah sudah dari lahir ya Mbak Mil? hehheeeeee......


Aku kenal Mbak Milda itu pertama kali di acara kumpul Blogger Bengkulu bareng Kompasiana dan BKKBN tahun 2016 lalu. Pada saat itu temanku Asri memberitahukan bahwa ada undangan untuk 30 orang blogger Bengkulu untuk ikut acaranya Kompasiana dan BKKBN. Tentu aku sangat tertarik untuk ikutan. Jadi kami diminta untuk mendaftarkan diri ke perwakilan Blogger Bengkulu, namanya Milda. Nama yang sesungguhnya sangat familiar di telinga dan ternyata kami sudah berteman di facebook. Aduh-aduh bagaimana cerita coba ya, eh....ternyata kami sama-sama tergabung dalam grup Forum Lingkar Pena Bengkulu, tetapi memang sepertinya belum pernah bertemu langsung.

Singkat kata singkat cerita aku mendaftar ke acara kumpul blogger di Hotel Horizon itu. Aku mendaftar bersama Daurez (adik bungsuku) dan Kurnia. Heran ya dengar Daurez ikutan? Ia, dia itu salah satu anak STM yang punya blog lho :)

Well, pada hari H aku, Dau dan Nia sangat bersemangat datang ke acara Kumpul Blogger Bengkulu. Aku yakin di acara itu aku akan banyak bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi. Kami datang tepat waktu, kami ingin menunjukkan bahwa kami benar-benar bersemangat untuk ikutan acara kumpul blogger di Bengkulu untuk pertama kalinya ini. Setelah melakukan registrasi kami memilih tempat duduk di tengah ruangan, alasannya kami ingin melihat ke berbagai sudut dengan  mudah dari tengah.

Setelah duduk dan meletakkan tas di samping kursi aku mulai melakukan scanning ke seluruh ruangan, siapa tahu nanti ada rezeki hehheee....dan mataku tertuju kepada seorang wanita berhijab, berbaju kaos dan memkai rok di tengah ruangan. Wanita itu ternyata adalah Mbak Milda. Menurutku Mbak Milda cukup menarik perhatian, karena beliau sepertinya adalah blogger yang paling dikenal di sana. Sedikit-sedikit orang bertanya dan bercengkrama dengan Mbak Milda. Aku mulai berpikir, sepertinya si Mbak ramah deh. 

Sewaktu acara dimulai Mbak Milda juga terlihat sangat aktif, dia banyak nanyanya. Sangat berbeda dengan aku yang kemarin belagak menjadi pengamat ruangan alias duduk diam dan nyengir. Aku juga sewaktu acara itu pulang duluan karena sudah niat akan pulang sebelum solat tarawih dimulai, jadi aku belum sempat ngobrol langsung dengan Mbak Milda. Aku hanya dengar di akhir acara dibentuklah kounitas Blogger Bengkulu. Senang dengarnya.

Selang waktu sebulan ada undangan lagi untuk Blogger Bengkulu, kali ini yang mengundang adalalah teman-teman dari malajah Nova dan Ciptadent dan lagi-lagi Mbak Milda yang jadi perwakilan. Hemm........usut punya usut ternyata Mbak Milda adalah ketuanya Blogger Bengkulu. Aku langsung daftar untuk ikutan acaranya dengan Mbak Milda.

Nah, sewaktu acara dengan Nova dan Ciptadent inilah aku akhirnya bisa bertemu dan ngobrol langsung dengan Mbak Milda. Ternyata sesuai perkiraan, Mbak Milda orangnya Supel lho. Dia mudah berteman dengan siapa saja. Akupun akhirnya ditawari untuk menjadi admin di hari minggu grup Blogger Bengkulu (BoBe).

Ada lagi yang kalian perlu tahu, Mbak Milda itu berprestasi tetapi tidak sombong. Kalian bisa lihat daftar prestasi beliau di blognya www.mildaini.com dan  www.keluarganawra.com, tetapi beliau tetap rendah hati lho.

Mbak Milda selalu membagikan ilmu menulis dan blognya kepada kami-kami di BoBe. Bukan hanya ilmu, Mbak Milda juga selalu membagikan informasi tentang job-job untuk blogger ke kami. Padahal kalau mau disimpan sendiri kan bisa itu, ngurangin saingan lagi. Aku juga senang Mbak Milda selalu memotivasi kami semua agar tetap semangat menulis dan bersosialisasi.

Salut deh dengan Mbak Milda, karena dengan menyandang status sebagai seorang istri dan ibu dari 3 orang putri yang masih kecil-kecil Mbak Milda pasti sibuk. Tetapi dia selalu menyempatkan membagi ilmu dengan kami dan menyempatkan diri untuk ngeblog. Terus kalau dilihat-lihat postingan Mbak Milda per minggunya lebih bayak dari aku yang masih single hahhaaa.......agak-agak tragis tetapi kenyataan. Karena konsistensinya dalam dunia blogging, terus mensuport kami di BoBe agar sama-sama semangat ngeblog Mbak Milda mendapat julukan sebagai Maknya BoBe, ini gelar kehormatan lho. Karena biasanya mak itu peduli dengan anak-anaknya walau sesibuk apapun dia, seperti Mbak Milda yang peduli dengan kami di BoBe.

Mbak Milda di tengah kawan-kawan BoBe
Kalau ngomongin Mbak Milda ini tidak akan ada habisnya, pokoknya bisa puaanjang.......sekali. Ah...kalau ngobrolin Mbak Milda ini jadi ingat pesannya untuk naikin DA. Wait ya mbak, butuh proses ini naikin DA. Doakan segera melesat bak burung buroq yang danaikin Rosul saat jalan-jalan ke surga, aamiin.

Bagi kalian yang ingin berkenalan langsung dengan Mbak Milda bisa main ke blognya ya di www.mildaini.com dan  www.keluarganawra.com.

Atau kalian bisa kunjungan ke sosmednya Mbak Milda:
facebook: Milda Ini
IG: @mildaini.bkl
twitter: @Mildainibkl

Bilang saja ada salam dari Zefy :)



Read More »

Thursday, 4 May 2017

Nikmat dan Segarnya Sirup Jeruk Kalamansi Bengkulu

Aku kalau posting yang segar-segar itu selalu semangat 45.  Karena Siapa yang tidak suka yang segar-segar coba? Suka kan? Ia, termasuk aku. Kalau yang segar-segar dari Bengkulu tahu kan apa? Ia, kalian pintar sekali sih. Salah satu yang segar dari Bengkulu adalah sirup jeruk kalamansi. Ini sedikit berbeda dengan yang aku posting beberapa waktu lalu. 


Nah, yang itu adalah minuman jeruk kalamansi alias memang siap minum. Sedangkan sirup jeruk kalamansi harus kita tambah air dulu, sama dengan sirup-sirup lainnya.


Sebenarnya jeruk kalamansi bisa ditemukan di luar Bengkulu, hanya saja di Bengkulu jeruk ini memang dikembangbiakkan dalam jumlah banyak. Kita bisa menemukan bibit jeruk kalamansi di tiap depot bunga. Banyak masyarakat yang menanam, sedangkan sentra pertanian kalamansi terdapat di Kelurahan Padang Serai Bengkulu.
  
Karena sirup jeruk kalamansi itu bebahan utama jeruk kalamansi, jadi kaya akan vitamin C. Bagus untuk kesehatan kita dan menyegarkan.

Sirup jeruk kalamansi layak masuk daftar list oleh-oleh jika kalian main ke Bengkulu.  

Oh ia, kita bisa lho mengkreasikan sirup kalamansi kita. Ini kreasi sirup kalamansiku.


Bahan:
Sirup Kalamansi 3 sdm
Selasih seujung sendok
Sesendok air putih
Air dingin 250 ml 
3 lembar daun mint

Cara pembuatan:
Rendam biji selasih dengan sesendok air putih, biarkan mengembang.
Masukkan sirup jeruk kalamansi + air dingin, aduk.
Tambahkan daun mint.

Hore............Siap minum.

Jika ada yang berminat membeli sirup jeruk kalamansi bisa menghubungi kontak berikut:
Sirup Kalamansi Koperasi Sahabat Kita yang beralamat di Desa Pondok Kubang, Bengkulu Tengah, nomor telpon 0852 6896 8262. Atau kita bisa datang ke sentra oleh-oleh Bengkulu, di Jl. Sukarno Hatta Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu.


Read More »
COPYRIGHT © 2017 · ZARLINDA | THEME BY RUMAH ES